Senin, 30 Desember 2013

Ki Tambleg, Ikon Konservasi Kabupaten Subang

Setelah hunting ki tambleg di Wisma Karya, perburuan selanjutnya adalah ke Perum Sang Hyang Seri Ciasem. Dan keesokan harinya ke Desa Manyingsal. Nah kali inii, di postingan kedua ki tambleg, aku akan berbagi foto di Desa Manyingsal terlebih dahulu. Ki Tambleg di Perum Sang Hyang Seri diskip dulu untuk ditampilkan di postingan berikutnya, biar surprise :)

Pertama kali memasuki Desa Manyingsal, aku disambut oleh tiga pohon ki tambleg yang berjejer cantik di pinggir jalan. Ketiganya besar-besar. Namun sayangnya ada satu pohon yang tidak bisa kutampilkan fotonya di sini karena di satu pohon itu ada tukang bakso yang sedang mangkal, ada sampah, dan ada banyak bekas tebangan di sana-sini. Pohon yang ketiga jadi terlihat kecil dan kotor. Selain pohon ketiga, pohon pertama dan kedua juga ditempeli oleh poster-poster caleg. Aduuh, Pak, Bu.. kampanye mbok yo di tempatnya thoo... Ki tambleg kan sudah jadi ikon konservasi Kabupaten Subang, masa iya dipakai space untuk kampanye.
 
ketiga pohon ki tambleg berjejer cantik

Oh ya, nama bahasa Indonesianya pohon ki tambleg adalah baobab. Nama latinnya adalah adonsonia digitata. Pohon ini berasal dari Afrika dan Australia. Di Indonesia banyak tumbuh, terutama di Kabupaten Subang. Makanya dijadikan ikon konservasi Kabupaten Subang. Bahkan, ki tambleg yang di Universitas Indonesia juga dibawa dari Subang loh. Hebat yaa, Subang... kudu bangga yeuh jadi urang Subang boga ki tambleg! :) Jika dilihat sekilas, ki tambleg ini mirip dengan pohon oak. Tinggi, besar, bentuk daunnya seperti bunga, rimbun, seram, eksotis. Tapiii... kalau dilihat lagi ya jelas beda. Epidermis batang ki tambleg halus, tidak bersisik seperti batang pohon oak. Daun pohon oak juga lebih besar dari daun ki tambleg.

Sudah puas atau masih penasaran dengan ki tambleg berikutnya niiih? :D Masih ada satu postingan ki tambleg looh.. Yang paling besar bakal ada di sana. Simak terus yaa! ;)

Lokasi: Desa Manyingsal, Cipunagara, Subang
Waktu pengambilan foto: Jumat, 27 Desember 2013 / +/- pukul 11.00-12.30 WIB
Kamera: digital camera Nikon & SLR Nikon

Fotografer: Syifa Azmy Khoirunnisa
Alamat: Sakurip Desa Tanjung RT 07/03 Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang
No. Hp: 08997185407
Status: Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Universitas Diponegoro
Twitter: @famysa_

8 komentar:

  1. waah ayo ke cipunagara lagi tantee :D

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasinya gan, sukses selalu

    BalasHapus
  3. artikelnya di atas sangat menarik dan telah banyak memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat. Terimakasih

    BalasHapus
  4. aku belum ke cipunagar nih .. :D

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend