Minggu, 08 Februari 2015

Gili Trawangan; Maldives-nya Indonesia

"Sekarang aku sudah tidak berkeinginan bulan madu ke Maldives. Ternyata di sini juga ada tempat seindah Maldives," ujar temanku ketika kami baru saja sampai di Gili Trawangan, Lombok. Semilirnya angin, hangatnya matahari, birunya laut dan langit, hamparan pasir putih, semua keindahan bahari Indonesia terangkum di sana.
Gili Trawangan terletak di sebelah Barat Laut Lombok. Berjejer cantik dengan dua gili lainnya, yaitu Gili Meno dan Gili Air. Berdasarkan bahasa penduduk setempat,  gili itu sendiri artinya pulau kecil. Jadi kita tidak perlu lagi menambahkan kata 'pulau' di depan Gili Trawangan. Seperti ketika kita menyebutkan Fuji Yama, kita tidak perlu lagi menambahkan kata 'gunung' di depannya. Karena 'yama' berarti gunung dalam bahasa Jepang.
Diantara Gili Meno dan Gili Air, Gili Trawangan merupakan gili yang terbesar. Fasilitas wisata di sana cukup lengkap. Berbagai penginapan dan restoran, tempat ibadah, fasilitas selam, snorkeling, perahu wisata, kapal bermotor antarpulau, semuanya ada. Disediakan juga persewaan sepeda dan cidomo -semacam delman- untuk wisatawan yang ingin berkeliling Gili Trawangan. Sedangkan kendaraan bermotor tidak tersedia di sana, karena tidak diijinkan oleh aturan lokal. 
Berbeda dengan Maldives yang bentuk pulaunya memanjang, Gili Trawangan bentuk pulaunya membentuk sebuah lingkaran. Sehingga jika dilihat dari udara, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili air terlihat seperti tiga titik bulat yang berjejer cantik di tengah lautan.
Banyak sekali turis asing di Gili Trawangan. Sekilas terlihat lebih banyak turis asing daripada turis lokal di sana. Mereka sekedar berjemur sambil mengobrol santai, bersepeda sambil bersenda-gurau, atau menikmati pemandangan sambil menyantap hidangan di restoran.
Penduduk Gili Trawangan kebanyakan adalah pendatang dari Sulawesi, bukan orang Lombok atau NTB asli. Konon katanya dulunya Gili Trawangan ini dihuni oleh narapidana. Karena penjara waktu itu sedang penuh, maka Gili Trawangan menjadi tempat pembuangan narapidana. Waah, enak sekali ya narapidana jaman dulu, dibuangnya ke Maldives versi Indonesia. Sepertinya semua orang juga mau jika dibuang ke tempat seindah Gili Trawangan. Apalagi jika sudah mempunyai pasangan, serasa bulan madu setiap hari. Tempat seromantis Gili Trawangan, siapa yang tidak ingin ke sana?

NB: artikel ini aku tulis untuk lomba Copa de Flores - Adira Faces of Indonesia, setahun yang lalu. alhamdulillah lolos sebagai 24 besar :)) Sebenarnya ada 2 artikel yang aku kirimkan waktu itu. Satu laginya kapan-kapan nyusul. Hehe

by. si Famysa, traveler wannabe

18 komentar:

  1. Pantai di Lombok memang luar biasa.... beruntung pernah ke sana 3 x. Tapi.... ga ke gili trawangan.... belum kenal sih... kan jaman kuliah dulu.:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohoho aku jadi ngebayangin tante kuliahnya tahun berapa ya? :D
      aku baru sekali nih tante. sekali kesana nagih pengen balik lagi. iyaa pantai2nya subhanalloh syekaliii...

      Hapus
  2. Pengenlah kesana!!! Waktu aku ke bali sempet mau ke Gili trawangan juga, tapi berhubung cuman sebentar, udah gitu boat kesananya mahal, jadi tunda rencana deh. Setuju sama kamu fa, gak perlu deh ke Maldives, disini jg ada, lebih ekonomis irit kantong :D Oh iya mungkin kalau berkesempatan ke Gili Trawangan bisa sekalian hiking ke Rinjani. Ah Indonesia, ternyata banyak tempat kece. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rinjani, ah, pengen! tapi waktu ke lombok gak ke kawasan itu --
      yaudah kapan2 kita kesana deh yuk. nabung duluu. hihihi

      Hapus
  3. tapi sama aja jauhnya, Lombok dan Maldives, sama2 harus naik pesawat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ke lombok naik kapal air kok tante. mabok sih.. tapi ya naik kapal yang irit. wkwk :D

      Hapus
  4. Indah banget
    Jadi pengen suatu hari nanti pergi ke sana ^^

    BalasHapus
  5. Aku blm pernah ke Lombok tapi pengen banget ke sana.. Konon tempatnya spt Gili Trawangan itu luar biasa indahnya... semoga suatu saat bila ada rejeki bisa berkunjung ke Lombok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...
      aku juga pengen banget bisa kesana lagi mba :)

      Hapus
  6. wah, keren juga ya. ada maldives di dalam indonesia.
    kalu gitu, ngapain jauh-jauh ke luar negri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi jev.. kalo gitu kita keliling Indonesia aja yuk :D

      Hapus
  7. Wah Lomboookkk...udah pengen banget bisa kesana, semoga segera bisa ke Lombok..Mupeng banget. Amin amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... moga segera bisa kesana yaa :D

      Hapus
  8. masalah keindahan, Indonesia raya ini nggak diragukan lagi keindahannya. cuma emang orang Indonesia banyak juga yang gengsi, lebih bangga kalo udah traveling ke luar negeri, padahal di negeri sendiri banyak tempat yang indah hehehee...

    btw, saya belum pernah ke Lombok, kemarin pernah mau kesana tapi batal karna satu dan lain hal. semoga ada kesempatan kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mba.. mungkin aku pribadi juga gitu. masih mimpi pengen ke taman tulip di turki atau belanda. hehe
      tapi aku tetep mendahulukan indonesia dong!
      barangkali kita bisa kesana barengan mba. hihii.. aamiin...

      Hapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend