Jumat, 06 Maret 2015

Two Stripes

Kangen bangeeet rasanya berhari-hari gak ngeblog, gak update FB Famysa & Sakola, gak laptopan deh pokoknya. Kangen, kangen, kangeeen…..

Akhir-akhir ini memang kondisiku sedang sangat tidak stabil. Puncak-puncaknya adalah waktu hari Sabtu lalu, emosiku benar-benar berada di puncak. Nanti aku ceritakan kisahnya di postingan berikutnya. Hehe…

Sudah sejak minggu lalu, moodku kacau. Aku tidak bisa mengontrol emosi. Sedikit-sedikit marah, sedikit-sedikit manyun, Ibank salah dikit aku ngambeknya banyak. Huaa… Kacau suracau deh.

Masuk di minggu ini, bukan hanya moodku yang kacau, kesehatanku juga sepertinya memburuk. Aku merasa tubuhku semakin hari semakin tidak sehat. Perjalanan ke Kecamatan Purwadadi dari Cipunagara saja capeknya minta ampun. Ditambah lagi setiap malam, sejak malam Senin, tidurku tidak pernah nyenyak. Boro-boro mimpi indah yaa, merem 2 jam saja tidak! Rasa-rasanya tiap jam aku terbangun. Entah kenapa. Susah sekali dijelaskan. Aku ingin bilang karena kedinginan, tidak. Aku ingin bilang karena kepanasan, tidak juga. Huaah…

Karena semakin curiga pada kondisi diriku sendiri, akhirnya waktu hari Rabu kemarin kuberanikan diri untuk minta dibelikan testpack pada Ibank. Mmm.. memang sih aku sudah telat datang bulan beberapa hari. Tapi awalnya kupikir itu karena siklus datang bulanku yang memang beberapa bulan ini sedang kacau. Aku curiga ada sesuatu di perutku karena aku merasa kondisiku yang seperti ini berawal dari perut. Ya, perutku panaaas. Seperti sedang sakit perut karena makan rujak terlalu pedas. Oh, ini bahkan lebih dari itu. Panasnya sepanjang malam.

Sebelumnya, aku berkali-kali membaca-baca artikel tentang ciri-ciri awal kehamilan. Diantara berapa banyak ciri-ciri itu, awalnya yang aku rasakan hanya mood yang tidak seimbang. Lainnya, seperti mual, muntah, pusing, capek, sering mengantuk, dll, aku belum mengalaminya. Namun setelah memasuki minggu ini, baru lah aku merasa mudah capek dan mengantuk.

Kalian tahu apa hasil tesnya? Stripnya dua :D Berarti positif kan yaa.. Hehehe…

Pasca melakukan testpack, tubuhku semakin tidak berdaya. Pokonya dari hari Minggu kemarin, tubuhku sudah tidak kuat diajak beraktivitas. Dan puncaknya memang pada hari Rabu, pertama kalinya aku mengalami mual dan muntah di sore hari Rabu. Bukan morning sickness yaa aku mah, tapi afternoon sickness. Haha.. Gak nanggung-nanggung, aku muntah di kasur dan akibatnya sampai sekarang kasurku masih dijemur -___- Muntahanku banyak sekali, seperti menumpahkan bubur semangkuk. Yang jijik, map yak :P

Kamis subuh, waktu aku sholat subuh dengan Ibank, di rakaat pertama, bahkan bacaan Al-Faatihah saja belum kelar, aku sudah terduduk lemas. Pandanganku gelap, seperti akan pingsan. Seketika aku memutuskan untuk sholat sambil duduk saja. Jujur waktu itu aku tidak khusyuk. Sambil menahan mual dan pusing, aku juga sambil bergumam semoga Ibank memendekkan bacaan sholatnya agar sholat segera selesai. Haha :P Dan iya saja, selesai sholat, aku langsung muntah.

Dua hari kemarin aku sama sekali tidak beraktivitas. Bukan hanya tak sanggup menatap layar laptop, aku juga tak sanggup menyimpan pakaian di lemari. Rentan sekali kondisiku dua hari kemarin.

Baru hari ini aku mulai beraktivitas, walaupun tidak banyak. Aku hanya menyapu rumah dan membantu shooting drama pendek si Enok. Beres-beres jam 5 sore. Dan kalian tahu rasanyaa…. Lemaas sekali. Sambil shooting saja aku sudah tidak bergairah, apalagi jika ada adegan yang diulang-ulang karena pemain salah melulu. Aku lemas karena berdiri terus. Pulang-pulang aku langsung terbaring lemas.

Sekarang aku jadi cepat lapar dan cepat kenyang. Ketika lapar, rasanya ingin makan yang banyaak. Tapi ketika sudah setengah dimakan, kok kayaknya kenyang banget.. Entahlah maunya apa. Aku masih belum bisa beradaptasi dengan kondisiku saat ini. Aku masih butuh banyak penyesuaian. Untungnya Ibank sangat sangat sangat mengerti kondisiku. Alhamdulillaah :)

Buibu, Mbambak di sini boleh dong bagi tips dan triknya waktu hamil sama aku. Pemula nih… Masih sangat butuh banyak belajar dari ahlinya. Hehehe…

*nulis segini saja sudah mual, pusing natap layar lama-lama. Aku mau istirahat dulu yaa :D

By. Si Famysa, bismillaah…

8 komentar:

  1. Itu mah biasa neng syfa.....hamil pertama itukan pertamakalinya seorang wanita mengalami perubahan fisik dan mental, lebih sensitif dan emosional. Suami dan keluarga harus lebih peduli dan memanjakannya. Orang hamil itu biasanya maunya doang, ingin makan ini itu tapi nyatanya ebgga juga bahkan muntah kalau deket dengan makanan yang dimau itu. Itu karena indera penciuman bumil sangat sensitif, untuk mengatasi itu biasanya istri saya memilih buah pepaya, karena buah ini juga bisa mengenyangkan tapi baunya tidak berlebih. Untuk susu bumil, dari sekian produk istri saya hanya cocok dg enmam, rasanya tidak neg dan tidak bau.
    Selamat ya....siapkan diri menerima berbagai kejutan hidup dari Alloh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget om. aku sempat pengen ngrujak jambu biji sore2. tapi suami bilang besok lagi aja. eeh pas besoknya udah ada jambunya, ya aku udah ga pengen lagi. jadi kayaknya harusnya saat ingin ya harus ada. hehe

      Hapus
  2. syifa perlu menenangkan diri dulu sampai bisa mengatur emosi dan mood. Jangan biarkan berlarut2 krn akan berpengaruh pada bayi. Coba pandang wajah suami selama mungkin dan setiap saat. Ini akan memunculkan rasa sayang dan syukur sehingga bisa menjadi bumil yang bahagia. moody-nya ibu hamil memang bukan kesengajaan, tapi bisa dihilangkan dengan cara "bahagia mengenali perubahan dan pertumbuhan janin." Banyak2in do'a dan baca alqur'an agar hilang emosiannya.

    BalasHapus
  3. Aaaaaaah Selamat syifaaaa!!! Ikut bahagia deh. Duh sampe muntah gitu, aku sih enggak tau tips buat ibu hamil itu gimana tapi kalau kamu lemes-lemes paling ampuh emang vitamin atau suplemen yang dikonsultasiin sama dokter. Jangan lupa banyak minum susu, susu ibu hamil juga ? :D Sekali lagi selamat, buat lemes-lemesnya buru-buru ke dokter, terus cek kondisi kandungan, apa tubuh kamu cukup kuat sama aktifitas-aktifitas berat. Ditunggu kabar selanjutanya ya fah ^^ Sekali lagi selamat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap laksanakan mell! :D kalo sekarang sih udah ga terlalu riskan kayak kemaren2. hehe

      Hapus
  4. hihihi...banyak juga ya yang dirasakan, jadi deg degan

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend