Selasa, 17 Desember 2013

Waspada Penipuan Nagoya Seluler

beberapa hari yang lalu, aku berchatting ria dengan Teh Mpit via FB. isi chattingnya seperti ini... (dengan sedikit moderasi tanpa menghilangkan isi percakapannya)

Teh Mpit: Maaf Syifa mau nanya, Syifa kenal sama akun FB Nagoya Seluler?
aku: berteman, Teh, tapi gak tahu siapa. kenapa Teh?
note: aku memang banyak berteman di FB dengan orang baru. ada orang baru yang meng-add, pasti akan aku confirm. alasannya karena aku jualan di FB. barangkali orang baru yang menga-add itu orang yang mau beli kan.. siapa tahuu... makanya selalu aku confirm siapapun.
Teh Mpit: soalnya dilihat tuh kayak akun teman Syifa yang dibajak. Teteh lihat Syifa pernah nulis di kronologi dia.
aku: iya gitu Teh? Syifa pernah nulis apa emang? perasaan gak pernah deh. orang foto-foto yang dia tag aja Syifa sembunyiin terus.
Teh Mpit: Teteh lihat tuh sekitar tahun 2011-an. soalnya teman Teteh ada yang mau beli kamera, takutnya penipuan. nama teman kamu yang dibajak akunnya tuh Helmi kayaknya..
aku: terus berubah jadi Nagoya Seluler gitu Teh? iya sih ada teman Syifa yang namanya Helmi yang akunnya bermasalah. tapi dia gak bilang kalau dibajak.
Teh Mpit: coba Syifa tanyain ke Helmi. emang Helmi tinggalnya di Batam ya?
note: di bionya Nagoya Seluler, dia tinggal di Batam
aku: Helmi tinggal di Semarang, Teh. bareng sama Syifa kuliah di Undip.
Teh Mpit: coba Syifa buka akun Nagoya Seluler, terus lihat kronologinya tahun 2011...

dan ternyata setelah aku kepoin itu akun..... 
jeng... jeng... jeeeengg.....
ini dia hasil investigasnya!!
FB Nagoya Seluler, no hp: 085397613377 pin BB: 2397D22E (itu pun kalau belum ganti :P)
aku dan Nagoya Seluler memiliki 275 teman yang sama. weww 275 cooy!! banyak banget kaan... ya jelas saja banyak, orang itu kan teman-temannya Helmi, temannya aku juga. -_-
setelah aku kepoin, aku print screen hal-hal janggal untuk bukti, langsung saja aku hapus pertemanan dengan Nagoya Seluler. kenapa gak langsung blokir? soalnya aku masih ingin kepoin perkembangannya. hahaha... beda dengan Teh Mpit, begitu Teh Mpit berkoar-koar tentang Nagoya Seluler, Teh Mpit langsung diblokir oleh Nagoya Seluler. wihihiii takut rahasianya kebongkar yee bang? makanye ngeblokir duluan :P
FYI sob, kalau kamu berteman dengan Nagoya Seluler, setiap hari dia bisa menandai kamu foto minimal 3 foto. kalau saja aku tidak mengaktifkan penyaring foto dll, ya sudah lah, pasti FBku juga penuh dengan foto-fotonya Nagoya Seluler.
teruuus... komentar-komentar di Nagoya Seluler itu kelihatan fiktif banget. komentarnya seragam, dengan nada yang nyaris sama. teman-teman yang penasaran langsung saja kepoin Nagoya Seluler ya.. sengaja tidak aku print screen juga supaya teman-teman melihat dan menilai sendiri..
oh ya, barang yang dijual oleh Nagoya Seluler adalah barang-barang elektronik seperti hp dan kamera. harga yang ditawarkan murah-murah banget cuy.. di bawah harga pasaran. pantas saja kalau banyak orang tergiur dan tertipu yaa... ckck...
FB Teh Mpit, Fitri Yulia Sugandi
akun FB Helmi yang baru --> Helmi Nugroho
FB Deni Karsa Sondana
mana ada sih orang yang memulai bisnisnya dengan membajak akun FB orang lain, jika memang ia pebisnis yang baik? memangnya susah membuat FB sehingga dia membajak akun orang lain? *silahkan dipikirkan :)

then, buat sobat yang suka belanja online, tetap waspada saja yaa... 
hati-hati terhadap online shop yang menawarkan harga murah, bahkan di bawah rata-rata harga pasaran. mungkin itu barang Black Market (BM), penipuan, atau kualitas barang yang memang rendah. 
hati-hati terhadap online shop yang terlihat fiktif. cermati komentar-komentarnya, teman-temannya, dan timelinenya. kalau perlu cermati ke awal berdirinya akun itu.
pokoknya teliti sebelum membeli deh.. jadilah pembeli yang cerdas, yang pantang kena tipu-tipuan! jangan langsung tergiur oleh harga yang murah sob!

oh ya, waspada juga pada keamanan akun media sosial yang kalian miliki sob.. pastikan kalau akun kalian benar-benar terlindungi oleh fasilitas keamanan yang ditawarkan. jangan sampai kalian menjadi Helmi-Helmi yang lain :D
kalau pun akun kalian terancam bahaya, segera perbaiki kalau bisa. kalau tidak bisa, segera umumkan pada orang lain agar orang lain tahu dan tidak mengira itu kamu..

bantu sebarkan info ini yaa... jangan biarkan temanmu kena tipu online shop palsu juga :)

by. si Famysa, smart shopper ;)

10 komentar:

  1. ane baru 2 kali belanja online. Itu pun cuma beli CD software di toko yg sama dan terpercaya. Kok tahu terpercaya? Karena bagian dari UI (Universitas Indonesia) hehehe

    BalasHapus
  2. Wah kayanya cuma beredar di tempatmu aja kali ya? di Jogja belum santer terdengar. Hehehe. terima kasih peringatannya =)

    BalasHapus
  3. modus modusnya hampir mirip ya dengan aku lain yg mau memanfaatkan fb utk kpentingan pribadinya, tentu dengan mengorbankan org lain sbg keuntunganya

    BalasHapus
  4. memang harus hati-hati tuh. nagoya itu adalah salah satu tempat berbelanja yang asyik sebenarnya di pulau batam, istilahnya pasar lama yang rame juga sih, dan di sana memang banyak dijual barang-barang yang kita cari dengan harga miring. tapi penipuan online bisa dengan nama apa aja. yang penting kita harus waspada :)

    BalasHapus
  5. Trims infonya. Biasanya juga sering beli online, dan alhamdulillah masih bertransaksi dengan orang-orang yang jujur :)

    BalasHapus
  6. @edisipertama: kalo gitu bagian dari UI bisa recomended tuh. hihi :D

    @Asma: wah yaa jangan sampe dia ekspansi ke jogja juga mba.. heuheu

    @Yayack: iyaa begitulah :)

    @habibi: ooh gitu kang.. thanks tambahan infonya :)

    @Qhe: alhamdulillah yaa :)

    BalasHapus
  7. makin banyaaak aja ya yang suka nipu-nipu beginiii :D...hiks hiiiks...

    BalasHapus
  8. yup bener banget.. harus hati2..

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend