Minggu, 01 Juni 2014

Catatan Akhir Mahasiswa Super

Aku bukan mahasiswa yang hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua. Tanggal muda maupun tanggal tua sama saja bagiku, sama-sama harus selalu kerja keras. Beruntung aku punya tabungan yang cukup untuk modal hidup ketika orang tua tidak bisa memberi kiriman selama lima bulan. 
Aku sempat merasakan kerasnya dunia Multi Level Marketing (MLM). Senang rasanya mendapatkan uang dengan nominal yang cukup besar dari hasil jerih payah sendiri, bekerja di bawah tekanan dari pagi sampai malam, lumayan untuk nombok kekurangan biayaku.
Aku bukan mahasiswa yang mau apa tinggal bilang pada orang tua. Walaupun mungkin orang tuaku akan mati-matian mengusahakannya, tapi aku tidak sekurang ajar itu. Aku bukan mahasiswa yang dua kali ganti laptop selama kuliah. Cukup laptopku, PinkQ saja yang menemaniku. PinkQ kusebut legendaris karena dia adalah laptop tertua dan terawet diantara laptop teman-temanku. Meski sudah sakit-sakitan, tapi PinkQ masih bisa kuajak menghasilkan uang.
Aku bukan mahasiswa yang berkali-kali minta pada orang tua untuk ganti hp atau gadget lainnya demi mengikuti tren, demi tidak diledeki kudet, demi eksis di sana-sini. Karena kamera digital, hp android, kamera SLR, dan tablet yang kumiliki saat ini adalah hasil jerih payahku berjualan batik online, serta untuk mendukung kelangsungan bisnis onlineku juga. Kupikir untuk apa hp atau tablet yang canggih kalau sekedar untuk mengikuti tren, untuk bermain games, untuk mengakses yang tidak penting. Untuk apa kamera keren kalau sekedar demi kesenangan semata. 
Aku bukan mahasiswa yang kerjaannya santai, 'kupu-kupu' alias kuliah-pulang-kuliah-pulang, tanpa secuil prestasi pun diluar kuliah. Apalagi menonton film sampai pagi, mati-matian menghafal lirik lagu dan selebriti, nongkrong di sana-sini, buang uang sana-sini. Aku mempunyai target. Betapa sia-sianya waktuku selama empat tahun kuliah jika hanya dipenuhi oleh lagu-lagu dan film-film.
Aku bukan mahasiswa yang kebanyakan uang. Di saat orang lain berkali-kali berganti tas, aku justru tetap setia dengan tas-tasku sejak jaman sekolah dulu. Toh tas-tasku masih bagus dan bisa dipakai. Tidak perlu lah mengikuti keinginan dan memuaskan rasa bosan terus. Buku tulis saja aku cuma beli satu kali, itu pun paroan dengan temanku. Binder dari jaman SMP masih kupergunakan. 
Aku bukan mahasiswa yang fashionable, yang bisa berganti baju baru atau sepatu baru terus. Sepatu putihku yang buluk setia menemani langkahku. Pakaian-pakaianku sebagian besar adalah peninggalan dari jaman sekolah dulu. Bahkan pakaian dari jaman SD saja masih ada yang terpakai.
Aku bukan mahasiswa yang bisa jajan seenaknya. Mau eskrim tinggal beli, mau coklat tinggal beli, mau cemilan apapun tinggal beli. Hanya ketika stres tugas dan skripsi saja aku bisa jajan semaunya. Selebihnya, sering-sering tahan iman, tahan godaan. Masih banyak hal lain yang lebih penting, masa depanku lebih penting daripada nafsuku pada jajanan.
Aku bukan mahasiswa yang tiap minggu bisa menengok kampung halamanku. Aku mahasiswa rantau. Bahkan pulang pun bagiku bukan sekedar melepas rindu, tapi harus mendapatkan ilmu dan pemasukan rupiah baru dari hasil daganganku.
Aku bukan mahasiswa yang mempunyai serentet kisah SD yang indah untuk diceritakan pada teman-teman. Uang jajanku paling besar selama SD adalah Rp 500, itupun dengan catatan kalau tidak sarapan di rumah. Kalau sudah sarapan di rumah, kadang diberi Rp 200, atau tidak sama sekali. Karena Rp 200 pun sering habis oleh mereka para pembullyku. Namun senang sekali rasanya ketika aku bisa mengumpulkan tabungan sebanyak Rp 200.000 saat kelas 2 SD dari uang jajan Rp 200ku plus tambahan angpau dari kakek dan nenekku. Wow!
Aku mahasiswa kampungan. Ya, aku berasal dari kampung. Banyak tempat gaul dan apapun yang gaul-gaul yang aku tidak tahu. Tapi sepertinya sekarang anak kampung ini sudah agak maju. Minimalnya beli gadget saja tidak usah minta pada orang tua.
Aku bukan mahasiswa yang berasal dari keluarga kaya raya atau keluarga harmonis. Mungkin ketidakharmonisan yang membuat keluargaku seperti tidak kaya raya, padahal mereka mempunyai segudang simpanan harta. Aku bukan mahasiswa yang fokus kuliah, berbisnis, dan berkarya tanpa masalah keluarga. Justru masalah-masalah keluargaku itu yang memicuku semakin giat bekerja keras. Namun apakah harus mereka yang berada dalam kedamaian keluarga merasakan masalah keluarga dahulu agar semangat juangnya terpicu? Menurutku ini bukan solusi. Hanya saja ini kerap dijadikan alasan bagi mereka yang malas bekerja keras.
Aku bukan mahasiswa biasa saja, karena aku adalah mahasiswa luar biasa! Aku tidak akan merasakan menjadi pengangguran, karena pada detik ini pun aku sudah mempunyai kesibukan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Aku hanya seorang mahasiswa yang tiada henti memotivasi diri bahwa aku adalah seorang pebisnis, penulis, pembelajar, dan pengabdi :)
And whats the next? Aku ingin terus berbisnis, aku ingin terus menulis, aku ingin kuliah S-2, aku ingin menikah, dan aku ingin berbagi dan terus berbagi hingga tutup usia nanti.... Aamiin...
Bukan perjuangan namanya jika segala sesuatunya berjalan dengan mudah. Karena bagiku perjuangan adalah usaha menembus batas ketidakmungkinan, usaha yang penuh dengan halang rintang, usaha yang bisa membuat kita menggapai bintang-gemintang.
Ada tujuan, ada usaha. Ada tujuan, tanpa usaha, mustahil tujuan dapat tercapai. Berharap ada keajaiban pun tak berhak. Karena keajaiban hanya diperuntukkan bagi mereka yang berusaha sekuat tenaga. 
by. si Famysa, mahasiswa super!  

177 komentar:

  1. Aamiin Syifa. Terharu.Semoga jalan mulus terbentang di depanmu ya. Moga anak2ku seperti Syifa tekadnya.

    BalasHapus
  2. bener syifa
    jangan mau jadi mahasiswa biasa biasa aja.
    salut

    BalasHapus
  3. Super sekali mbak :D Salam Super! :DDD

    BalasHapus
  4. Keren ^_^
    Jadi ingat waktu masa kuliah dulu, harus mondar mandir jual model (kayak sales gitu), atau jadi sales hape bekas, dan tukang ketik depan kampus. Itu semua proses kehidupan. Keren kisahnya

    BalasHapus
  5. aku pernah dapet uang jajan Rp.100,- pas SD *eh beda generasi ya kita :p

    BalasHapus
  6. Saya waktu SD, kelahiran 1992, uang saku saya juga segitu, waktu TK Rp 50.

    BalasHapus
  7. Syifa... Ih hebat deh. Aku suka semangat anak muda yang begini :)
    Kurang lebih cerita kamu sama kayak aku, nggak semena-mena pakai duit orang tua, tahu kondisi keluarga seperti apa, dan berjuang sendiri untuk mewujudkan hal-hal yang kita inginkan. Omong-omong, dulu waktu SD aku jaraang sekali bawa uang jajan, karena dasarnya memang nggak doyan jajan. Sesekali dibawakan uang jajan hanya Rp 100-500, tergantung ibu memberinya. Dari uang jajan itu aku kumpulkan untuk membeli barang yang aku inginkan, yang rasa-rasanya sungkan kalau harus meminta pada orang tua. Rasanya bangga membeli sesuatu pakai uang yang dikumpulkan sendiri, ya kan?
    Semangat terus ya Syifa!

    BalasHapus
  8. Karena keringat adalah titisan doa-doa mustajabah..
    Harga dari derita adalah harta mengendap dalam kebakaan..
    Tulisan adalah jalan peretas untuk menghimpun kebaikan-kebaikan dari segala Keringat dan Derita..
    Tetap Menulis, Tetap Menginspirasi, kak :))

    BalasHapus
  9. Cerita anda sngAt bgs dan menginfirasi sya supaya tdk ptah smangat untuk blajar,belajar dan belajr walau ke adaan orng tua kta tk punya ... Sosok anda sprti Thomas alva Edison yg wktu kcl iya sngat bdooh bhkan dia bru 3 bln dia d bri srt olh gru ny bhwa dia snat bdh dan dia dikeluarkan dri sklh ny tpi ibu dia yg mndrnk dia spya jdi ornk pintar iya bljr d rumh ny dn di ajari olh ibu ny sndiri wktu iya mnajk dewasa ornk tua ny mngalami krisis ekonomi dan iya mnbntu kluarganya mncri uank dngn cra mnjual koran,prmen dll d kereta dan d kreta jga iya tdk lupa bljr mnbca buku bhkan iya mndpt penemuan² d kreta .... Brarti jka kta ingin sukses t prlu kya atau kta hanya hrus berusaha.... Disana ada kmauan ppsti ada ksuksesan... ☺

    BalasHapus
  10. Hay kak, aku reader baru... Salam kenal ya...
    Cerita kaka emang benar-benar super... Memang, kalau uang hasil kerja keras sendiri itu lebih membanggakan daripada meminta uang kpda orangtua. Setidaknya bisa mengurangi beban orangtua... Aku salut dengan pribadi Kakak yg Mandiri, pekerja keras, tidak gengsian, dan tidak menyerah dengan
    keadaan... Semoga bisnis kakak semakin maju.
    Semoga juga, aku bisa seperti kak Syifa... ( Mila, 9 E )

    BalasHapus
  11. Hebaat ka Syifa...!!!
    Saya suka semangat dan kerja keras kaka yang dapat menginspirasi para pembaca artikel ini,termasuk juga saya...

    Nama:Riska Noviyanti
    Kelas : IX D

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Hebat ka Syifa...!!!
    Saya suka dengan semangat dan kerja keras kaka yang dapat menginspirasi para pembaca artikel ini,termasuk juga saya...

    Nama:Riska Noviyanti
    Kelas : IX D

    BalasHapus
  14. Hai kak. aku reader baru di blog kakak. Salam kenal ya. Cerita kakak emang bener bener Super. Aku juga suka sifat kakak yg mandiri, pekerja keras, tidak gengsian, dan tidak mudah menyerah akan keadaan. Semoga bisnis kakak makin maju. Kalau bisa aku juga ingin seperti kakak. ( Mila, 9 E )

    BalasHapus
  15. Crita anda bgs dan menginfirasi sya

    Giyo IXc

    BalasHapus
  16. Asalamu'alaikum. Slam kenal kak Syifa.
    Aku salut sma kakak, cerita kakak sangat menginspirasi saya.. ( Wega, 9 E)

    BalasHapus
  17. Haii kak syifa aku kagum sama tulisan kakak karena bisa membuat aku sadar,jujur ya aku anak manja dan segala sesuatu pasti minta ke orang tua setelah membaca tulisan kakak aku jadi sadar ( Novia, 9 E )

    BalasHapus
  18. kak aku bner bner kaqum sma kkak .. cerita kakak bner bner super banqet ... bner bner menginspirasi (intan permadani 9e)

    BalasHapus
  19. Kakak itu otng yg mempunyai sifat pekerja keras, dan tidak mengandalkan uang dari orangtua saja, melainkan uang dari hasil jerih payah kakak sendiri. Saya sngat terinspirasi dgn artikel kakak ini. ( Nia selvia, 9 D )

    BalasHapus
  20. Kisah yg sangat luar biasa !!! Saya salut dengan perjuangan kak syifa yg penuh semangat. ( Lina karlina, 9 D )

    BalasHapus
  21. Waw cerita kaka benar-benar bagus


    Mela IX E

    BalasHapus
  22. Ceritanya bagus aku suka dengan cerita kak syifa yg sangat menginspirasi bagi saya dan bagi semuanya agar bisa mandiri dan bekerja keras seperti kak syifa


    (mira IX E )

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum kak...
    Setelah saya membaca semua cerita kakak, ternyata ceritanya bagus dan sangat menakjubkan, ternyata kakak itu orang nya tidak pantang menyerah kakak selalu bersemangat untuk meraih cita-cita kakak. Pasti orang tua kakak sangat bangga dengan perilaku kakak ini. Semangat iya kak mudah-mudahan kakak bisa meraih cita-cita kakak dengan sukses.



    (sarmilah 9E)

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Hai kak, salam kenal,,,
    aku suka artikel ini, karena sangat bermanfaat bagi saya, untuk selalu semangat dalam menggapai cita- cita ku, aku juga suka sifat kakak yg mandiri , di siplin dan baik
    Semoga kakak sukses selalu


    (warniti) 9c

    BalasHapus
  26. W.o.w dehh buatt kakak yang super duper hebat .... aku salutt dengan sikap kakak yang bgtu ... yang bisa menghemat dan tidak pernah merepoti orang tua... hhmzzz bener kata pepatah *sedikit demi sedikit lama lama akan menjadi bukitt* ...

    Kakak bisa menginsfirasi kita semua... kalloo kakak melihat perubahan jaman,jaman skarang anak anak kalo minta apa apa pasti minta duit nya ke ortu .. tapi kakak dulu gk kayak gitu.
    pokonya kakak syifa yang super duperrr hebat dehh..
    Salam manis buat kakak syifa
    Dari

    (SLAMET YOGA PRATAMA ) (9F) SMP1 CIPUNEGARA

    BalasHapus
  27. Saya sangat suka sekali dengan cerita kk.. Cerita kk sngat menginspirasi sya agar kalau kita menginginkan ssuatu.ssuatu itu akan lbih berharga dari hasil jerih payah kita sendiri daripda mengandalkan uang darii orang tua ..

    Nita novita sari IXe

    BalasHapus
  28. Wow .. Cerita kk sangat menakjubkan .. Saya salut dgn kehidupan kk .. Pokoknya kk super HEBAT dech ... Jrang loh sya mndengar crita spertii ini .. Good luck yha ..


    Deti suryani IXe

    BalasHapus
  29. Hai kakak. Aku senangdengan cerita kakak. Yang dapat mnginspirasi semua org yg membaca cerita kakak. Kakak sangat hebat. Bekerja keras. Mandiri


    (Rani) 9B

    BalasHapus
  30. Wow banget deh cerita kakak. Yang super duper keren. Kakak itu tipe org yg pekerja keras dan pantang menyerah. Dan saya pun ingin seperti kakak. Semoga ka syifa sukses dan mencapai impian kakak.

    Ririn 9D

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum . Ka salam kenal...
    Cerita kakak menginspirasikan waktu. Semangat juang kakak tidak sia-sia. Semangat terus iya kak. Mudah-mudahan cita-cita yang diinginkan kakak tercapai...


    (Irmania) 9B

    BalasHapus
  32. Hai kak salam kenal. Ceritanya bagus dapat menginspirasi semua orang


    (putry kinasih 9B)

    BalasHapus
  33. Hai kak. Aku reader baru di blog kakak.
    Salam kenal ya kakak.
    Kakak seorang perjuangan keras.
    Kakak menginspirasikan kami semua. Untuk pantang meyerah menjalani hidup. Dan semangat kakak yg begitu besar untuk menggapai cita-cita kakak.
    Semoga cita-cita terwujud... AMIN...


    (ANGGI YANI 9B

    BalasHapus
  34. Hai kak .. Salam knal ya. Cerita kaka sangat menginspirasikan sya. Sya slut dgn semua usaha kaka. Smga Bisnis kaka tambah sukses. ( Roby Ariyuda, 9 B )

    BalasHapus
  35. Cerita kakak benar benar super. Aku jga ingin seperti kakak. ( Wulan Sari, 9 F )

    BalasHapus
  36. Cerita kakak benar benar super. Aku jga ingin sperti kakak. ( Wulan sari, 9 F )

    BalasHapus
  37. Aku Salut dgn cerita kakak. Cerita kakak memang benar benar insfiratip. ( Sri Mulyati, 9 F )

    BalasHapus
  38. Hai kakak cerita kakak sangat menginsfirasi saya untuk menjadi lebih mandiri.. ( Devi Munawaroh, 9 B )

    BalasHapus
  39. Hai kak, slm knal.. Cerita kakak sngat menginspirasi hidup sya. smga usaha kakak tambah maju. ( Heri Haryanto, 9 D )

    BalasHapus
  40. Hai kak... Cerita sangat insfiratip ...Aku salut dgn smngat kakak. ( Susan Nurjanah, 9 B )

    BalasHapus
  41. Hai kak. Cerita sngt menginsfirasi saya untuk jadi orng yg lebih baik dan tdk pernah mengeluh akan keadaan... ( Siti Nuraenah, 9 B )

    BalasHapus
  42. Salut ke ka Syifa. Kak Syifa super super super Mandiri. ( Ika Ariska, 9 B )

    BalasHapus
  43. Salut dgn kerja keras kakak. Cerita yg sngt insfiratip. ( Patonah, 9 F )

    BalasHapus
  44. Wah kakak hebat, salut dgn krja kras kakak. Kakak jga mandiri, tidak membebani orangtua. ( Dhiah Nurjanah, 9 F )

    BalasHapus
  45. Salut sma kakak. Zaman sekarang susah mncari orng seperti kakak. ( Lena Sunika, 9 F )

    BalasHapus
  46. Kaka sngat menginspirasikan saya. Saya salut dengan kakak. ( Siska Winati, 9 F )

    BalasHapus
  47. Kakak orng yg pekerja keras. Saya Salut dengan kakak. ( Wahyu Nurbowo, 9 E )

    BalasHapus
  48. Hai kak syifa. Slm kenal ya. Kaka emng benar2 orng yg hebat. Tidak hanya mngandalkan Uang orngtua. Cerita kaka Menginsfirasi sya dan smga orng2 yg mngandalkan orngtua brpikir bagai mna susah nya mncari uang. ( Siti Aliyah A, 9 E )

    BalasHapus
  49. Cerita kaka sngat insfiratip. Aku jdi ingin sprti kakak. ( Iin Indayani, 9 C )

    BalasHapus
  50. Saya suka dgn cerita kakak yg luar biasa bagus sekali. Cerita kakak menginspirasikan banyak orang termasuk saya. ( Ika Kartika Sari, 9 A )

    BalasHapus
  51. Hai ka Syifa.....
    Saya terinspirasi dengan cerita kaka...


    Rani wahyu ningsih (9) C

    BalasHapus
  52. hai salam kenal kak siyfa.........
    saya salut dengan kerja keras dan semoga cita2 kaka dapat tercapai ...


    sri febriyanti (9)C

    BalasHapus
  53. Cerita kakak sangat bagus. Dapat menginspirasi pembaca. ( Sri Aliyah, 9 D )

    BalasHapus
  54. Cerita kakak sangat inspiratip. Dapat menginspirasi semua orang. ( Sri Dede Haryati, 9 E )

    BalasHapus
  55. Kisah kakak sangat menginspirasi saya. Saya kagum dengan semangat kakak. ( Wiyanah, 9 E )

    BalasHapus
  56. Cerita nya menarik, menginspirasi semua orang termasuk saya. ( Rosalinda, 9 A )

    BalasHapus
  57. Sangat menarik, saya kagum dengan kakak..( Yayah Kurniasih, 9 E )

    BalasHapus
  58. Salut dengan perjuangan kakak. Aku kagum dgn kakak. ( Diana Putri, 9 B )

    BalasHapus
  59. Aku kagum dengan Cerita kakak. Sangat inspiratif sekali. ( Danil Eryana, 9 E )

    BalasHapus
  60. Saya kagum dengan semangat kaka. Kakak menginspirasi sya dan semua orang. ( Nenden Fitria Nuraeni, 9 F )

    BalasHapus
  61. Aku salut dgn kaka, orng yg pekerja keras ( Anggi Susanti, 9 F )

    BalasHapus
  62. Kaka membuat orang jdi semngat untuk mnjlni hidup agar lebih baik. ( Diana Pungki, 9 F )

    BalasHapus
  63. Cerita kakak menginspirasikan saya untuk mnjadi lebih baik. Dan saya kgum dgn cerita kakak. ( Vina diawati, 9 F)

    BalasHapus
  64. Hai kk syifa!!
    Cerita kakak bagus banget dan juga bisa menginsfirasi setiap pembaca nya.

    Sri aliyah (9D)

    BalasHapus
  65. Saya sangat terkesan dengan cerita kakak s'moga kakak bisa menggapai cita-cita
    Nama: Dea lutfiatul kirana
    klas:IX D


    BalasHapus
  66. sya slut dengan kaka. Cerita nya sngat inspiratif.. ( Wiwin, 9 B )

    BalasHapus
  67. Aku ska cerita kakak. Dpat menginspirasi smua orng. ( Ratna, 9 B )

    BalasHapus
  68. Crita kaka bgs sekali



    Reza IXc

    BalasHapus
  69. Crta kaka sngt menginfirasi sya kaka adlh sosok yang pantank menyerah

    Devi kasari IXc

    BalasHapus
  70. Krena crita kaka sya ingin sprti kaka


    Ersa IXc

    BalasHapus
  71. Crta kaka luaaarrr biasa


    Iwan sutiawan IXc

    BalasHapus
  72. cerita kakak bgus bngt , bsa memotivasi saya,,,,
    [yayang wuiandari] [9e]

    BalasHapus
  73. Benar-benar cerita yg super ka......

    Denia 9A

    BalasHapus
  74. Cerita yg sngat inspiratif . Saya jga salut dengan kemandirian kakak. ( Agus kurniawan, 9 E )

    BalasHapus
  75. Hai kak salam kenal!!!!
    Cerita kakak bagus dan patut di contoh oleh pembaca blog ini dan orang lain!!!!!!
    Sandria jaya ningrat (9e)

    BalasHapus
  76. Cerita kaka WOW sperti ornk yank membuAt Artikel ini 2 jari mri kta dukung mank carhali...

    PORTET

    From : Haris IXb

    BalasHapus
  77. Hay kak . cerita kaka menginfirasikn sya untuk jdi anak yg mandiri dn berbakti pda ortu dn tdk merepotkan ortu

    Agus Ixe

    BalasHapus
  78. Crta kka kerrrrrrrrrrrrreeeeeeeeeeeeeeeennn

    ⓘ ⓛⓞⓥⓔ ⓨⓞⓤ ka syifa 💏

    Yoga IXa

    BalasHapus
  79. Hai mnusia supr bsa terbang gk... Ħaǻ •̃͡-̮•̃͡Ħaǻ •̃͡-̮•̃͡Ħaǻ •̃͡-̮•̃͡Ħaǻ •̃͡-̮•̃͡Ħa

    Abdulrizal IXe

    BalasHapus
  80. Hai kak. Kisah yg sngt Luar Biasa. Aku slut dgn kakak. ( Yuni N, 9 A )

    BalasHapus
  81. Aku slut dgn Kerja keras kakak. Cerita kakak jga luar Biasa. ( Taniah, 9 C )

    BalasHapus
  82. Saya suka dg semangat juang ka syifa yg begitu besar.

    Tiwan 9D

    BalasHapus
  83. saya salut dg semangat ka Syifa untuk menggapai cita2.Semoga cita2 kaka dpt tercapai.

    Denia Rasmawati 9A.

    BalasHapus
  84. Kaka memang mahasiswa super,saya jdi terinsfirasi dg cerita kaka.


    Yuni 9A

    BalasHapus
  85. Saya suka dg cerita kakak.

    Casti 9A

    BalasHapus
  86. kak ceritanya bagus banget,saya suka dengan cerita kakak yang sangat memotifasi untuk saya dan semua.

    BalasHapus
  87. Hy kak salam kenal ya.
    crita kk sngt bagus dan menginsfirasi.

    Wina Nengsih 9C

    BalasHapus
  88. Hy kak salam kenal ya.
    crita kk sngt bagus dan menginsfirasi semua orang termasuk saya.

    Wina Nengsih 9C

    BalasHapus
  89. hy kak
    sngt menarik dan bgs

    Susilawati 9C

    BalasHapus
  90. Hy kak crita kaka bagus dan menarik bingits sekali

    Akbar 9F

    BalasHapus
  91. Aku ingin seperti ka syifa,yg tiada hnti memotivasi diri.

    Yayah 9B

    BalasHapus
  92. wow.....
    Cerita kk bener2 menginsfirasi aku
    banget....



    Risna wati 9d.

    BalasHapus
  93. Hai kak, salam kenal ya.
    Saya salut banget sama cerita kakak, terutama sama sikap kakak yang gak tergantung sama orang tua.
    Cerita kakak sangat memotifasi saya, semoga cerita kakak ini juga bisq memotifasi para pembaca yang lainnya.

    Diah Pitaloka IX D

    BalasHapus
  94. Hai kak, salam kenal ya.
    Saya salut banget sama cerita kakak, terutama sama sikap kakak yang gak tergantung sama orang tua.
    Saya sangat termotifasi oleh cerita kakak, semoga juga bisa memotifasi para pembaca yang lainnya.
    Diah Pitaloka IX D

    BalasHapus
  95. Cerita kakak sangat bagus dan juga sangat inspiratif.

    Dede Dewi yanti 9D.

    BalasHapus
  96. Cerita kaka sangat menakjubkan bagi semua kalangan anak muda,hidup yang mandiri,tdk merepotkan ortu,dan sangat menginspirasi bagiku yg hrus hidup mandiri dan tdk manja pda orang tua

    (Windi Astri suci 9D)

    BalasHapus
  97. Cerita yang bagus dan menarik

    (Aditya Febriansyah IXB)

    BalasHapus
  98. Hai, kak syifa
    Saya suka dengan sikap kakak yang mandiri,pekerja keras dan tidak iri hati.

    BalasHapus
  99. Hai,kak ....
    Saya terisfirasi dengan cerita kaka.
    Semoga kakak sukses selalu...
    (Intan iklima 9D)

    BalasHapus
  100. Hai kak syifa...
    Saya suka dengan cerita kaka yang begitu insfiratif.
    (Evi IX D)

    BalasHapus
  101. Keren kak syifa.....
    Saya jadi termotivasi oleh cerita kakak yang begitu luar biasa.
    (Wulan 9D)

    BalasHapus
  102. Hai kak Syifa....
    Sungguh cerita yang super,,,,
    Salam superrrrr.....¡¡¡
    (Suharsono 9D)

    BalasHapus
  103. Hai,ka Syifa
    Saya suka dengan sikap kakak yang mandiri,pekerja keras dan tidak iri hati.
    (Kurniawati 9D)

    BalasHapus
  104. aku kagum sama kakak dan aku suka dengan ceritanya yang sangat menginspirasi bagi saya dan semuanya.

    nur'aeni 9e

    BalasHapus
  105. ceritanya bagus dan sangat menginspirasi. aku juga suka dengan kerja keras kakak dan tak patah semangat.

    siti caswati 9b

    BalasHapus
  106. hai kak.. salam kenal...
    certa kakak bagus sekali...

    aman suprianto 9f

    BalasHapus
  107. hai kak.. salam kenal...
    ceritanya sangat mengimpirasikan banyak orang.. semoga sukses selalu

    hendrawan 9e

    BalasHapus
  108. hai kak... salam kenal..
    aku sangat suka cerita kakak...


    topan 9e

    BalasHapus
  109. Hai kak saLam kenal .
    Saya suka dengan cerita kakak, cerita kakak sangat memotifasi sya dan semua yg membaca.

    BalasHapus
  110. hai kak.. salam knal...
    ceritanya sangat mengimpirasi...

    widia sari 9c

    BalasHapus
  111. hai kak.. salam knal..
    ceritanya hebat kak...

    wanto 9e

    BalasHapus
  112. hai kak.. salam kenal..
    saya kagum dgn cerita kkak..

    bobby haris 9d

    BalasHapus
  113. bagus, dan dapat menarik minat pembaca khususnya remaja. the bes deh pokoknyaa..

    Kana 9a

    BalasHapus
  114. bagus banget. ada juga tulisan yang menceritakan kehidupan, menarik.
    bahasanya juga mudah di pahami.

    Rian 9F

    BalasHapus
  115. mikum teh syifa,
    ceritanya mantap tap taap...
    sukses nya teh..

    Kani 9D

    BalasHapus
  116. halo teh..
    ceritanya edun pisan euy..
    semangat bikin tulisan lgi yaa..

    Arianto Ismail 9D

    BalasHapus
  117. hai kak syifa..
    ceritanya oke banget, saya pisan ceritanya. hehe..

    Egi Maulana 9D

    BalasHapus
  118. hai teh syifa..
    salam kenal ya.
    ceritanya menginspirasikan banyak orang. sukses ya.

    Yeti Komalasari kelas IX A

    BalasHapus
  119. halo teh syifa..
    ceritanya sangat bagus. oke banget deh.

    Ernawati IX F

    BalasHapus
  120. halo teh syifa.
    tulisannya sangat bagus. oke banget deh.
    Ceritanya menarik juga.

    Ernawati IX F

    BalasHapus
  121. Assalamualaikum teh syifa.
    Ceritanya bagus, cocok untuk pembaca remaja kayak saya.

    Kiki Indriyani IX A

    BalasHapus
  122. selamat siang teh.
    ceritanya mantap, hebat pokoknya..


    Sunardi IX A

    BalasHapus
  123. ceritanya bagus, saya salut sama kakak. hebat.

    Triyana Kelas IX A

    BalasHapus
  124. Cerita kakak bagus sekali. Saya salut.
    ( Nia silvia R. 9 C )

    BalasHapus
  125. Kakak cerita kakak bagus. Menginsfirasi saya.
    ( Diana putri 9 F )

    BalasHapus
  126. Cerita nya bagus. Salut msa kakak.
    ( Sri Lestari 9 C )

    BalasHapus
  127. bagus bingitzzz
    ceritanya...
    nyentuh kana jero hate...

    vada satya
    IX F(9)

    BalasHapus
  128. bagusss ceritanya
    mantab

    yusup sumarlin
    IX F (9)

    BalasHapus
  129. mantab - mantab
    akyu suka banget ceritanya
    sangat cool binggoW

    REYNALDI
    9B

    BalasHapus
  130. saya suka ceritanya, memootivasi banget.. SUPER deh.

    Kendar Mulyanto IX C

    BalasHapus
  131. waw, hebaat.. ceritanya bagus teh, semoga saya bisa jadi seperti teteh..

    Asep Dadan Sumantri Kelas IX C

    BalasHapus
  132. tulisannya oke punya.. jadi pengen jadi mahasiswa super. hehe
    di tunggu tulisannya selanjutnya.


    Suryadi IX F

    BalasHapus
  133. halo teh syifa..
    ceritanya sudah menginspirasi saya untuk mnjadi SISWA SUPER. hehe..

    Pera Permata Sari kelas IX F

    BalasHapus
  134. kak syifa, tulisannya bagus banget.. sip banget buat pembelajaran kita yang baca.

    Nuryati IX F

    BalasHapus
  135. waah, tulisannya bagus euy, enak di baca, nambah motivasi juga buat saya pribadi.

    Wulan Kelas IX C

    BalasHapus
  136. Sip banget ni tulisannya teh syifa. di tunggu tulisan-tulisan yang menginspirasinya lagi ya. sukses teh.

    Ani Aryani kelas IX C

    BalasHapus
  137. kak ceritany sangat bagus


    dendi 9f

    BalasHapus
  138. kak ceritanya sangat bagus


    dendi priansyah 9f

    BalasHapus
  139. hai kak. aku suka dengan ceritanya pokoknya mantap dech sukses selalu ya kak?


    Mega IX A

    BalasHapus
  140. Ceritanya menginspirasi bangets ka Syifa!!..

    Dede Dewi 9D

    BalasHapus
  141. Wah,jarang loh ada orang kayak ka Syifa....suka deh¡

    Rohimah 9D

    BalasHapus
  142. Hai kak, salam kenal.
    Aku suka cerita kakak, cerita kakak bisa memotifasi saya dan semua.
    ( Dede lestari IX A )

    BalasHapus
  143. CERTA KAKA BAGUS BANGET

    TIWA 9A




    NICE ^^

    YANDI 9C




    BAGUS
    SURYADI
    9F


    GOOD
    IVAN
    9C


    BAGUS
    ANDRI
    9D

    BAGUS
    NIWAR
    9C



    Wah cerita nyah sangat menakjubkan good jempol buat kak syifa

    sukmajaya 9f




    ceitanyah sangat bagus sekali jempol buat kak syifa

    casidi 9b



    baguuss sekaliii ceritanyahh ka syifaa

    dewi juliyah 9a



    bagus dan hebat cerita nyah kak syifa hebat

    dian sugianti 9f


    bagus sekali ceritanyah ka

    kartika wijaya 9a



    sangat bagus ceritanyah ka

    afrizal 9a



    oooohhhh (y) (y)


    nuryadi 9a



    bagus weh lah cerita na

    asep saphadi 9b



    cerita nyah sangat keren

    reynaldi 9b



    bagus

    azis9b

    BalasHapus
  144. i like it
    RANTI PURNAMA SARI kelas(9B)
    cerita kaka sangat-sangat menarik semoga menjadi motivasi saya :)
    CINTIAWATI kelas(9E)
    saya ingin bisa menjadi seperti kaka yang bisa membuat cerita yang menarik seperti kaka(y)
    ERIKA DEWI.G kelas(9B)

    BalasHapus
  145. saya bangga dengan cerita kaka, kakak benar-benar memotivasi saya .

    WATI kelas9C

    suka deh sama certta kakak :) bikkin hiddup kita lebbiihhsmangat lgiih :) like it :)

    Rita Komalasari kelas9C

    addeeuuhhskka bgt samacerita nya :) ebbatt dehh kakak :)

    Erna kelas9C

    ceritta yg sangatt memotivasii bgt kitta sbgaii gennerasii mudda dapatt termotivasii darii certta n jadi nambah smangat lagi dehh :) suaaa bangett (y) :)

    Mumun Maemunah kelas9C

    Bagus sekali
    tuti kelas9a

    I LIKLE IT :)

    Nuraeni Putri kelas9B

    BAGUS SEKALI AKU SUKA
    AGUNG 9F

    BAGUS
    AGUS 9F

    BalasHapus
  146. I LIKE IT
    RIRIN 9A

    MENAKJUPKAN KA
    MITA 9A

    BAGUS SEKAL
    WARNISAH 9A

    BalasHapus
  147. Saya suka ceritanya.
    Certanya menginspirasi banget. buat kak syifa semoga sukses s'lalu.

    Asep IX A

    Ceritanya bagus?

    Obay IX A

    hai kak. ceritanya kak syifa yang sangat menginsfirasi bagi saya?

    Riko IX A

    ceritanya bagus?

    Dana IX A

    ceritanya sangat mantaap?

    Panji IX A

    Bagus dan Keren?

    Aldi IX D

    Ceritanya bagus dan menginsfirasi?

    Dadan IX D

    Bagus Bagussss?


    Topik IX D

    kerennnnnnnnn.....?

    Evi IX D

    BalasHapus
  148. Ceritanya keren bingow aku suka dengan ceritanya kak syifa......?

    Shelly IX D

    ceritanya menginsfirasi dan bisa menjadi contoh bagi kita semua.

    Abdul IX D

    ceritanya kerennnnnn abissssss?

    Aditiya prasetio IX B

    cerita yang bisa jadi contoh agar kita semua bisa mandiri dan berkerja keras.

    sopyan IX B

    wau....! sangat menabjupkan ceritanya.

    Deni IX B

    GOOD........!

    Ivan giopani IX C

    ihhhh sampe merinding baca ceritanya?

    Daendi IX E

    pertama saya baca ceritanya belum seberapa seru tapi saya habis baca semuanya sangat seru banget karena sangat menginspirasikan bagi saya dan semua yang membaca ceritanya.

    Karina IX F

    sebelum saya membaca cerita kak syifa saya sangat manja kepada orang tua saya saya minta ini saya minta itu serba minta tapi semenjak membaca ceritanya saya baru sadar seharusnya saya harus bisa berkerja keras dan bisa mandiri tidak semuanya harus orang tua.

    Nia kurnia wati IX F

    ceritanya mengginggatkan saya agar bisa mandiri dan berkerja keras semoga yang membuat cerita ini akan sukses selalu?

    Diana putri IX F

    BalasHapus
  149. hai kak. aku suka dengan ceritanya pokoknya mantap dech sukses selalu ya kak?

    rudi IX e


    Ceritanya menginspirasi bangets ka Syifa!!..

    aji 9e

    BalasHapus
  150. saya salut dg semangat ka Syifa untuk menggapai cita2.Semoga cita2 kaka dpt tercapai.

    taman 9d

    BalasHapus
  151. Cerita kakak menginspirasikan saya untuk menjadi lebih baik. Dan saya kagum dengan cerita kakak.

    salih 9b

    BalasHapus
  152. ceritanya bagus, saya salut sama kakak. hebat.

    samsudin 9f

    HEBAT !!!!

    suharsono 9d

    BalasHapus
  153. aku kagum sama kakak dan aku suka dengan ceritanya yang sangat menginspirasi bagi saya dan semuanya.

    dendi 9f

    BalasHapus
  154. Hay kak...
    cerita kakak menginspirasi saya untuk jadi anak yang mandiri dan berbakti pada orang tua dan tidak merepotkan orang tua

    bayu asmara 9d

    BalasHapus
  155. Cerita yang bagus dan menarik

    nia 9c

    BalasHapus
  156. cerita kak syifa sangat bagus saya sangat salut dengan kak syifa.

    erni ernawati IX F

    certanya sangat menginsfirasi saya?

    Ria sapitri IX E

    ceritanya sangat mengesankan dan kerennnn?

    windi IX B


    aku sangat kagum sama kakak, aku tunggu cerita selanjutnya ya kak?

    saepul IX D

    BalasHapus
  157. hai kak. ceritanya sangat bagus dan sangat menginsfirasi saya dan semuanya semoga sukses selalu ya...?

    Trisnida IX A

    ceritanya kerennn bangett.

    Arif IX B

    BalasHapus
  158. Assalamualaikum teh syifa.
    Ceritanya bagus, cocok untuk pembaca remaja kayak saya.

    dani 9c

    Hai kakak. Aku senang dengan cerita kakak. Yang dapat menginspirasi semua orang yang membaca cerita kakak. Kakak sangat hebat. Bekerja keras. Mandiri

    kahendra 9c

    BalasHapus
  159. ceritanya sangat menginsfirasi saya dan semuanya.

    dimas IX A

    ceritanya sangat cocok untuk pembaca remaja seperti saya.

    tubagus ikbal IX E

    BalasHapus
  160. saya salut dengan semangat kak Syifa untuk menggapai cita-cita.Semoga cita-cita kakak dapat tercapai.

    anton 9a

    BalasHapus
  161. tulisannya menginspirasi banget. mkasih atas inspirasinya. hehe\

    Suherni IX A

    BalasHapus
  162. tulisannya oke punya.. jadi pengen jadi mahasiswa super. hehe
    di tunggu tulisannya selanjutnya.

    SUHERNI 9A

    halo teh syifa..
    ceritanya sudah menginspirasi saya untuk mnjadi SISWA SUPER. hehe..

    SRI LESTARI 9C

    BalasHapus
  163. Aku ingin seperti ka syifa,yg tiada hnti memotivasi diri.

    Topik Kelas IX D

    BalasHapus
  164. ceritta yang sangatt memotivasii banget kitta sebagaii gennerasii mudda dapatt termotivasii darii ceritta n jadi nambah semangat lagi dehh :) sukaaa bangett (y) :)

    amelia dena 9a

    BalasHapus
  165. hai kak.. salam knal...
    ceritanya sangat mengimpirasi...

    Anton 9A

    BalasHapus
  166. Bw ke blog ane 123indolagu.blogspot.com

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend