Rabu, 30 November 2011

5 Tips Sukses

oleh-oleh EQ Training by Mas Andi Kusuma

dari mana kita berasal adalah sama. namun proses yang membentuk kita lah yang membedakan kita.

  • fokus

hadirkan pikiran, hati, dan seluruh indera untuk menjadi jendela ilmu dan pintu masuknya ilmu & hikmah.
  • mempunyai tujuan yang jelas
terapkan long life concept dalam hidup kita, yaitu konsep hidup seolah-olah kita akan hidup panjang. dengan begitu kita akan penuh semangat dalam mencapai tujuan. jadikan hidup kita lebih bermakna.

  • jalani proses yang ada
ingin berubah? tinggalkan zona nyaman!

  • ambil kesempatan dan selalu jadi yang terbaik
gantungkan cita-citamu setinggi langit karena semuanya akan indah pada waktunya.

ada sebuah cerita pada poin ini, tentang seorang guru dan muridnya. begini ceritanya...
seorang murid bertanya pada gurunya, "Guru, bagaimana caranya agar saya bisa sukses?". sang guru malah balik bertanya, "siapkah kamu untuk menjalani langkah untuk sukses itu?". "siap, Guru," jawab sang murid. sang guru pun mulai memberikan arahan pada muridnya, "kamu lihat jalan setapak yang dipenuhi bunga-bunga itu? berjalanlah kamu di sana. lewati jalan setapak itu. namun ada beberapa syaratnya, yaitu kamu harus terus berjalan hingga garis finish tanpa menoleh ke belakang. kamu boleh berhenti untuk beristirahat, tetapi kamu tidak boleh menoleh apalagi mundur. lalu jika kamu menemukan satu bunga yang menurutmu paling cantik dan paling indah, petiklah bunga itu, bawa kemari." tanpa banyak kata, sang murid menganggukkan kepala tanda mengerti dan segera melaksanakan perintah gurunya. 
setelah beberapa lama berjalan, sang murid melihat bunga yang menurutnya paling cantik dan paling indah. namun ketika dia hendak memetiknya, timbul pernyataan dalam hatinya 'jangan-jangan di depan masih ada bunga yang lebih cantik dan lebih indah dari ini. ah sudah lah ini tak usah kuambil dulu'. tak lama setelah kakinya mulai melangkah lagi, dia kebingungan. dia ingin bertanya pada gurunya tetapi dia tidak boleh kembali lagi sebelum sampai garis finish. akhirnya dia kembali berjalan, dan dia pun melihat lagi bunga yang menurutnya paling cantik dan paling indah. dia sudah hampir memetiknya, tetapi lagi-lagi dia berpikir seperti pikiran sebelumnya. kemudian dia memutuskan untuk berjalan lagi. hingga lagi-lagi dia menemukan bunga yang paling cantik dan paling indah. dia ingin memetiknya, tetapi kembali dia urungkan niatnya. pikiran-pikiran itu kembali datang dan selalu datang setiap dia melihat bunga yang paling cantik dan paling indah. 
beberapa bunga yang paling cantik dan paling indah telah dia lewati. tanpa sadar ternyata dia sudah sampai di garis finish. dia kembali menemui gurunya dan memberikan laporan perjalanannya. sang guru bertanya, "mana bunga yang paling cantik dan paling indah menurutmu yang kuperintahkan untuk kau bawa kemari?" dengan sangat menyesal sang murid menjawab, "aku tidak membawanya, Guru. aku bingung setiap aku menemukan bunga itu. aku takut jika aku memetiknya ternyata di depan justru ada bunga yang lebih cantik dan lebih indah daripada yang akan kupetik itu."
apa hikmah yang dapat diambil dari cerita di atas? hikmahnya yaitu kesungguhan dalam mencapai cita-cita itu ternyata tidak cukup dengan usaha keras kita saja, tetapi bagaimana cara kita selalu mengambil dan memanfaatkan peluang yang ada. kita ibaratkan 'bunga yang paling cantik dan paling indah itu adalah peluang'. apa yang terjadi ketika sang murid terlalu takut untuk memetik bunga-bunga itu? dia tidak mendapatkan apa-apa dari perjalanannya kecuali rasa lelah. dia terlalu banyak berpikir dan takut ketika kesempatan itu justru datang menghampirinya. padahal bayangkan jika sang murid dapat mengambil minimalnya satu saja kesempatan yang datang padanya, dia pasti dapat mewujudkan cita-citanya untuk sukses.
oleh karena itu, ketika kesempatan datang, ambillah! jangan ditunda-tunda, karena kesempatan yang sama tidak akan datang dua kali ;)

  • berani
kenapa mesti takut, karena sesungguhnya kita adalah pemenang hidup. dari awal penciptaan kita hingga lahirlah kita ke dunia ini juga telah cukup membuktikan bahwa kita adalah pemenang.


filosofi daun:
hiduplah seperti daun. ketika hidup, ia berguna bagi makhluk hidup lainnya karena ia lah kita dapat menghirup oksigen secara bebas. ia tak jemu-jemu berfotosintesis demi kelangsungan hidup makhluk hidup banyak, terutama manusia. dan ketika ia gugur pun, ia membusuk, ia dapat menyuburkan tanah. :)

ACTION!
DO THE BEST!
CHANGE YOUR MIND 100%, AND PREPARE YOUR SELF TO BE A SUCCESS PEOPLE!

by. si Famysa, calon orang sukses

17 komentar:

  1. Wis pokoke kalo mau sukses jangan sombong dan jangan meremehkan orang lain. :D

    BalasHapus
  2. aseeekk boleh deh bang jurusnya dipake :D

    BalasHapus
  3. Mantab artikelnya nih,ditail banget dan mudah di mengerti..thanks tipsnya sob,,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. eeee....kapan ketemu ma mas andi kusuma???oh ya besok selasa kan ada acaranya LPM MANUNGGAL di Fisip kayaknya aku bakalan ke sana loooh

    BalasHapus
  5. hey dear,

    new arrivals is coming do check our webstore www.baju24.com for tons of cool items :)

    xox,
    www.baju24.com
    @baju24

    BalasHapus
  6. yang paling penting berani & fokus dalam memulai apa pun,karena banyak orang pintar yang kagak fokus & berani mengambil resiko
    dan hasilnya banyak orang tidak pintar malah jadi sukses :)

    BalasHapus
  7. @Dita: waktu hari minggu di seminar Bong Chandra dit. aku juga insya Allah dateng kalo bisa mbolos. hhe.. tar barengan ya ^^

    @Baju24: thanks for information :)

    @Bang Andi: yups betul banget mas :)

    BalasHapus
  8. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
    SALAM BLOGER INDONESIA..:)

    BalasHapus
  9. lam kenal juga Vira :)
    okeoke nanti saya mampir.
    makasiih.. ^^
    salam blogger Indonesia juga. hhe

    BalasHapus
  10. Aku setuju dengan tips2 nya, jempol :)

    BalasHapus
  11. Wah ada calon Mario Teguh di masa depan nih. Tipsnya bener banget, thanks udah berbagi

    BalasHapus
  12. aseeekk.. aamiin ahh :D
    sama2 kak ^^

    BalasHapus
  13. setuju dengan tips dia atas..
    tapi yang paling penting adalah action kita..

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend