Jumat, 16 Maret 2012

Polisi, Warga dan Tilang

berlanjut setelah membicarakan Kebakaran Pujasera Subang, obrolan antara aku, temanku, dan ibu penjual soto selanjutnya adalah tentang polisi. entah sambung-menyambung dari mana, tahu-tahu kami sudah masuk pada obrolan tentang polisi saja.

"duuh, Neng, polisi-polisi sekarang mah kerjaannya teh nilang aja. sudah gak ada polisi yang benar. apalagi polisi Subang, malam Minggu masih aja rame nongkrong di jalan nyari yang bisa ditilang."
"tapi kalau setahuku sih, Bu, polisi yang ada di jalanan itu sebenarnya banpol (bantuan polisi), bukan polisi sungguhannya. kalau polisi sungguhan, apalagi lulusan Akpol mah kan ditempatinnya di kantor, bukan di jalan. namanya juga kalau polisi di jalan itu polantas (polisi lalu lintas). kasihan juga ya para polisi, citra mereka jadi buruk karena polantas-polantas itu. malam Minggu masih keluyuran mungkin polisinya juga ingin mamingan kali, Bu. atau karena dia gak punya uang buat mamingan jadinya nyari uang dulu. hahahaa"
menurutku sih ya, kenapa polisi rajin nongkrong (jaga) pas malam Minggu adalah karena pada malam Minggu memang butuh penjagaan ekstra dibanding hari-hari lain. dimana kita tahu sendiri bagaimana suasana malam Minggu. orang-orang yang selama hari Senin-Jumat, bahkan Sabtu sibuk kerja, maka mereka akan melepaskan penat di hari or malam Minggu dengan berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tercinta. pun bagi para pelajar dan mahasiswa yang selama seminggu sekolah atau kuliah, di akhir pekan itu lah waktu santai bagi mereka. maka karena banyak orang tumpah ke pusat keramaian atau bahkan pusat kesepian *loh?, polisi harus turun tangan untuk menjaga keamanan kota. barangkali terjadi apa-apa kan, namanya juga sedang bersenang-senang semua.
---
"anak ibu juga tuh kemarin ke Lembang, eh malah ditilang. untung dia punya nomor pamannya, kapolres Lembang. terus dia nelpon pamannya saja tuh. akhirnya dibebaskan juga."
si ibu ini tadi menyalahkan polisi. lah sekarang pemikiran dia juga salah dong. itu sih KKN namanya. memanfaatkan orang dalam untuk membebaskannya. padahal kalau polisi sudah menilang gitu mah ya yakin deh pasti memang si pengendara kendaraan melakukan kesalahan. seburuk-buruknya polisi juga pasti melihat kesalahan dulu sebelum mengambil kesempatan. masa iya kita tidak salah apa-apa tiba-tiba ditilang. bodoh itu sih namanya yang melilang dan yang ditilangnya.
---
"kemarin ada anak SMA yang ditilang, sampai nangis-nangis anaknya. kasihaaan teh ibu lihatnya. mana sudah siang. sudah pasti dia telat masuk sekolahnya itu mah. padahal cuma gara-gara dia boncengin teman, dan temannya itu gak pakai helm. padahal mah ya biarin saja atuh ya anak-anak sekolah mah bawa motor gak pakai helm juga. namanya juga masih sekolah ini."
":)"
ini apalagi, pemikirannya semakin salah kaprah. helm diwajibkan bukan semata-mata untuk melindungi pengendara motor dari tilang polisi, tetapi untuk keselamatan pengendara pribadi. bagian yang paling rawan dari manusia adalah bagian kepala. kita cuplik pepatah seperti ini deh 'kalau belum bisa menjaga semuanya, ya minimal-minimalnya nya jaga kepala-kepalanya dulu saja deh'. tapi ini sih si ibunya malah berpikir terbalik. bagaimana jika misalnya anaknya atau siapanya meninggal karena terluka parah di kepala akibat kecelakaan lalu lintas dan dia tidak memakai helm? mungkin jika itu sudah tejadi baru deh si ibu bisa sadar pentingnya helm kali ya.
terus nih.. aturan sebenarnya juga kan kendaraan bermotor bukan untuk anak di bawah umur. nah kalau anak SMP-SMA, apakah mereka sudah mencukupi umurnya? belum kan.. yaa walaupun ada beberapa anak SMA yang sudah berusia 17 tahun (cukup umur). dari sisi usia saja anak-anak itu sudah jelas salah. apalagi ditambah tidak memakai helm. padahal helm kan bukan diwajibkan untuk pengendara saja, tapi penumpang juga. terlebih lagi jika daerah tersebut adalah kawasan tertib lalu lintas. ya wajib pakai helm dong.
nah, lalu jika semua orang berpikiran seperti si ibu ini, apakah semua peraturan lalu lintas yang ada di Indonesia memang untuk dilanggar gitu ya? ckck... gimana mau jadi negara maju... taat aturan saja masih belum bisa. 

yu mari ahh kita belajar untuk selalu menaati peraturan berlalu lintas! ;)

by. si Famysa, WNI yang baik

18 komentar:

  1. keren! dukung tertib lalu lintaaas... jarak dekat juga pake helm yaaaa

    BalasHapus
  2. hahaha.... itu ibu penjual soto apa komentator bola...??? Rame banget ceritanya... hahaha

    BalasHapus
  3. anyeeep ... om gw polisi di Subang dan doi baik n bersih #kayaknya hhehhe tapi semoga aja

    nah itu dia masih banyak orang yang memakai helm karena takut polisi bukan takut dengan ketidakamanan serta kurang safety-nya ckckck

    BalasHapus
  4. Hahaha...padahal dulu aku bikin SIM nya pas umur 16 tahun. Tapi pas ditangkap polisi gak ditanyain tuh kok umurnya mbaknya masih 16 udah bisa dapet SIM.

    BalasHapus
  5. @Mulki: iya ayo laksanakan! :D

    @zhi: biasalah ibu2 suka ngerumpi :D

    @Tiara: iye bener. masa gw diledekin sama tetangga gara2 pake helm ke pasar doang --"

    @Dita: SIM tes atau SIM kolektif tuh? soalnya kalo di tempatku umur 16th emang ada juga yang boleh, tapi harus SIM kolektif dari sekolah, kalo pribadi gag bisa.

    BalasHapus
  6. Artikel bagus nih :), apalagi akhir-akhir ini pencitraan polisi sedang banyak diekspos, yang ganteng lah, yang bisa nyanyi, yang langsung lupa kerjaannya, yang cuma nyari orang ditilang, dll. Gak semua polisi seperti itu.

    BalasHapus
  7. nice share.. :).
    emang gak semua polisi itu "buruk" citranya hehe.. aku juga pernah ditilang gara2 lupa gak pake helm hihi *bego bgt*
    terus.. aku ngakak, pas kata2 : nyari yang bisa ditilang wkwkkw.. nyari kesempatan dong.. lucu sumpah bacanya :)).

    BalasHapus
  8. @Youko: huum, gag semua polisi buruk. cuma sayangnya yang buruknya yang sering diekspos. jadinya yang baik kagak keliatan deh --"

    @ngenesgilak: wa..wa..wadduh.. :D
    kalo aku sih alhamdulillah yah sekarang sudah sadar akan pentingnya helm, bukan sekedar untuk taat aturab ternyata :)

    BalasHapus
  9. dulu aku juga mikirnya pake helm supaya ngga ditangkap polisi hikss....

    ditempatku suka ada polisi yg ngumpet...kalo ada yg ngga pake helm langsung ditangkep hihihi....

    BalasHapus
  10. sekarang pun ABG gitu naik angkutan umum juga pada make helm kog,trauma kali ya,takut ditilang polisi lagi.

    BalasHapus
  11. wihihi canggih tuh polisinya tante :D

    BalasHapus
  12. @de hoppus: bwahaha temenku juga ada yang kayak gitu. nebeng mobil temen tapi tetep pake helm :D

    BalasHapus
  13. Wiiiih makin sadar lalu lintas, bener bukan cuma untuk hindari tilang untuk safeti juga..

    BalasHapus
  14. kunjungan sob ..:)
    sukses selalu ..

    BalasHapus
  15. kunjungan balik sob :)
    salam sukses selalu :)

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend