Jumat, 13 Januari 2012

Patuh TaTib Atau Sayang Anak?

tadi siang aku terburu-buru pergi ke rumah bapak dengan ojek. entah saking apanya... sampai-sampai aku gak mandi dulu. hahahaa... #jorok banget sih gue :P niatnya sih cuma ingin mengambil si Coopink. tapi mamake malah menyuruhku untuk sekalian mengambilkan akta kelahiran Dede yang disimpan oleh bapak. ya sudahlah, jadinya perjalanan siang tadi cukup melelahkan karena harus mengambil akta yang disimpan di kantor kepala desa. #lebay.
di tengah perjalanan menuju kantor kepala desa Situraja (tempat bapakku bekerja 23 hari lagi), kami berhenti dulu di rumah Mang Diat (sopir + sohib bapak) untuk memperbaiki lampu sein yang rusak dan untuk membooking Mang Diat. *kayak apaan aja membooking :P bapak berkata pada Mang Diat, "malam anter ke Pangandaran yu ah.." dan obrolan selanjutnya tak bisa aku dengar lagi karena aku tak mengerti kemana arah pembicaraan mereka. yang kutahu hanya mengenai pesangon dan Pangandaran. setelah lampu sein selesai diperbaiki, kami pun melanjutkan perjalanan. aku pun bertanya pada bapak. (S: Syifa, B: Bapak)
S: ngambil pesangonnya kemana?
B: ke Pangandaran.
S: kok ke Pangandaran sih. jauh amat.
B: ya gak tahu Bapak juga. undangannya ke sana.
S: nginep dong? di hotel dong?
B: ya iya..
S: ikuuut.....
B: emang Eneng belum pernah ke Pangandaran?
S: belum lah. kapan coba Eneng ke Pangandaran.
B: hmm... ya ayo aja. tapi ya gak enak dong kalau nanti malam Eneng ikut mah. ini kan urusan kerjaan, resmi lagi. nanti aja sama Uung, sama Dayah, sama Dede ke Pangandarannya.
S: "(-___-)3

aku jadi teringat dulu waktu aku masih kecil. mamah akan pergi study tour bersama murid-muridnya, dan aku akan ditinggalkannya. aku merengek ingin ikut. sampai-sampai waktu mamah pergi pun aku tetap cemberut, tapi gak nangis loh. alasan mamah tidak ingin membawaku ikut dengannya adalah karena study tour itu khusus diperuntukkan untuk murid. guru yang ditunjuk untuk ikut pun hanya beberapa, dan benar-benar ditugaskan untuk membimbing dan mengawasi anak muridnya. makanya dilarang membawa serta anggota keluarga, apalagi anaknya yang masih kecil karena ditakutkan mengganggu konsentrasi para guru pada murid. nanti bukannya membimbing dan mengawasi murid, ini malah asyik sendiri piknik dengan keluarga. mamah juga bilang nanti ada saatnya tour keluarga besar SMP. nah kalau acara itu aku baru boleh ikut. mamah sampai berkali-kali meminta pengertian dariku bahwa dia harus bekerja seprofesional mungkin. dia harus komit pada aturan yang sudah ditetapkan pihak SMP. ya sudahlah akhirnya aku pasrah. mamahku pun pergi. aku sendiri. higs..
pulangnya... malam hari... mamah membawakanku oleh-oleh boneka kelinci berwarna kuning. yang dengan bangganya dia ceritakan bahwa boneka itu dia beli hanya dengan uang Rp 5.000,- saja, itu adalah hasil tawar-menawar alot dari harga semula Rp 20.000,-. waa... gak tahu deh dulu ekspresiku senang atau datar saja ya. hehehe.. sekarang bonekanya sudah berada di lain tangan.
setelah mengeluarkan berbagai macam oleh-oleh yang mamah bawa, mamah lalu cerita sesuatu. begini ceritanya.... "tadi itu ternyata si Ibu Anu bawa anaknya, si Neneng dan si Nining. si Ibu Ani juga... bawa suaminya. terus si Ibu Ane juga, bawa batitanya. huh.. katanya jangan bawa anak, jangan bawa keluarga, tapi kok malah seRT dibawain. katanya kemarin waktu peraturan dibuat semuanya setuju, tapi kok nyatanya malah pada melanggar. tahu gitu mah ya mamah juga bakal bawa Eneng. ini mah udah ngorbanin Eneng ya.. eeh yang lain dengan seenaknya bawa-bawa anak, suami, istri mereka. enak mereka kan.. semuanya gratis. huh.. sebal! lain kali mah mamah bakal bawa Eneng sama Dede juga deh. bodo amat sama peraturan-peraturan yang nyatanya banyak yang melanggar." --> semuanya nama samaran.

baik bapak maupun mamah, keduanya sama. sangat patuh pada aturan, pada tata tertib, sangat memperhatikan sekitar atau 'tidak enakan'. yakin deh diantara 40 kepala desa-kepala desa yang sudah lengser yang malam ini sedang menuju ke Pangandaran juga bakal kayak cerita mamah di atas. pasti akan ada saja orang yang menggondol anggota keluarganya. yakin deh! gak percaya?? kita tunggu saja cerita bapak ketika pulang nanti.

secara keseluruhan, walaupun gendok, dongkol, kesal gara-gara gak pernah diajakin kemana-mana sama orang tua, setiap ingin jalan-jalan pasti disuruh jalan-jalan sendiri saja tanpa mereka, mereka selalu sibuk dan terlalu komit pada pekerjaan, tapi... AKU SALUT pada mereka! jiwa seperti mereka lah yang dibutuhkan oleh negara kita. komitmen seperti mereka lah yang harus dipupuk pada insan-insan di bumi Indonesia. tinggalkan anak, tinggalkan keluarga demi menunaikan kewajiban tanpa meninggalkan kewajiban! love u, Mom.. love u, Dad.. banyak hal yang aku dapatkan dari kalian. tanpa banyak kata, aku mengerti bahwa kalian telah banyak berkorban demi semuanya :*

by. si Famysa, pengen ikut bapak :( 

11 komentar:

  1. kenapa akta kelahirannya disimpan dikepala desa ? kalau aku disimpan masing2

    BalasHapus
  2. bapaknya kan emang kepala desa (tapi tinggal 23 hari lagi tugas akhirnya), Tan :D makanya udah mau ngambil pesangon.

    BalasHapus
  3. hahahaa...bagus dong itu syif...taat kewajiban...wkwkwk
    harusnya kamu mewarisi ketaatan ituu...wkwkwwk
    eh aku lama ga mampir sini yah say...kangeeenn...

    BalasHapus
  4. Gak papa tuh neng,
    bapaknya kan kepala desa,
    bisa diatur
    heheh

    BalasHapus
  5. hayhay neng aku mampir,senyum donk kan bpak tatib mknya eneng harus bngga sama bpak.

    BalasHapus
  6. hayhay neng aku mampir,senyum donk kan bpak tatib mknya eneng harus bngga sama bpak.

    BalasHapus
  7. @Mba Nick: bahkan mungkin aku ketaatanku sekarang berlebihan, Mba. hhehe
    kangen jugaa.. :*

    @Mharjipes: maksudnya? :S

    @Kak Tia: senyuuum :)

    BalasHapus
  8. ahahahaaai baru tau kalo bapaknya syifa tu kades. asik dunk...
    ehem2...ngomong2 soal aturan kayak tadi tuu udah sering terjadi deh. tapi cuek aja tuh (soalnya gak ngalami langsung sih -_-")

    BalasHapus
  9. ahahahaaai baru tau kalo bapaknya syifa tu kades. asik dunk...
    ehem2...ngomong2 soal aturan kayak tadi tuu udah sering terjadi deh. tapi cuek aja tuh (soalnya gak ngalami langsung sih -_-")

    BalasHapus
  10. ahahahaaai baru tau kalo bapaknya syifa tu kades. asik dunk...
    ehem2...ngomong2 soal aturan kayak tadi tuu udah sering terjadi deh. tapi cuek aja tuh (soalnya gak ngalami langsung sih -_-")

    BalasHapus
  11. beuuh aku mah ya saking apanyaaa makanya ngepost ini. :D

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend