Minggu, 22 Maret 2015

Mudah Lapar & Ngantuk Saat Hamil

Selain morning sickness, hal lain yang mengganggu aktivitasku saat ini adalah mudah lapar dan ngantuk. Bangun tidur, aku tidak bisa langsung bersegera melakukan aktivitas. Harus menunggu beberapa saat dulu sampai mual dan pusingnya reda. Memang gak sampai muntah sih sekarang mah, hanya mual saja. Hanya dengan ambil posisi rileks dan hindari pemicu mual yang lebih besar, aku bisa menahan muntah. Setelah merasa agak baikan, baru lah aku bangkit dari tempat tidur. Tapii… Ada masalah lain. Aku langsung merasa kelaparan. Perutku perih dan badanku agak lemas, seperti orang normal yang telat makan. Rasanya sih lapar, ingin makan. Tapi mau makan apa? Sekarang segala makanan terasa enek buatku. Sekarang aku sangat pilih-pilih makanan. Susah sekali. Padahal biasanya makan apapun jadi.

Saat semua makanan kesukaanku sekarang jadi makanan yang sangat kuhindari.. Ohh, di situ saya sering merasa sedih :( Ayam goreng, sambal goreng/terasi, lalapan mentah; ini semua adalah kombinasi makanan paling enak buatku saat belum hamil. Eh sekarang, aku gak bisa makan mereka lagi. Lihatnya saja enek, mencium baunya saja  enek, apalagi kalau harus memakannya. Uwekh.. Sambil terbayang pun jadi ingin muntah.

Aku jadi sering minta jajanan ini-itu sama Ibank. Mulai dari mie, bakso ikan, pisang coklat, es campur, siomay, mpek-mpek, rujak mangga muda. Ooh… Ternyata begini mungkin ya yang dimaksud ngidam itu. Sekarang aku jadi bisa mengartikan sendiri. Ngidam itu bukan minta makanan yang aneh-aneh dengan maksud menyusahkan suami atau ingin bermanja-manja, tapi memang karena kebutuhan diri dan janin. Lha kan makan ini-itu enek, bahkan makanan favorit saja jadi enek, jadi si ibu hamil dengan sendirinya mendeteksi makanan apa yang menurutnya bisa dia makan. Kalau sudah kerepotan makan, aku kadang merasa iri pada ibu hamil yang tidak ada keluhan apapun soal makanan. Hehe.. Tapi kan memang tiap kehamilan, si ibu dan janin yang dikandungnya pasti beda-beda ya gejalanya. Sering juga kan dengar cerita waktu hamil anak pertama mah makan apapun bisa, eh pas hamil anak kedua repot banget, atau sebaliknya, atau gimana lah ceritanya.

Dan setelah makan, datang keluhan lain. Yaitu ngantuk. Rasa ngantuknya luar biasa. Rasanya itu seperti aku dulu kalau habis begadang skripsian, pasti ngantuknya tak tertahankan. Yaa begini lah sekarang. Pokoknya kalau ngantuknya datang, ya harus tidur. Kalau aku memaksakan tetap terjaga, aku malah pusing dan semakin lemas. Akibatnya, karena harus selalu tidur siang ini, aku jadi jarang update Famysa, Sakola, bahkan blog ini. Sudah 3 minggu juga pakaianku tidak kusetrika. Adakah yang mau bantu? Haha..

Tadinya aku mau tetap aktif saat hamil trimester pertama. Mau ngantuk, lemas, lapar, apapun, tadinya mau tetap kupaksakan untuk aktif. Bukannya dulu juga bisa memaksakan diri tetap aktif saat sedang tidak enak badan atau capek. Kupikir sekarang bisa seperti dulu juga. Karena aku memang terbiasa aktif, ke sana-sini, melakukan ini-itu, walaupun itu hanya beres-beres seisi rumah. Tapii… Sepertinya Alloh berkehendak lain. Aku dibuat-Nya seperti orang sakit yang harus benar-benar diam di rumah dan mengurangi segala aktivitas. Hasil cek ke bidan beberapa hari yang lalu, tensiku rendah, dibawah normal. Berat badanku juga turun. Bisa dibilang ini adalah berat badanku terendah selama 8 tahun terakhir. Coba deh bayangkan! Berat badanku sekarang lebih ringan 1 kg dari berat badanku waktu kelas 3 SMP dulu. Yaa Alloh… Kecil banget dong badanku :( Bidan juga bilang, janinku belum teraba, dia terlalu kecil. Aku harus bedrest selama 1 bulan. Bulan depan cek lagi ke bidan, kalau tensiku kembali normal dan berat badanku naik, baru aku bisa dikatakan sehat.

Oh sungguh aku rindu sekali berkelana, rindu ke sana-ke sini, rindu melakukan banyak hal, rindu segala hal saat aku masih bisa aktif. Higs.. Ternyata begini yaa perjuangan untuk menjadi seorang ibu, untuk menjadi sepasang orang tua.. Sungguh luar biasa, Yaa Alloh :’)

Teman-teman semua yang baik hatinya, mohon doakan aku dan janinku yaa.. Semoga kami disehatkan dan dikuatkan. Aamiin…

by. si Famysa, yang merindukan banyak hal :P

13 komentar:

  1. Semoga selalu sehat ya Mbak....terutama agar si janin bertumbuh menjadi anak yg sehat dan kuat kelak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin yaa Alloh...
      makasih doanya bun :))

      Hapus
  2. Amiiinnnn

    Jangan capek-capek mbak, banyakin makan yang bergizi sama sering duduk dan ngaji :')
    Insya Allah lancarrrrr

    #KataOrang

    BalasHapus
  3. tiap kehamilan memang berbeda Syifa. Selamat menikmati kehamilan ya. Sehat-sehat selalu jangan lupa makan & istirahat

    BalasHapus
  4. Kalau sedang hamil perlu banyakin mengkonsumsi nutrisi tuh mba hehe

    BalasHapus
  5. Smoga mbak sama bayinya sehat ya... Lancar n sehat sampai persalinan... Jd inget 2 mbakku yg prnh hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin yaa Alloh... makasih doanya jiah :)

      Hapus
  6. Syifa Azmy Khoirunnisa namanya ya? Wah bagus sekali. Subhanallah. SYIFA dalam bahasa Arab itu artinya OBAT. Waaa salah fokus sayah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... iya kang, alhamdulillah dikasih nama yang bagus sama ortu :)

      Hapus
  7. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend