Rabu, 18 Mei 2011

Let's Go Veggie!

isinya 2 buah Indomie Vegan & snack
beberapa hari yang lalu waktu aku jalan-jalan sendiri di Malioboro, Jogja, iseng aku masuk ke Mal Malioboro. eehh ternyata di lantai dasar langsung disambut oleh Talkshow Earth Festival 2011. dikarenakan akunya juga kepengen duduk (karena capek habis muter-muter sendirian), maka duduklah aku di bangku jajaran kedua. awalnya sih aku gak terlalu tertarik untuk mendengarkan pemaparan penyaji, tapi setelah beberapa saat, mulai seru juga nih talkshownya, ditambah lagi dengan dibagikannya bungkusan Indomie Vegan. aku jadi semakin tertahan untuk tetap duduk dan menyimak. hehe... *ya iya lah... masa iya setelah duduk sebentar, dikasih 'berkat' langsung pergi lagi.. nanti dikiranya aku cuma pengen 'berkat'nya aja donk.. hhoo
finally aku stay tone di tempat, dan inilah oleh-olehnya....
pembicara, yaitu Drg. Chindy Tanjung, Prof. Dr. Ir. Prasasto Satwiko, M.BSc., Ph.D dan satu laginya aku lupa mencatat namanya. pokoknya Bapak Harry yang punya SD Karangturi di Semarang deh. hehe.. membagikan ilmunya pada kita mengenai pentingnya makan sayur dan buah.
tahukah kalian, teman??? bahwa jika kita banyak mengonsumsi daging, itu berarti kita membantu proses Global Warming. apa kaitannya banyak makan daging dengan Global Warming?? jawabannya, kita banyak makan daging = semakin banyak hewan yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan daging = banyak emisi dari hewan-hewan tersebut yang mengandung CO2 = Global Warming! mengerti kan maksudnya? mengerti doonk... hehe.. (silahkan bisa dicari sendiri lebih lengkapnya di Mbah Google).
salah satu cara agar kita mau jadi vegetarian/vegan/veggie adalah PAKSA! paksa agar kita makan sayur dan buah, paksa agar suka tidak suka ya harus makan sayur dan buah, paksa dari sekarang! tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu kebaikan.
teman-teman juga bisa melihat perbedaan antara vegan dan bukan vegan. pastinya vegan lebih sehat daripada bukan vegan. artis-artis yang memiliki tubuh aduhai, cantik, ganteng, kebanyakan mereka juga vegan loohh... contohnya Avril Lavigne, Jason Miraz, Kareena Kapoor, Bill Clinton juga! dll....
seperti ketiga penyaji, mereka pun memaksakan diri mereka agar berVEGAN. anak-anak mereka pun mereka paksa, karena memang anak-anak kan awalnya harus dipaksa. dengan keterpaksaan, lama-lama akan jadi kebiasaan, setelah itu barulah timbul menjadi kebutuhan. ada juga kiat-kiat dari Bapak Harry, beliau menerapkan Meat Free Monday di sekolah dan juga di rumahnya. di sekolah, sosialisasi benar-benar digalakkan pada para siswa dan guru. tak lupa juga kepada kantin sekolah agar pada hari Senin jangan ada yang memasak makanan berdaging. selain bervegan setiap hari Senin, sarapan nondaging di sekolah, SD Karangturi pun melatih siswa-siswanya untuk menanam dan merawat benih sayuran. *wah asyik yaa.... 
lain lagi dengan di rumahnya.. beliau menerapkan Meat Free Monday di rumah sebagai langkah awal percobaan. awalnya seminggu sekali yaitu setiap hari Senin, kemudian dua kali seminggu, kemudian lima kali seminggu hingga sekarang. anak-anaknya pun kini mulai terbiasa dengan kebiasaan vegetarian. terbukti kan, dengan memaksa! ;D
sadar tak sadar, ternyata aku kok jadi keingetan mamahku. beruntung banget ada mamah. beruntung banget dulu juga aku dipaksa makan sayur dan buah sama mamah. aku dulunya gak suka wortel, buncis,  jeruk , semangka, dll. masih banyak lagi.. tapi karena mamah maksa 'makan!' jadilah aku menjadi terbiasa memakan sayuran dan buah-buahan itu. coba kalau dulu mamah tidak pernah memaksa dan membiarkan aku memakan apapun yang aku mau dan aku suka, mungkin sekarang badanku gemuk gak ketulungan kali yaa... hhoo...
Talkshow itu juga menyajikan video bagaimana ayam-ayam, kambing, sapi, dsb. dimutilasi hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia penyuka daging. diperlihatkan bagaimana sadisnya teknologi modern yang memaksa mereka untuk cepat tumbuh besar berdaging tebal, tetapi umur mereka yang dipertaruhkan. belum lagi video ayam-ayam yang digunduli dan dimasukkan ke dalam kandang yang pengap tanpa cahaya matahari. aduuuh... kasihan banget deh. mereka tersiksa untuk kita, manusia.
ketiga penyaji menghimbau kita untuk sedari sekarang mulai berdamai dengan alam. sayangi hewan, sayangi bumi kita yang sudah tua ini. jika buminya sakit, kita mau hidup dimana lagi coba? di akhirat? Oh No... amal ibadahku masih terlalu sedikit untuk menahan siksa di alam itu kelak. *ngeriii.... atau di planet lain? *setahuku sih di Al Quran tidak disebutkan ada kehidupan manusia di planet lain. yang disebut kan hanya sebagai khalifah di bumi. bararti jika bumi sudah tidak ada, ya musnah lah sudah peradaban manusia. selain itu, penyaji juga menghimbau agar kita jangan sayang pada lidah kita, tetapi sayanglah pada tubuh kita! karena tubuh yang akan menjamin kesehatan kita, bukan lidah.
oke lah kita mungkin terlalu berat jika harus berusaha jadi vegan untuk bumi kita. mungkin kita juga tidak terlalu peduli pada bumi kita. tapi... apakah kita juga masih tidak akan peduli dengan tubuh kita? mari kita belajar jadi vegan untuk diri kita sendiri awalnya, lama-lama kita juga akan 'sedikitnya' bisa memberikan sesuatu yang berharga untuk bumi kita dengan mengurangi konsumsi daging itu sendiri. 
tentunya kita gak mau juga kan kalau anak-cucu-cicit kita kelak menyalahkan kita.. gara-gara kita, nanti mereka tidak bisa menikmati indahnya dunia. udara yang segar di pagi hari, sinar matahari yang manghangatkan tubuh, sejuknya embun pagi.. hmm.... semua itu akan hilang jika perilaku kita masih seperti ini-ini saja.
and now, let's be green, save our planet!!

 



by. sii Famysa 'vegan'

5 komentar:

  1. iyaa bener, no-meat a week kita bisa mengurangi penggunaan air amat banyak. gw pernah baca artikel tentang daging ini dimajalah vegetarian di warung vegan, emang ngeri deh.

    BalasHapus
  2. @tiara: huum.. hayu ah blajar jadi vegan!!

    @mom lid: boleh dibilang begitu :DD

    BalasHapus
  3. aduhhh...saya kalo gak makan daging lemesss... :p

    BalasHapus
  4. Huu... alesaann.... coba duluuu... hehee :D

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend