Jumat, 10 April 2015

Cara Menanggapi Curhatan Orang Lain

Jadi, aku gak suka sama orang yang kalau curhat total banget, pakai nangis segala, eh giliran aku curhat ekspresinya datar. Atau orang yang kalau kita lagi ngomongin tentang dia, kerjaannya, kisah masa lalunya, hatinya, dll, itu bisa curhat sampai malam, eh tapi giliran aku curhat, dia nanggapin sambil lalu, sambil main hp pula. Jleb deh. Sakitnya tuh di sini :(

Kayaknya aku ini tipe orang yang sering dicurhatin orang lain. Entah itu sama teman biasa, teman dekat, sahabat, keluarga, tetangga, bahkan orang yang baru ketemu di bis pun tak jarang suka pada curhat ke aku. Hmm, apakah aku ini punya wajah seorang psikolog? Atau kenapa ya? Kok banyak yang buang keluh-kesahnya ke aku? Kan katanya, kata banyak teman, aku ini judes, jutek, gak asyik. Tapi tetep aja jadi tempat curhatnya mereka. Kumaha sih, haha..

Mungkin teman-teman pembaca juga ada yang kayak aku, jadi ‘tempat sampah’ banyak orang, heuu.. Nah, biasanya nih, apa yang teman-teman rasakan kalau kita ‘si tempat sampah’ gak dianggap waktu curhat ke orang lain? Apa lebih memilih diam, memendam sendiri, lalu curhatnya di blog kayak aku? Atau gimana?

Yaa, gara-gara pengalaman sendiri, aku jadi kepikiran pengen nulis tentang ini. Walaupun tidak terlalu berguna, setidaknya bisa saling mengingatkan lah yaa tentang cara menanggapi curhatan orang lain :D Ini mah berdasarkan pengalaman pribadi aja, gak ada cuplikan dari mbah gugel, dari buku, apalagi dari kuliahan :P

Bayangkan kita sebagai dia (yang curhat)
Buat aku si penyuka bacaan fiksi, aku demen banget bayangin apa yang sedang aku baca seolah-olah nyata dan sedang kualami sendiri. Cara ini juga yang sering aku gunakan kalau lagi dengerin curhatan orang, ngebayangin. Gak jarang aku juga tanya detailnya, misal posisi tempat yang dia ceritakan, tokoh A, B, C yang dia ceritakan, dll. Itu supaya aku gak salah ngebayangin, supaya sedikitnya aku bisa menangkap ceritanya, jadi kan gak akan ‘jaka sembung bawa golok, gak nyambung g*bl*k’. Dengan cara ini, pasti deh kita akan ikut terbawa curhatannya.

Fokus sama dia, hindari gadget dan hal-hal lain yang mengganggu
Ini nih! Sering banget aku nemuin teman yang kalau aku lagi curhat, dianya asyik sms-an mulu sama pacar, dianya asyik maenin hp barunya, dianya asyik nonton K-drama favoritnya. Mending kalau akunya gak diperhatikan gara-gara dianya emang lagi sibuk kerja, cari duit, garap tugas/skripsi, oke lah kalau begitu mah. Lah, kalau aku dicuekin gara-gara hal yang gak terlalu penting, yang masih bisa di-replay, kan sebel. Apalagi kalau ingat waktu dia curhat dan kita selalu fokus sama curhatannya. Sisi ikhlas di hati ini jadi dipertanyakan besar, hahah.

Upayakan antusias, atur nada bicara
Coba bayangin, kita nangis depan dia, dia datar aja. Kita meluapkan kekesalan depan dia, dia datar aja. Kita cerita bahagiaaa, dia datar aja. Jadi, dia itu manusia apa tembok ya? Wkwk.. Kita mah jangan laah jadi kayak di ‘dia’ begitu. Padahal kan orang curhat sama kita itu untuk minta perhatian kita. Lha kalau kitanya gak antusias, atau sedikitnya pura-pura antusias lah ya, pasti deh orang itu bakal nyesel. Kalau kata orang Sunda mah, hanas aing carita ka sia. Gampangnya gini deh, misal dia cerita sedih, ya kita nada bicaranya rendah, seolah ikut sedih. Misal dia cerita bahagia banget, ya kita coba ikutan sumringah juga nada bicaranya.

Dengarkan dulu dia!
Biasanya, orang curhat itu ya karena emang cuma pengen curhat, cuma pengen cerita, gak pengen nerima saran, gak pengen nerima omongan orang. Kita sebagai ‘tempat sampah’ ya ada baiknya dengerin aja dulu curhatan dia sampai kelar. Baru kalau udah kelar kita boleh ngomong. Itu pun kalau respon dianya baik (nerima omongan), kalau kita ngomong, dia kayak pasang tameng (ngejawab mulu, nyangkal mulu) berarti itu mah cuma ingin didengarkan, ingin ada teman yang bisa mengerti dia.

Berikan wejangan yang sekiranya pas
Pernah aku (belum lama ini) ada masalah, aku curhat ke si A, gak taunya si A nyeritain masalahku ke orang terdekatnya (sebut aja si B). Pas aku dan si A main ke tempat si B, si B nanya kenapa aku udah 2 minggu lebih gak main ke tempatnya. Aku jawab aku kalau lagi ada masalah, lagi ada yang dipikirin, gak suka kemana-mana, maunya di rumah aja, menyendiri. Eh dengan gampangnya si B ngomong gini ‘ah kalau saya mah ada masalah enaknya pergi, main, kemana aja.’ Dan gak lama setelah ngomong gitu ke aku, si B curhat ke aku tentang masalah tetangganya, lalu bilang ‘si anu sekarang jarang keluar rumah, badannya juga kurusan, lagi ada masalah sih ya,’ dengan mimic keibaannya. Kan sedihh… Giliran aku curhat dianggap enteng, dibilang ‘ah itu mah bukan masalah’. Higs.. Kita mah jangan begitu ya teman-teman.. Cobalah berikan perkataan yang pas dengan situasinya. Atau kalau gak bisa ngomong, daripada salah ngomong, mending diam aja lah, cukup pasang mimik ikut merasakan aja.

Berikan sentuhan/pelukan kalau perlu
Biasanya sih cewek yang yang suka peluk-pelukan, hihihih… Senjata pamungkas kalau kita kehabisan kata-kata, ya bisa dengan pelukan ini. Misal dianya lagi sedih, curhat ke kita, kita peluk deh. Pun kalau dianya lagi bahagia, curhat ke kita, kita peluk juga tuh, ucapin selamat atau apa gitu. Katanya kan berbagi kesedihan akan mengurangi kesedihan, berbagi kebahagiaan akan menambah kebahagiaan :)

Kalau belum bisa empati, belajar lah untuk simpati
Intinya, nanggepin orang curhat itu… Kalau belum bisa ikut menanggung bebannya (empati), yaa sedikitnya belajar ikut merasakan (simpati) dulu deh. Merasakan senangnya atau sedihnya.

Naah, gimanaa? Gak ada salahnya kan dicoba.. Kita yang sering jadi ‘tempat sampah’ pasti banyak rejeki looh, ahaha *ayat sesat :P, tapi gapapa, buat motivasi aja, hehe..

Mangga barangkali ada tambahan lain, cems… ^^ 

by. si Famysa, tempat sampah :P

14 komentar:

  1. Intinya orang curhat yang utama igin didengarkan dahulu ya, selanjutnya kita bisa membantu atau memberikan saran jika perlu.

    BalasHapus
  2. kalo curhatnya secara langsung emang kayak gitu sih. tapi kalo melalui telepon, biasanya langsung ke poin empat. xD

    waktu SMA, sering banget jadi tempat curhat, terutama temen cewek. 'tentang gebetannya'. Tapi sekarang-sekarang ini udah sedikit, mereka mau curhat pun nggak aku peduliin. Karena ujung-ujungnya pasti nanyain, "sampe sekarang kamu kok nggak punya pacar?" dan dia udah menikah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sumpah makjleb banget, haha.. aku juga kayaknya bakal milih ga meduliin kayak kamu kalo kasusnya begitu :P

      Hapus
  3. Aku gak terlalu suka curhat...krn aku cenderung introvert.. Ttp byk orang suka curhat sama aku krn mereka anggap aku bisa pegang rahasia mereka... Menurutku sih kalau ingin curhat sama orang jangan terlalu terbuka sebab gak semua orang bisa menyelesaikan masalah...yang ada malah diceritakan lagi pada orang lain.... berabe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya bunda.. bagian itu ga kepikiran sama aku, jadi lupa ditulis :D
      aku juga introvert bun. kayaknya orang2 introvert banyak jadi pendengar yaa..

      Hapus
  4. Dulu jaman sekolah berasa bangga banget kalo ada curhat, jadi ngerasa dipercaya gitu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya mba. dan malah merasa ga punya temen kalo ga dicurhatin :P

      Hapus
  5. Kita cukup menunjukkan simpati, menyabarkan dan memberikan saran seperlunya.
    Jika curhatnya kebablasan ya kita segera menghindar dengan alasan yang logis agar tak terhanyut.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup pakde.. kalo udah terlalu over aku juga milih skip aja. hehe

      Hapus
  6. Aku suka curhat sih mbak, tp aku pilihin, nggak semuanya, hihihi.
    Ya kalau kita lg curhat trs yg dicurhatin malah sibuk sm si hp, ya udh deh, sekali itu aja, ndak lg, kembali ke diary bergembok..hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba.. kalo curhat ke semua orang, kita ember bocor dong. wkwk

      Hapus
  7. Curhat sama pemilik hati ini, inshAllah lngsung dapat solusinya.

    BalasHapus
  8. Saya juga seperti itu kasusnya. Ada yg curhat ke saya. Dan beda karakter semuanya. Kalu beda karakter, saya harus memberi saran yg sesuai dg karakter mereka apa karakter saya?
    Karena beda org beda prinsip. Takutnya malah provokasi apa gimana. Dan Selama ini saya kalau dimintai saran atau pendapat, saya masih suka jawab,"lha kalau dari kamu gimana?" soalnya yg tau tiap pribadi itu ya cuma diri sendiri
    Mungkin bisa sharing sesama Tempat Pembuangan Akhir. Hatur nuhun :)

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend