Sabtu, 28 Desember 2013

Ki Tambleg, Ikon Konservasi Kabupaten Subang

Begitu tahu ada lomba foto ki tambleg yang dipublikasikan oleh @inposbg, aku langsuuung bertanya ke Mbah Google bagaimana wujud si aki tersebut. Aku berselancar ke sana-ke mari mencari kediamannya. Setelah tahu siapa itu ki tambleg dan dimana saja ia tinggal, rencana mendadak pulang pun segera diagendakan. Padahal baru seminggu sebelumnya aku pulang, eeh hari Rabu kemarin aku nekat pulang lagi hanya demi ki tambleg yang membuatku penasaran.

berbekal foto ki tambleg yang kudownload dari internet, informasi kediamanannya yang sudah kucatat, kamera digital & SLR pinjaman, serta tekad yang sekuat baja, meluncur lah aku ke Subang. 
Sebelumnya kuceritakan dulu niat hunting foto ki tambleg pada mamah. Mamah bertanya-tanya, siapa itu ki tambleg? Mamah tidak pernah mendengar nama pohon itu sebelumnya. Namun setelah kuceritakan ciri-cirinya, mamah bilang mungkin mamah pernah melihatnya di Perum Sang Hyang Seri Ciasem dan di Desa Manyingsal. Bingo!! Pas seperti informasi yang kudapat dari internet, dan mamah sendiri pernah melihatnya. Maka tidak usah diragukan lagi, di dua tempat itu pasti akan kutemukan ki tambleg. Lalu bagaimana dengan Wisma Karya? Di sebelah mana ki tamblegnya berada? Aku dan mamah tidak pernah melihatnya di sana.

Daripada terus memendam penasaran, lebih baik aku membuktikannya sendiri. Lokasi pertama yang menjadi target perburuan adalah Wisma Karya Subang. Dan ini lah hasilnya... Ki tambleg anak-anak ada di sana. Hihihi...
 
Benar kata mamah, pohon ki tambleg memang mirip dengan pohon randu/kapuk. Bedanya, daun ki tambleg lebih bulat dan gemuk, sedangkan daun randu/kapuk panjang. Serta batang pohon ki tambleg berkali-kali lebih gemuk dari pohon randu/kapuk. Epidermis batang pohon ki tambleg juga halus, tidak kasar dan bersisik seperti pohon lainnya. Warnanya abu kehitaman. Gagah sekali. Apalagi kalau sudah besar, sepertinya ki tambleg yang di Wisma Karya akan menyeramkan nan eksotis. Kata mamah juga, pohon ki tambleg seperti bonsai raksasa. Indah dan nyeni.

Mau tahu pohon Ki Tambleg lainnya? Mau tahu yang lebih besar? Simak terus postingan berikutnya yaa :D

Lokasi: Wisma Karya, Subang
Waktu pengambilan foto: Kamis, 26 Desember 2013 / +/- pukul 10.00-10.30 WIB & Sabtu, 28 Desember 2013 / +/- pukul 09.45-10.10 WIB
Kamera: digital camera Nikon & SLR Nikon

Fotografer: Syifa Azmy Khoirunnisa
Alamat: Sakurip Desa Tanjung RT 07/03 Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang
No. Hp: 08997185407
Status: Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Universitas Diponegoro
Twitter: @famysa_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend