Selasa, 17 Februari 2015

Tips Nulis (ke-8) di Blog Ala-ala Jejak Si Miaw

Jadi ceritanya kemarin aku sudah nulis panjang lebar untuk giveaway blog Cokelat Gosong - Mba Hilda Ikka. Udah aku publikasikan tuh. Eh pas aku mau daftarin tulisannya di kolom komentar, aku baca lagi rulesnya, ternyataa maksimalnya 700 kata. Muahaha aku kelewatan sama rules itu. Aku udah nulis dua kali lipatnya! :P Jadinya antara link permanen sama judul postingan gak sinkron deh. Wkwk... Naah daripada tulisan setengahnya dibuang sayang, mending aku publikasikan sekarang dalam postingan lain. Hihi ;)

Aku membuat blog ini sejak Oktober 2010 karena terinspirasi teman kuliahku. Kok kayaknya asyik ya ngeblog, nulis sendiri, terbitin sendiri, selain bisa dibaca lagi oleh kita, orang lain juga bisa ikutan baca tulisan kita, gak ribet, gak harus kirim naskah ke sana-sini. Setelah blogku jadi, aku gak langsung nulis tuh, entah kenapa :P Seingatku, aku baru aktif nulis blog setelah 4 bulan membuat blog, yaitu sekitar bulan Februari 2011. Waktu itu aku juga termotivasi untuk terus menulis karena aku gabung di Forum Lingkar Pena (FLP) Semarang. Dan blog lah akses yang paling mudah dan asyik untuk nulis.

Nulis di blog bagiku bukan hanya sekedar untuk hepi-hepian. Tapi untuk melatih kemampuan menulisku. Gini-gini kan aku juga bercita-cita ingin jadi penulis novel kayak teman-teman semua. Iya kaan? Hehe… Aku ngeblog juga salah satunya karena termotivasi ingin jadi penulis. Hanya saja aku terlalu kedul alias malas kalau disuruh nulis terlalu panjang dengan judul yang sama. Padahal nulis kitab skripsweet yang tebalnya gak ketulungan bisa yaa. Kenapa nulis novel belum bisa saja. Hmm… :P Nulis di blog juga bisa jadi pembawa rejeki bagiku. Saat kanker –kantong kering melanda, eh tiba-tiba baca pengumuman aku menang kontes blog yang hadiahnya uang. Atau saat aku mupeng banget sama suatu barang, eeh aku bisa dapat barang itu dari hadiah menang kontes blog juga. Alhamdulillah yah… Selain dapat rejeki dari blog, aku juga dapat teman baru, entah itu sesama blogger atau pembaca blogku.

Seiring berjalannya waktu, perkuliahanku semakin padat, semakin banyak tugas dan penelitian ini-itu. Belum lagi magang, KKL, KKN, dan skripsi yang lumayan menguras waktu dan tenaga, duit juga :P Aku jadi jarang sekali nulis di blog. Paling-paling satu bulannya aku Cuma bisa nulis paling banyak 4 postingan, bahkan kosong mlompong.

Naah, sekarang adalah waktunya untukku membuktikan bahwa aku memang seorang blogger. Karena sekarang aku kerja di rumah (bisnis), jadi aku punya waktu untuk insya Alloh konsisten nulis di blog. Ditambah sekarang mah ada suami yang selalu mengingatkanku untuk nulis. Muehehe…

Ini dia tips nulis (ke-8) di blog ala-ala Jejak Si Miaw: -untuk 7 tips sebelumnya mangga dibaca di sini --> 7 Tips Nulis Blog Ala-ala Jejak Si Miaw-
  • Rajin cek email & web/blog penyelenggara lomba 
Aku punya 2 pengalaman kurang baik dalam lomba blog karena menyepelekan cek ricek email maupun web/blog penyelenggara lomba.

Pengalaman pertama waktu aku menang juara 2 lomba blog tentang hari Valentine yang diselenggarakan oleh Zalora Indonesia. Menjelang hari pengumuman, aku pulang kampung. Tahu sendiri kalau di kampung mah sinyalnya lup-lep ya, jadinya aku gak bisa internetan deh. Dua harihari setelah hari pengumuman itu, aku baru banget nyampe Semarang. Langsung kubuka FB Zalora. Dan ternyata aku juara 2 dong. Lalu aku buka email untuk mengecek surat pemberitahuannya. –juara 2 hadiahnya tiket Jakarta Fashion Week, dress code touch of blue, jadwalnya besok malam!- Ulala, mau gimana coba? Aku baru aja nyampe Semarang, aku gak punya dress code biru, aku gak punya duit buat ongkos ke Jakarta, dan yang paling parah adalah aku tidak diijinkan pergi oleh orang tuaku. Hufftt…

Pengalaman kedua waktu aku terpilih sebagai 24 besar –calon finalis- Ubek Negeri Copa De Flores – Adira Faces of Indonesia. Waktu itu aku sedang panas-panasnya penelitian skripsi. Seharian ada yang menelponku, bahkan dari kemarin-kemarin, no telpon kode area Jakarta. Tapi tidak terjawab karena aku mobile ke sana-ke mari motoran. Akhirnya aku bisa menjawab telpon itu setelah isya pada hari itu. Mbak penelpon bilang bahwa aku lolos sebagai calon finalis dan berhak mengikuti tahap selanjutnya. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi. Katanya aku sudah telat, waktu kirim berkas sudah terakhir kemarin. Namun aku masih diberi kesempatan 1 jam. Aku disuruh cek email segera. Persyaratan yang ditulis di email adalah scan KTP dan pernyataan ijin dari orang tua. What the what the… Waktu itu sudah malam, tidak ada scanner di kosan, aku sedang di Jogja, orang tuaku di kampung tidak akan bisa mengirim email segera –karena harus ke warnet dulu yang letaknya jauh dari rumah-. Hufftt… Aku cuma bisa kirim foto KTP remang-remang dan screenshot sms pernyataan ijin dari mamah. Apa-apaan kan.. Ya sudah lah, aku pasrah.

Well, well, semoga teman-teman semua tidak ada yang mengalami hal kurang baik dalam lomba blog seperti aku yaa... 
Semoga bermanfaat ^^

by. si Famysa, a blogger

12 komentar:

  1. Sia-sia dong mbak udah nulis panjang-panjang tapi ngga kepake juga xixi sabar iya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada yang sia2 sih wida sayang.. buktinya ini masih bisa diposting. hihiii

      Hapus
  2. Wak. Sayang banget mbak hadiahnya tuh :3
    Tipsnya bermanfaat banget mbak ^_^ Setuju binggo.
    Eh, baru sadar kalau blogku masuk di bloglist mbak :* Muucih mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa gitu deh hepi. sedih juga kalo inget. haha
      iya sama2 sayang :*

      Hapus
  3. wah, keren juga ya bisa juara 2 di lomba zalora :)
    lain kali berarti harus ditunda tuh pulkam nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayaknya begitu jev. cukup buat pelajaran deh. ampun. hho

      Hapus
  4. Aku juga sempat ikut kayak lomba lomba kaya gitu tapi karna suka gagal terus jadi patah semangat dan sudah jarang dan nyari lagi -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha ya jangan patah semangat dong kang :D

      Hapus
  5. Itu coba dihibahin ke aku aja tiker Jakarta Fashion Week-nya. Pasti aku ikhlas nerimanya, Mbak :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga sempet mau aku hibahin ke temen yang di jakarta. tapi temennya ga mau kalo cuma masuk sendirian. uuuu -_-

      Hapus
  6. sy percaya menulis di blog serupa menyemai kebaikan sebab bisa bermanfaat utk orang lain juga menyapa entah siapa sj berada. salam..

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend