Selasa, 31 Maret 2015

Kembali Memoderasi Komentar

Dulu, saat awal punya blog ini, aku tidak tahu ada moderasi komentar. Boro-boro moderasi komentar sih, kolom komentar di setiap postingannya saja aku tidak tahu, ternyata di blog bisa saling komentar seperti di media sosial lainnya juga aku waktu itu belum tahu, wkwk... Saat ada orang-orang yang komen di blogku, aku terkejut. Waah kok bisa sih ada yang baca blogku sampai komentar pula, haha.. Padahal waktu awal ngeblog aku cuma ingin menulis, menulis apa saja, anggap saja blog adalah diary yang tidak menghabiskan biaya beli dan menghabiskan tempat untuk menyimpan diary-diary tersebut. Dulu aku sama sekali tidak pernah mempublikasikan postinganku di media sosial lainnya, apalagi gabung di komunitas blog, nggaa :D

Lalu setelah aku paham bagaimana caranya komen-komenan di blog, aku mulai sering mengunjungi blog orang lain. Dulu aku hanya mencari-cari blog yang menarik dengan cara searching di Google. Kalau menarik, aku akan komentar di sana. Selanjutnya, aku juga mulai mengerti caranya follow-followan blog. Dari situ, aku mulai rutin membaca blog-blog menarik tersebut.

Hingga suatu hari, ada yang komentar di blogku, dia menawariku gabung di suatu komunitas blogger. Aku penasaran, maka gabung lah aku ke komunitas itu di grup facebooknya. Dan sejak aku gabung dengan komunitas blogger, aku semakin sering komen-komenan dengan teman blogger lain.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak aku menulis di blog, muncul deh tuh komentar berbahasa Inggris, sepertinya memang dari luar negeri. Awalnya aku senang. Ya jelas senang lah ya, namanya juga masih awam di dunia per-blog-an, dikiranya bener aja gitu yang komen itu emang mau temenan sama aku kayak teman-teman blogger di Indonesia lainnya, kan girang bin bangga punya teman blog dari luar negeri, ahaha :D Tapi lama-lamaa, kok yo makin banyak mereka –orang luar- yang komentar di blogku, di postingan manaa aku sudah lupa, yang jelas itu di postingan lawas semua. Bahkan semakin hari, yang komentar itu anonim, buanyaak... Belum lagi web-web jamu-jamuan yang rutin komentar juga di blogku. Kebanyakan, hampir 90% deh, mereka itu komennya gak nyambung dengan isi postingan yang kutulis. Kan nyesek ya..

Aku jadi mikir, apa mereka ini spammer seperti email-email yang masuk ke kotak spam? Maklum waktu itu aku masih belum mengerti. Aku tidak tahu bahwa di dunia blog juga ada komentar-komentar spam seperti email spam. Hmm... Akhirnya setelah banyak baca sana-sini, aku mendapat pencerahan. Mereka itu memang spammer. Aku juga jadi mereparasi blogku agar komentarnya bisa dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil di postingan. Ini terinspirasi dari banyak teman blogger yang setiap kali aku komentar di blog postnya, pasti ada tulisan begini ‘komentar akan terlihat setelah disetujui’, atau ‘komentar ada akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum terlihat’. Jadi ikutan deh, hihih..

Lumayan lama aku mengaktifkan moderasi komentar di blogku. Komentar-komentar bernada spam akan langsung kuhapus. Dan ternyata, komentar-komentar spam itu semakin banyak datang saat aku tidak pernah menyentuh blogku. Banyaaak sekali.. Bisa sampai puluhan (setiap kali aku mengecek dasbor blog). Tapi untung lah aku mengaktifkan moderasi komentar. Setidaknya walaupun blognya tidak update, teman-teman pembaca atau yang mau komen tidak risih melihat banyak komentar spam di postingan blogku.

Di tahun ini, aku mulai aktif ngeblog lagi. Terhitung sejak Januari lalu, blogku hampir setiap hari update. Walupun tidak menulis postingan, setiap harinya aku pasti membuka blogku untuk sekedar menampilkan komentar yang dimoderasi. Laluu, ada seorang teman blogger yang menyarankanku untuk tidak mengaktifkan moderasi komentarnya. Katanya itu agak menyulitkan dan kurang memuaskan bagi yang komennya. Katanya alangkah lebih baik kalau komentarnya langsung tampil saja. Hmm... Aku rada pikir-pikir. Hingga akhirnya aku pun luluh. Aku menonaktifkan moderasi komentar. Aku pikir begini, ah sekarang blognya selalu update ini, kan gak akan ada komentar spam yang masuk kalau blognya selalu update (itu menurut sebuah artikel yang aku baca).

Sepertinya baru satu bulanan ini aku menonaktifkan moderasi komentar di blogku. Iya gak sih? Hehe.. Dan kalian tahuu? Akhir-akhir ini (sekitar semingguan ini), ada beberapa komentar spam yang masuk ke blogku lagiii... OMG! Bisa saja yaa para spammer itu mencuri-curi kesempatan komentar di blog kita. Padahal blogku setiap hari update. Kok bisa blogku kebobolan spammer lagi? Harusnya update seperti apa sih agar spammer tidak lagi menghampiri? Apa harus setiap saat update? Ckck.. Ternyata spammer itu bisa datang kapan saja. Seperti sampah. Walaupun bukan kita yang membuang sampah sembarangan, tapi tak jarang kita kena dampaknya.

Untuk memproteksi blogku dari para spammer tersayang, maka mulai detik ini aku akan mengaktifkan moderasi komentar lagi. Agar para spammer tidak bisa muncul seenaknya, agar para spammer bosan komen di blogku. Kan repot juga kalau harus menghapus komen-komen spam yang sudah muncul di postingan ya.. Lebih enak kalau masuk ke kotak moderasi, tinggal tandai, hapus deh.

Jika ada teman-teman yang keberatan, it’s ok! Kalian tidak komen di blogku lagi juga gak apa-apa kok :P Lebaynya, daripada spammer ikutan nongol, lebih baik tidak ada yang komentar sekalian deh. Bukan kenapa-napa, risih saja lihatnya. Aku juga tukang dagang kok, aku juga tukang promosi kok, tapi ya gak pakai cara nyepam juga kaleee!! Media jualan dan media promosi kan banyak. Kalau gak mampu pakai media yang berbayar, yang gratisan juga banyak kok. Halal, beretika, gak usah pakai nyepam di rumah orang yaa.. :) ^^

Ya sudah, segini saja curhatnya. Selamat berakhir Maret, teman-temaan.... ;)    

by. si Famysa, bye spammer!

31 komentar:

  1. Dulu aku mengaktifkan moderasi komentar... komentar akan muncul ketika kita menyetujui untuk dipublish... Sekarang ini gak lagi... aku biarin siapa saja yg mau komen asal baik dan sesuai dgn isi postingan.. bila aku gak berkenan dgn komen2 spt spam biasanya aku langsung hapus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mengantisipasi saat aku ga bisa update blog sama sekali bun. daripada nanti langsung nongol komen spamnya. hehe.. mending kosong komen dulu..

      Hapus
  2. iya blogku juga sempat diserbu spammer, Alhamdulillah lumayan bersih sekarang...jadi kubuka moderasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum sebulan buka moderasi, spammer banyak muncul lagi teh dew. huaa
      ini sekarang aja ada 2 komen spam di postingan ini coba. zzzz

      Hapus
  3. toss kalo gitu sama-sama memoderasi komentar

    BalasHapus
  4. dari awal ngeblog belum pernah memoderasi komentar, belum minat dan lagi spam yang mampir gak begitu banyak. paling satu dua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu masih satu-dua, aku juga belum minat memoderasi komen. pas udah buanyak tuuh baruu. hehe

      Hapus
  5. saya tetep ikut komen, ah :)

    BalasHapus
  6. kalau banyak spam berarti blognya terkenal hehe :)
    mugkin saya akan ngelakuin moderasi komen juga kalau banyak spam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yaa? syukur lah kalo memang begitu. haha

      Hapus
  7. Hahaha :D Semoga komentar ini bisa masuk dengan selamat.. hehehe :D

    Piye kabare mbak yu? semoga senantiasa sehat selalu dan kita diberikan kelapangan untuk senantiasa bersilaturrahmi... Aamiin.. :)

    Dari Abu Hurairah ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda:

    "Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturrahmi"

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) pojok Bumi Kayong, Ketapang-Kalimantan Barat

    BalasHapus
  8. iya sih fungsi moderasi tuh buat kita filter sendiri komentar mana yang mau di publish jadi para spammer ga akan nampak .. hahaha

    BalasHapus
  9. Iya, nih spammer memang ganggu ya. Apalagi yang bener-bener cuma numpang promosi, dijamin gak baca post kita, hehehe. Dimoderasi gak masalah kok, Syifa. Aku juga sempat begitu. Cuma kalau sekarang aku pilih dibiarkan saja, kalau sudah mengganggu baru delete :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak ndi.. ngaco banget komennya spammer mah. heuu

      Hapus
  10. Setuju mbak syifa, mending dimoderasi aja dah

    BalasHapus
  11. hallo mbak, hampir tiap hari spam juga masuk ke blog ku, bisa 7 spam yang masuk, pernah seminggu lama gak liat blog ya ampun, kirain komentar temen2 yg dateng, ternyata spam, berkat moderasi mereka jadi gak gampang masuk deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama mba, aku juga gitu.. makanya aku moderasi aja lah komennya, udah ga keitung sih spamnya -_-

      Hapus
  12. layaknya seorang rumah, sang tuan rumah berhak mengunci rumahnya dan hanya membukakan pintu rumahnya untuk yang dikehendakinya... ga ada yang salah moderasi..malah bagus, spammer bikin sebel...postingan apa komentarnya apa,,jelas banget mereka ga interest sama tulisan kita... #ahmeracaulagi #maaf
    aniwei, seneng bisa berkunjung lagi ke sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha curhat terselubung kayaknya ya bang :P
      tapi analoginya bener banget bang, pas.. heuu

      Hapus
  13. Yang jelas aku bukan spammer lo ya.....

    BalasHapus
  14. "belum lagi web-web jamu-jamuan yang rutin komentar juga di blogku. Kebanyakan, hampir 90% deh, mereka itu komennya gak nyambung dengan isi postingan yang kutulis. Kan nyesek ya.."

    hi hi hi
    spammer itu emang ga di mana2
    di blog saya aja nyaris setiap artikel ada
    kadang saking malasnya saya ga tanggapin
    *bosen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya bener hud.. jamu2an, obat tradisional, mereka tuh demen banget mampir nyepam. sekarang aja ada beberapa biji loh komen mereka ke postingan ini, padahal jelas2 lagi bahas spammer. zzz

      Hapus
  15. Anehnya blog ku jarang banget masuk komentar spam.
    Tanpa moderasi sama sekali

    Kan sistem filter blogger.com udah canggih banget lho, sehingga kalo aku cek dasbor, section komentar bagian "spam" itu udah ada ribuan spam disana yg berhasil tersaring.

    Tapi kalau spam yang dilakukan oleh orang beneran (ninggalin link2 promo gitu) baru dehh tetap muncul.
    Tapi selama masih sopan dan nggak merugikan aku mah biarin aja

    toh nggak ada ruginya wkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat dong blognya aul.. blogku masih tetep kemasukan spammer nih -_-

      Hapus
  16. Wah kita punya pengalaman yang sama yah. Aku juga lagi ada masalah sama spammer juga. Nih barusan aku kasih warning sih ke mereka. Hahaha, biar kapok. :p

    Btw ga nyangka blogmu makin tenar aja deh. Dulu pertama main ke sini, masih sepi. Hahaha. Selamat yak! ^_^

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend