Selasa, 07 Februari 2012

Internet Bikin Eksis

bicara tentang internet memang tidak akan ada habisnya. mungkin agak sedikit berlebihan jika aku berkata bahwa internet adalah separuh jiwaku. tanpa internet, jiwaku tidak sempurna. tanpa internet, jiwaku kesulitan mencari-cari bagian dari dirinya yang hilang.
separah itu kah ungkapanku pada internet? aku jawab ya! tanpa bermunafik ria, tanpa ada maksud menjadikan internet sebagai berhala, tapi memang internet sangat-sangat aku butuhkan. sehari saja tanpa internet, aku rasa ada yang kurang dalam hidupku sehari itu. #lebay banget ya? hhehe.. atau ketika aku sedang sangat ingin berinternet ria tetapi si sinyal tak kunjung datang atau lemot, aku bisa tiba-tiba bad mood. bagaimana tidak, internet bagiku adalah sumber inspirasi, sumber pengetahuan, dan sumber penghasilan. di saat aku tidak bisa mendapat inspirasi dalam dunia nyata, internet lah yang dapat membantuku mendapatkannya. di saat buku-buku / bahan bacaan di sekelilingku terbatas, apalagi sekarang ini sedang di kampung (yang mana kita ketahui sendiri keadaan di kampung, susah akses kemana-mana dan apa-apanya), internet lah yang akan kujadikan pelampiasan terakhirku. pun dalam hal penghasilan. sehari saja tidak bisa mengakses internet, itu berarti aku sudah kehilangan kesempatan untuk bisa mengupdate koleksi di my online shop, Famysa Collections dan berinteraksi dengan para customer.
aku rasa pembukaannya sudah cukup sampai di sini saja. hehee... sekarang mari masuk ke bahasan inti, kenapa internet bisa bikin si aku eksis. :D

cerita berawal dari chatting dengan teman-teman kelas SMA. waktu itu aku menawarkan diri dengan sukarela bahwasannya aku mau dititipi oleh teman-teman yang mau membeli kaos Jogja, karena waktu itu aku akan ke Jogja dulu sebelum pulang ke Subang. dan ternyata yang nitip lumayan banyak. dari sana aku jadi berpikir kenapa aku tidak mencoba mengiklankannya di FBku pribadi yang kini berubah menjadi Famysa Collections saja. maka dari itu, setahun silam aku mencoba untuk berdagang online dengan koleksi kaos Jogja dan handmade Prambanan.  hingga kemudian aku menemukan link tempat batik rumahan di Jogja dari internet juga. harganya relatif murah jika dibandingkan dengan harga kebanyakan. maka pada bulan Mei 2011 aku menambahkan all about batik ke dalam Famysa Collections
oh ya.. waktu awal-awal aku berjualan online, kurang dari satu minggu saja jumlah temanku di FB sudah mencapai 1000 lebih dari jumlah awalnya hanya ada sekitar 800an. apalagi sekarang, sudah mencapai 2208 teman. dan aku yakin, kebanyakan dari mereka yang mengadd aku ya karena barang dagangan yang ada di dalamnya. hehe 

beberapa waktu yang lalu, aku berhasil memenangkan lomba yang diselenggarakan dBlogger. meskipun hanya pemenang hadiah hiburan. hehe.. -bahkan postingan mengenai kabar gembira ini pun masih ada di bawah postingan ini.-
aku bisa mengetahui lomba tersebut karena aku rajin ngeblog. dan terang saja aku tidak akan bisa ngeblog tanpa adanya koneksi internet. aku melihat banner lomba tersebut di salah satu kawan blogger. aku pun ikutan juga deh, dan alhamdulillah hasilnya menggembirakan. coba kalau tidak ada internet, aku tidak akan mendapat hadiah 200ribu itu dong. ahahaa...

kabar gembira dari sayangku, internet, tidak berhenti sampai di situ. beberapa hari yang lalu, sore hari ketika aku mengecek komentar masuk di blog, aku menemukan komentar dari salah seorang pengurus Sekolah Pintar Merapi. isinya berupa pujian atas tulisanku tentang Sekolah Pintar Merapi (yang ingin membaca silahkan diklik saja), serta tawaran untuk mengirimkan tulisanku tersebut kepada beliau untuk selanjutnya diterbitkan di catatan minibook website Sekolah Pintar Merapi. dan tanpa pikir panjang lagi, langsung aku terima saja tawarannya. karena aku yakin ini adalah awal bagiku untuk menggapai kesuksesan dalam dunia tulis-menulis. namun sayangnya hingga kini aku belum bisa mengirim tulisanku karena koneksi internet yang lemot. bismillah sajaa :) all is well.. selama aku masih bisa menemukan internet, aku pasti bisa memenuhi tugasku yang satu ini. ^o^

hal lain yang aku rasa penting dari internet adalah bantuannya dalam menyelesaikan segala tugas kuliahku. apalagi jika tugasnya banyak, sedangkan jatah meminjam buku dari perpustakaan hanya 2 buku, di sini lah internet berperan sangat dahsyat. dalam hitungan menit saja, aku sudah bisa mendapat referensi dari tugas-tugasku. bahkan aku juga bisa mengetahui lebih banyak mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tugas tersebut.
selain membantu mengerjakan tugas kuliah, internet juga sangat membantu dalam hal belajar. ketika aku merasa malas untuk membaca buku, aku memiliki alternatif internet sebagai sumber bacaan untuk belajar. dengan begitu aku jadi tetap bisa belajar. ditambah lagi kesan jika belajar dengan membaca dari internet itu terasa dan terlihat lebih santai dibanding jika belajar dengan buku-buku. nah, dengan belajar dari internet, aku jadi tetap bisa eksis di kelas kan.. karena aku tahu apa yang orang lain tidak tahu. :D

seperti sudah disinggung di atas, teman-teman FBku kini mencapai 2208, teman-teman blog mencapai 113, belum lagi dari jejaring sosial lainnya yang terlalu banyak jika aku sebutkan satu persatu. hehe..
semuanya berawal dari internet. jika di dunia ini tidak ada internet, mungkin saja teman-temanku hanya segelintir tetangga-tetangga saja. alhasil aku akan kuper tujuh turunan (eiiss noo yaa! :P). tetapi dengan adanya internet, aku jadi banyak teman (dari yang muda sampai tua) untuk berbagi apa saja yang bermanfaat. :)

dari internet juga, aku jadi bisa berteman dengan penulis-penulis hebat seperti Kak Clara (penulis novel If You Were Mine) dan Kak Indi (penulis novel Waktu Aku Sama Mika). aku jadi bisa berkomunikasi langsung dengan mereka. padahal sebelumnya aku sama sekali tidak mengenal mereka, aku hanya tahu mereka dari karya-karyanya saja. tetapi karena internet, aku dipertemukan dengan mereka. walau hanya sebatas dalam dunia maya, tapi tak apalaah daripada tidak sama sekali. 
ada juga pengalaman mengesankan ketika berburu Pak Sulaiman Al-Kumayi (editor buku Anak Luar Nikah dan penulis juga). dalam perburuan ini, internet lah yang sangat membantuku. pertama-tama aku searching nama beliau di internet, aku searching juga nama beliau di FB. hingga akhirnya aku tahu bahwa ada seniorku di FLP Semarang yang dulu menjadi mahasiswa beliau. kuminta CPnya. dan akhirnya aku bisa bertemu dengan beliau di kantornya di IAIN Walisongo Semarang. ketika beliau berkata, "hebat juga kamu, Mbak nyari-nyarinya.. sampai sekarang akhirnya bisa ketemu dengan saya." lalu saya timpali dengan tertawa sembari dalam hati berujar, 'kan ada interneeet :)'

bagiku pribadi sebagai seorang yang pendiam dan jauh dari kegiatan bersosialisasi dengan sekitar, internet sangat-sangat-sangat membantuku. internet membuatku tetap eksis walau aku tetap dengan segala kekuranganku. internet membantu mempermudah proses komunikasi. internet mendekatkan aku dengan semua orang yang jauh dari pandanganku. internet oh internet... kau segalanya bagiku deh. hehehe :D
jujur saja, internet membuatku lebih pede. eksistensiku sebagai makhluk hidup jadi diakui berkat internet. berawal dari bisnis online shopku, aku jadi banyak relasi dan kawan dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri pun ada. berawal dari menjadi 'banci kontes' di internet, aku berhasil mendapatkan hadiah. berawal dari blogging, aku jadi ditawari menulis untuk website resmi Sekolah Pintar Merapi. berawal dari internet, aku jadi lebih pandai dan lebih berpengetahuan. berawal dari internet pula, aku jadi banyak teman, banyak kenalan, banyak relasi, banyak informasi, dan semua itu sangat memudahkanku dalam menjalani hidup ini. hihihiii...
asli deeeh internet emang bikin eksis. gak percaya?? buktikan saja sendiri! :D pasti kamu akan menemukannya walau tentu akan sangat berbeda cerita denganku ;)

yuuu mariii ahh kita ngeksis dengan internet AXIS! dijamin gak bakal bikin kantong kempis. hihii :D
Dunia Axis
ini ceritaku dengan internet. bagaimana ceritamu? :)

by. si Famysa, love internet pisan lah.

13 komentar:

  1. Mantap Tulisannya....sukses buat semuanya!
    Salam kenal dari One sm

    http://iwansmtri.blogspot.com/2012/01/eksis-dengan-internet-untuk.html

    BalasHapus
  2. ahaaai jadi mau bikin postingan lagi gara-gara ada lomba nie (langsung tancap gas ngetik di leptop)

    BalasHapus
  3. @Iwan: makasih :)
    yap. sukses buat kita! lam kenal jugaa ^^

    @Dita: yuu mari ahh jadi banci lomba, Dit :D

    BalasHapus
  4. wah sukses ya syiifa ngotes nya..kk mau ikutan tapi blm kelar2 ni pstingan nya hahaha...

    BalasHapus
  5. eeee.....btw syifa jual baju atasan gitu gak? batik ato gak gak masalah.soalnya ntar mau tak pake bareng celana panjang (aku gak suka pake model rok huhuhu...)kalo bisa sekalian sama kerudung juga ya...bisa lihat contonya di pesbuk apa di sini?ntar aku mau ambilnya pas aku masuk kuliah aja laaah...(sambil milih2 model dulu)

    BalasHapus
  6. aamiin :D
    ayo cepet kelarin kak.. gudlak buat kitaa ^^

    BalasHapus
  7. @Dita: lihat2 aja di album FBku Diit... :D ada banyak model kok.

    BalasHapus
  8. wah..wah.. si syifa dah kelar negh.
    kemarin sya juga niat ikutan, tp mpe skg masih blum nulis juga. hadeeehhh...
    sukses yah.. :)

    BalasHapus
  9. aamiin... :D
    ayo dong, Mba kelarin.. kompakan amit sih sama Kak Tia. hehe *peace :P

    BalasHapus
  10. internet udah jadi kebutuhan pokok yaa

    BalasHapus
  11. waaah… keren banget nih postingannya… moga sukses dengan lombanya,… jangan lupa mampir dan komen ke http://rhianzflash.blogspot.com/2012/02/eksis-dengan-internet-oke-readers.html

    BalasHapus
  12. aamiiin...
    makasiih :)
    sipsipp ^^

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend