Rabu, 11 Februari 2015

Sakola Printing Go National!!

“Bulan pertama santai saja, lihat respon masyarakat. Minimal tembus Rp 100.000 / minggu.”
“Bulan kedua harus tembus Rp 1.000.000!”
“Bulan ketiga harus tembus Rp 1.500.000!”
“Bulan keempat tembus Rp 2.000.000. Next project juga harus tembus. Kita pasti bisa. Iya kan?!”
Begitu lah celotehanku pada suami. Ya, aku, suami, dan satu sahabat kami (awalnya 2, tapi 1 orangnya mundur) kini sedang menggeluti bisnis baru kami, namanya Sakola Printing.
Berawal dari mimpi, tekad, semangat, doa, dan kerja keras, semuanya tidak ada yang tidak mungkin. Berawal dari mimpi kecil, ternyata bisa mendapatkan hasil yang lebih dari apa yang diimpikan. Semua target pendapatan Sakola Printing dalam celotehanku di atas terlampaui. Bahkan menambah mesin baru yang sebelumnya tidak pernah diimpikan justru sekarang bertambah satu persatu. Ini pasti kerjaannya MIMPI. Kita bermimpi kecil saja hasilnya besar, mengapa tak sekalian bermimpi besar, besaaaarrr sekali??? :D

Beranjak ke mimpi berikutnya mengenai kelanjutan Sakola Printing, aku ingin satu tahun ke depan Sakola dikenal se-Indonesia, seperti judul postingan ini; Sakola Printing Go National!!. Aku ingin bisnis percetakan yang masih dalam skala kecil ini, yang beralamat di kampung kecil juga, dalam satu tahun ke depan bisa eksis dimana-mana, se-Indonesia. Bukan berlebihan jika aku menyebutkan Sakola beralamat di kampung kecil, karena memang begitu lah kenyataannya. Tapi, bukan berarti alamat kami yang di kampung membatasi langkah dan gerak-gerik kami, bukan? ;)

Alasan terbesarku ingin membesarkan Sakola Printing adalah karena aku ingin membuktikan pada Bapa, bahwa pilihanku untuk fokus berwirausaha bukan lah pilihan yang keliru. Aku ingin membuktikan bahwa dengan berwirausaha, aku bisa mengabdi lebih banyak pada lingkungan sekitarku. Seperti tujuanku bertahun-tahun yang lalu sebelum masuk kuliah, kelak aku akan menetap di kampung halaman dan membangun lingkunganku.
Sekarang, dengan hadirnya Sakola Printing, masyarakat di sini terlihat begitu gembira. Terutama bagi anak-anak sekolah, mereka bisa mengerjakan tugas sekolah dengan biaya rental komputer, internet, dan cetak yang murah. Mereka tidak perlu jauh-jauh ke desa sebelah dan tidak perlu lagi mengantri lama di –satu-satunya- tempat ngeprint di dekat sini sebelum hadirnya Sakola Printing.
Alasan lain yang mendukung mimpiku adalah Mamahku. Mamah pernah bercita-cita ingin membuka bisnis percetakan namun terkendala modal. Sering sekali Mamah mengulang-ngulang cerita mengenai keinginannya ini. Dan mulai sejak Sakola Printing dibuka, aku telah bertekad bahwa aku lah yang akan mewujudkan cita-cita Mamah. Meskipun Mamah tidak punya skill bisnis, meskipun Mamah tidak punya modal, biar aku yang akan mewujudkan. Aku akan membesarkan Sakola Printing seperti percetakan-percetakan besar lainnya, bahkan akan lebih daripada yang lain. Aamiin…
Selain karena Bapa dan Mamah, ada satu orang lagi yang menjadi alasan bagiku untuk mewujudkan mimpiku ini. Orang itu adalah suamiku. Aku tahu dia sangat menyukai bidang ini; desain grafis. Aku ingin suamiku semakin mencintai desain grafis yang digemarinya. Karena aku tahu, suamiku sebelumnya tidak pernah terpikir untuk terjun sepenuhnya di ranah bisnis. Maka dengan hadirnya Sakola Printing ini, aku berharap kami bisa sama-sama belajar, bisa saling menguatkan tekad, bisa saling bekerja sama mewujudkan mimpi.

“Kemana kaki ini akan melangkah, Sayang? Demi anak kita yang masih berumur 4 bulan (Sakola Printing).”
“Yang terdekat, kita akan menembuskan proyek Buku Tahunan Sekolah (BTS).”
Ya, satu langkah untuk hari esok adalah menyelesaikan hitung-hitungan harga pokok produksi BTS dan reng-rengannya, membuat company profile, dan membuat proposal untuk proyek BTS. Target pertamanya adalah SMA/sederajat terdekat dari Sakola Printing. Target selanjutnya adalah SMA/sederajat dan perguruan tinggi se-Kabupaten Subang. Target berikutnya lagi adalah SMP/sederajat dan SD/sederajat se-Kabupaten Subang. Dan setelah Kabupaten Subang berhasil kami eksekusi, target berikutnya lagi adalah lintas kabupaten, lintas provinsi, hingga akhirnya bisa meng-Indonesia.
Proyek terdekat adalah BTS. Proyek yang sudah berjalan adalah pembuatan pin, gantungan kunci, stiker, dan kartu ucapan. Proyek yang akan dikerjakan sekarang sambil mempersiapkan konsep BTS adalah sketsa kartun untuk mewarnai gambar, kalender foto diri, dan buku daftar lagu dan kunci gitarnya.
Pemasukan dari proyek-proyek di atas kemudian akan digulirkan kembali untuk modal. Aku ingin membeli mesin press mug dan printernya, serta laptop baru yang performanya lebih canggih daripada laptop-laptop yang Sakola Printing punya saat ini.

Sebenarnya ada satu kendala dalam menyelesaikan proyek-proyek Sakola Printing. Karyawan. Ya, aku sangat membutuhkan karyawan yang bisa membantu kami di sini. Namun bukan hal mudah mencari karyawan yang bisa menggunakan komputer di sini, apalagi desain grafis. Mengingat di sini adalah lingkungan kampung, tidak banyak orang yang hi-tech. Tidak seperti di kota yang mayoritas orang-orangnya hi-tech.
Langkah yang akan ditempuh untuk mengatasi masalah karyawan ini adalah mengajukan proposal kerja sama pada SMK, terutama jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Aku akan meminta SMK terdekat untuk mengirimkan siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Sakola Printing. Tentunya aku juga ingin siswa yang berkualitas. Aku sendiri yang nantinya akan menyaring siswa-siswa yang diajukan PKL di sini. Semoga saja ada yang pas ya..

Dalam hal pemasaran, Alhamdulillah Sakola Printing sudah mempunyai beberapa orang yang dapat diandalkan. Semoga mereka para pemasar ini akan tetap setia menemani Sakola Printing hingga Sakola Printing Go National!! Bahkan semoga Go International. Hihihi…

Semoga mimpiku untuk Sakola Printing terwujud. Aamiin Yaa Alloh….

Fine. Cukup sekian. Ini mimpiku yang ingin kuwujudkan segera. Bagaimana dengan kamu? ;)

By. Si Famysa, a dreamer

17 komentar:

  1. Semoga terwujud mimpinya ya mak menjadikan sakola printing go nasional hingga internasional amin :)

    BalasHapus
  2. Saya koq terharu membacanya ya Syifa. Terharu tapi ikut bersemangat. Aamiin aamiin aamiin ... semoga diijabah Allah ya. Kelak kalo rezeki Syifa gede, kita bisa ketemuan di Makassar ^_^

    Moga menang ya Syifa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin yaa Alloh...
      makasih doanya tante :*

      Hapus
  3. Mimpi yang bagus selayaknya diwujudkan dengan langkah serius agar menjadi kenyataan.
    Niat yang baik, kerja keras, tekun, sabar, dan berdoa
    Semoga sukses Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  4. Mimpi yang baik harus diwujudkan dengan kerja keras, tekun, sabar, dan berdoa
    Semoga sukses Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  5. terima orderan online juga gak sakola printing?

    BalasHapus
  6. inspiring banget!

    good luck ya mbak :)

    BalasHapus
  7. Saya senang dengan anak muda yang penuh semangat, asalkan seluruh aspek kehidupannya terprogram pasti akan menuai keberhasilan.

    BalasHapus
  8. Hallo juri datang, luar biasa semangat sekali menceritakan mimpinya, semoga sakola printing bisa go international kaya agnes mo, aamiin yra. kalo saya ada modal juga pengen deh wiraswasta sendiri, itu lebih asik daripada kerja untuk orang hehe

    Terimakasih atas partisipasinya dalam GA Wujudkan Impian Mu, salam hangat dari Bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo wiraswasta mba! hehehe
      sama2 mba ev :)

      Hapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend