Kamis, 29 Januari 2015

My New Business; SAKOLA PRINTING

Suatu hari, mamahku bercerita bahwa mamah dan suami (kusebut suami karena suaminya mamah sekarang bukan Bapaku, you know what i mean lah. hoho) memiliki rencana untuk membuka usaha baru di bidang percetakan. Nantinya juga bakal ada warnet, ada rentalan komputer, dan foto kopian. Mamah sudah mencari-cari tempat yang bisa disewa untuk lapaknya nanti. Namun suatu hari, mamah bercerita lagi bahwa rencana usaha tersebut tidak bisa direalisasikan karena terbentur modal. Untuk 1 set komputer warnet dibutuhkan dana kurang lebih 30 juta rupiah, belum lagi keperluan lainnya seperti etalase, sewa tempat, dan gaji karyawan. Modalnya tidak ada. Singkat cerita, mungkin mamah dan suami mundur perlahan dan melupakan rencananya.
Mendengar cerita mamah, aku jadi greget, karena aku memiliki cara pandang lain mengenai modal dan usaha. Lalu dengan mantap aku berkata, "Cita-cita mamah ini biar nanti Neng yang wujudkan! Neng gak perlu modal sebanyak itu buat mewujudkan impian usaha mamah. Mamah lihat aja."
Aku langsung menghubungi Ibank dan Welly. Kebetulan bulan September-Oktober lalu kami masih menganggur di rumah pasca pensiun jadi mahasiswa. Setelah merumuskan konsepnya, kami lalu memberi tahu Syiha mengenai konsep usaha ini. Ya, kami berempat -aku, Ibank, Welly, Syiha- memiliki tabungan untuk kelak mendirikan suatu usaha bersama, walaupun waktu pertama menabung kami belum tahu mau usaha apa. Hehe.. 
Alhamdulillah Syiha pun sepakat menggunakan tabungan kami untuk memulai usaha sekarang. Waktu itu tabungan kami baru ada Rp 1.600.000. Sangat jauh dengan 30 juta kan? Hahaha... Kami sih bermodal semangat, tekad, dan nekat, uang bukan lah modal utama kami. Dan dengan bangga aku perkenalkan pada teman-teman semua, ini lah usaha bersama kami, "SAKOLA PRINTING", beralamat di Dusun Sakurip Desa Tanjung RT 07 RW 03 Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang (dekat SMKN 1 Cipunagara) :D :D
Tanpa basa-basi lagi, kami langsung menyusun strategi bagaimana caranya memulai usaha kami. Hal pertama yang kami lakukan adalah mengumpulkan laptop, masing-masing menyumbang 1 laptop. Membuat desain flyer, dan mencetaknya. Lalu kami membeli printer Canon 3 in 1 yang harganya di bawah 1 juta. Sisanya, kami membeli perlengkapan; kertas 1 rim, kertas foto, kertas stiker cutter, plastik, penggaris besi, kertas cover, lakban, dll. Mengapa hanya perlengkapan tersebut yang kami beli? Karena konsep utama kami dalam usaha ini adalah menyediakan akses bagi anak sekolah untuk internetan mencari tugas -maklum, ini di kampung, anak-anak sekolah sulit mendapat akses komputer & internet untuk mengerjakan tugas-. Jadi yaa alakadarnya deh pas pertama lahir mah. Bahkan masih banyak barang-barang yang 'pakai dulu aja punya kita yang ada lah, gak usah beli dulu' hihihi.. Benar-benar alakadarnya.
Kami mulai beroperasi pada tanggal 13 Oktober 2014. Tanggal ini lah yang kami jadikan sebagai tanggal lahirnya Sakola Printing. Hal pertama yang kami lakukan adalah membagi-bagikan flyer pada anak sekolah SMPN 1 Cipunagara dan SMKN 1 Cipunagara, 2 sekolah terdekat dengan kantor kami. Pelanggan pertama kami adalah para tetangga, wohoho... Rasanya deg-degan waktu pertama kali melayani pelanggan Sakola :P 
Hari demi hari, pelanggan Sakola semakin bertambah banyak. Mungkin pelanggan satu memberi tahu temannya, dan begitu seterusnya, dari mulut ke mulut. Sekarang Sakola tidak pernah kesepian fans, alhamdulillah... Kadang sampai lelah kami melayaninya. Belum lagi pesanan stiker, pin, gantungan kunci, dll. Alhamdulillah, alhamdulillah... Berawal dari laptop-laptop nganggur kami dan 1 buah printer, kini Sakola di usianya yang baru jalan 4 bulan sudah memiliki 2 printer baru merk HP dan Epson, paper cutter, mesin pembuat pin dan gantungan kunci, mesin laminating, kamera Canon 500D + lensa tele, ring kertas, gunting sudah punya 4, cutter sudah punya 2, circle cutter, berbotol-botol tinta, berdus-dus kertas, dll. Alhamdulillah orderan non anak sekolah juga semakin banyak. Alhamdulillah punya beberapa marketing aktif. 
Mungkin teman-teman heran, darimana kami bisa mendapatkan modal untuk membeli alat-alat tersebut. Aku bocorkan rahasianya yaa... Kalau mau usaha mah, jalan dulu aja, hayu dulu aja, yang penting konsep kita jelas, yang penting visi dan misi usaha kita jelas, semangatnya ada, tekadnya ada, modal jujur, komitmen untuk mau belajar terus, insya Alloh akan selalu ada jalan, akan selalu ada rizki dari arah yang tidak terduga-duga, entah itu dari investor (seperti dalam usaha kami) atau dari siapapun :))

Yakini bahwa usaha kita, 5-10 tahun mendatang pasti akan terus berkembang dan maju! PASTI!! 

Ada yang ingin mengobrol denganku mengenai usaha modal duit minim? Just call me at 08997185407 (sms/wa/line), pin 7d07cfde. 
Dan barangkali ada yang membutuhkan barang/jasa dari Sakola Printing, -pesan pin, gantungan kunci, kalender, kartu nama, brosur, stiker, cetak foto, jasa fotografi, desain grafis, kartu ucapan, buku tahunan sekolah, dll-, just call us at 089655141507 (sms/line), pin 7647992, email sakolaprinting@gmail.com, FB Sakola Printing.

Selamat sore, selamat memulai bisnismu, young entrepreneur!! ^^

by. si Famysa, salah seorang owner Sakola Printing :)

4 komentar:

  1. Alhamdulilah sudah bekembang sejauh gitu, rencana sih rencan kalau nggak direalisasikan kayak saya nih belum ada yang jalan cuma realisasi doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah :)
      segera mulai dong, jangan rencanain aja. hehe

      Hapus
  2. Wah, selamat ya.. semoga sukses terus usaha printingnya.

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend