Senin, 30 Desember 2013

Ki Tambleg, Ikon Konservasi Kabupaten Subang

Sudah lihat ki tambleg sebelumnya? Kalau belum mangga diklik dulu yang ini :) --> ki tambleg di Wisma Karya dan ki tambleg di Desa Manyingsal.

Nah yang di sini niiih ki tambleg di Perum Sang Hyang Seri Ciasem. Di sana juga ada tiga pohon. Pertama masuk ke area perum, mataku langsung tertuju ke sebelah kanan, itu ki tambleeeg!! Letaknya ada di belakang rumah, di dekat kebun bercocok tanam. Besaaaar sekali. Lewatnya saja merinding, itu pohon raksasa bener. Hahaa... Aku juga sampai bingung harus mengambil foto dari sudut mana. Akhirnya aku meminta izin pada bapak pemilik kebun, dan blusukan demi mengambil foto ki tambleg. Hehe...

Kata bapak pemilik kebun, pohon yang di dekat kebunnya lah yang paling besar. Penduduk setempat menyebutnya pohon asem buta. Karena buahnya yang asam dan pohonnya yang sebesar buta (mungkin buta ijo). Dari jauh, buahnya terlihat seperti buah campedak. Kata bapak pemilik kebun lagi, buahnya sebesar pepaya. Sayang kamera tidak bisa menangkapnya karena letak buahnya terlalu tinggi. Sejak dilakukan penelitian terhadap ki tambleg, jadi banyak orang rebutan buah dan benih ki tambleg loh.. Katanya ki tambleg berkhasiat dari ujung akar sampai ujung daun.

Pohon yang kedua berada di dekat lapang perum, di belakang puskesmas perum. Pohonnya cantik, benar-benar seperti bonsai. Andai itu memang bonsai sudah pasti kan kubawa pulang deh :D Pohon kedua ini dipagari, dan di sana ada batu pengesahan ikon konservasi dari Universitas Indonesia. Difoto dari berbagai sudut pun, pohon yang kedua tetap cantik. View pohon kedua memang yang paling enak untuk foto-foto.

Pohon yang ketiga tidak sengaja aku temukan. Ketika aku sudah akan pulang sambil mengitari sekeliling perum, eeh di salah satu sudut perum ada lagi ki tambleg. Beruntungnya aku... Di pohon ketiga aku bisa melihat bunga ki tambleg. Bunganya... Aah, cantik dan besar sekalii. Bunganya seperti bunga jambu air tapi yang ini versi raksasa. Atau mirip juga dengan ubur-ubur :)
the biggest ki tambleg in Perum Sang Hyang Seri & the biggest i ever seen
pohon kedua
pohon ketiga
bunga ki tambleg, dengan background batang ki tambleg
Mohon doanya yaa temaan... Ketiga postingan Ki Tambleg, Ikon Konservasi Kabupaten Subang ini diikutsertakan dalam #LombaFotoKiTambleg :)

Ayo siapa yang mau bertemu ki tambleg di Subang? Yuk wisata ke Subang dong ah! ;)

Lokasi: Perum Sang Hyang Seri, Ciasem, Subang
Waktu pengambilan foto: Kamis, 26 Desember 2013 / +/- pukul 13.00-14.00 WIB
Kamera: digital camera Nikon & SLR Nikon

Fotografer: Syifa Azmy Khoirunnisa
Alamat: Sakurip Desa Tanjung RT 07/03 Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang
No. Hp: 08997185407
Status: Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Universitas Diponegoro
Twitter: @famysa_

23 komentar:

  1. semoga menang ya Syifa, fotonya baguuuss....

    BalasHapus
  2. wahhhhh.... jadi pengen ke subang tapi sibuk....

    BalasHapus
  3. Cipunagara Kabupaten Subang..??? saya pernah kesana. hanya Lewat. hehe

    BalasHapus
  4. @mba uniek: aamiin... makasih doanya yo mak :)

    @anugrah: kalo udah ga sibuk ditunggu loh ;)

    @mom lid: iya tantee

    @anak sma: kapan2 mampir lah. hehe

    BalasHapus
  5. Good luck ya dear! Nice pictures :)

    BalasHapus
  6. wah.. boleh nih, kapan2 maen ke subang.
    mau liat siapa itu? tambleh?
    :D

    BalasHapus
  7. Semoga berjaya di kontes ini ya, syifa.

    BalasHapus
  8. wah besar sekali pasti tua umurnya

    BalasHapus
  9. eh, itu bunga ya? tapi mirip juga dengan jamur ya?! hehe

    BalasHapus
  10. saya kirain jamur, ternyata bunga :)

    BalasHapus
  11. wah, uniknya. aku baru lihat lho. good luck ya buat lombanya :)

    BalasHapus
  12. @tante susi: sayangnya belum beruntung menang tante. hehe

    @joe: iyaa :D

    @penghuni 60: menang buat diri sendiri :D

    @habibi daeng: iya juga ya. hee

    @kekanai: iya tantee padahal itu bunga. hee

    @kak indi: sama kak aku juga baru liat loh. hee
    thanks kak ndi :)

    BalasHapus
  13. Good luck ya dear! Nice pictures :)

    BalasHapus
  14. Semoga berjaya di kontes ini ya

    BalasHapus
  15. wow boleh nih, kapan2 maen ke subang.

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend