Sabtu, 21 September 2013

Magang ooh Magang

sesuai judulnya, magang ooh magang... terdengar agak mengeluh yaa... hehehe
mungkin iya, aku mengeluh. tapi bukan mengeluhkan magangnya. melainkan mengeluhkan kesemrawutan jadwal menulisku di tahun ini. magang dari jaman kapaaan... baru bisa ditulis sekarang. ckckck *sibuk atau sok sibuk sih loe? -_-
maaf yaa kalau mungkin di beberapa postingan-postingan berikutnya aku masih ingin menyumpah-serapahi diriku sendiri yang malas menulis ini. very very big big big sorry.... T__T

well, forget it! yang penting sekarang aku ingin menulis. 
dengan tumpukan Surat Perintah Kerja (SPK)/Kontrak RR Merapi
di awal tahun 2013, lembar kisahku dibuka oleh magang. sudah dari bulan Desember tahun lalu aku sibuk mengurusi magang. mulai dari pencarian tempat, pendaftaran, sampai perijinan ke sana-ke mari yang lumayan menguras emosi, materi, dan tenaga. hmm... itu lah birokrasi. harus dinikmati :)
how interesting you are, my jobs...
setelah melalui berbagai tahapan yang panjang, akhirnya aku diterima magang di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta. aku magang di BPBD bersama temanku, Isna. hari pertama magang, tanggal 21 Januari silam, belum ada pekerjaan yang kami lakukan. malah kami seolah disambut oleh peresmian gedung baru BPBD. ada acara tumpengan dan makan-makan. hihihi... *enak beneeer kan kesan pertama magangnya semenyenangkan ini :D
selesai acara peresmian gedung, aku dan Isna masih luntang-lantung. akhirnya kami bertanya dan minta ditempatkan di bidang yang kami tuju. aku minta ditempatkan di bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR), Isna di bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK). tujuannya supaya sesuai dengan bahasan skripsi kami masing-masing. 
ada yang lucu... ternyata bidang RR kantornya terpisah sendiri. RR beralamat di jalan Kledokan, Depok, Sleman, bukan di jalan Kenari (kantor BPBD). dan ternyata lagi, kantor RR dekat sekali dengan Bolo Resto, tempat kerjanya Ibank (waktu itu masih jadi pacar. hahahaa). aku hanya bisa nelen ludah *glek, kok jadi didekatkan dengan Ibank gini ya --", tapi dijauhkan dari kosan --". khusus bidang RR kenapa masih terpisah, karena gedung yang baru diresmikan belum siap menampung RR. huhuhuu *makanya RR sering disebut anak tiri oleh penghuni RRnya sendiri :P *peacee... 
makan-makan perpisahan pensiunnya Pak Aziz, Kabid RR
3 hari pertama aku di RR... kesannya bete pake banget. belum ada pekerjaan yang jelas. aku cuma disuruh belajar dan belajar oleh Pak Aziz, buku-buku tentang Merapi pun menumpuk di meja kerjaku. ya sudah akhirnya aku mencicil mengerjakan laporan magang. lama-lama bete. lalu main game. lama-lama makin bete. iseng-iseng aja aku ngintili Mas Agung. ngintipin dan ngerecokin kerjaannya. hehehe... walhasil, aku diisengin balik. mulai dari sini lah aku punya kerjaan yang berat *sampai keringatan loh, kayak kuli, ciyuus deh :D.  
RR Crew: Bu Heni, Bu Yani, Bu Ajun, Pak Aziz
di hari-hari berikutnya, kerjaanku makin numpuk. mulai dari A sampai Z. aaaaaa.... rasanya lelah dan mumet sekali. apalagi di dua minggu terakhir masa magangku, ada pemeriksaan dari BPK gitu. wah itu sibuknya gak ketulungan. Sabtu lembur pun aku ikutan. bisa pulang kerja tepat jam 4 sore ituu rasanya sangat beruntung sekali. karena hal itu jarang sekali terjadi, saking banyaknya kerjaan. aku sampai kos langsung tepar. tidur-tiduran sebentar saja, adzan magrib sudah memanggil. dari magrib ke isya itu rasanya lamaaa sekali... saking ngantuknya. dan setelah isya, sudah, good bye, sudah tidak ada kehidupan di kamarku, alias tidur pulas, zzzzz....   
RR Crew: Mbak Irsha, Mas Hafid, Bu Is, Mas Doma, Mbak Dian
aku yang tidak pernah bekerja kantoran sebelumnya agak merasa bahwa kerja kantoran itu capek dan membosankan. hehe... bagaimana tidak, kerja diatur oleh jam kerja, diatur oleh sistem dari atasnya, diatur oleh birokrasi, semua serba diatur. tapi yaa memang begitu lah kantor. ini juga tujuannya magang, supaya mahasiswa kenal dengan dunia kerja yang mungkin akan mahasiswa masuki kelak. setidaknya aku pernah beradaptasi dengan kantor publik. very interesting... banyak ilmu dan pengalaman yang didapat di sana.... terutama ilmu tentang disiplin dan melayani publik.
RR Crew: Mas Agung, Pak Tarno, Pak Mandala (gak kefoto -_-)
selain ilmu dan pengalaman dunia kerja di kantor publik, aku juga mendapat banyak berkah magang lainnya. tidurku teratur, jadi gak sering begadang lagi. tiap minggu olahraga, BBku jadi turun deh :P. isi dompetku teratur, tidak banyak pengeluaran, hihihii... ya iya lah, sarapan bawa susu sachet diseduh di kantor, makan siang ada jatah dari kantor, kalau pun sedang tidak ada jatah, tetap saja ada yang mentraktirku :P, pulangnya aku penuhi tumblerku dengan air galon di kantor :P, belum lagi kalau ada jajanan atau jatah makan siang berlebih, pasti aku yang jadi sasaran untuk membawanya. hahaha... dengan sangat senang hati :D apalagi waktu acara makan-makan Pak Aziz, aku kebagian bawa pulang ikan gurame utuh, guedee... dimakan berempat di kosan tanpa nasi pun sudah kenyang. alhamdulillaaaah :) 
nasi Padang; menu andalan makan siangnya RR. ini makan siang terakhirku di RR. higs :'(
nasi padang. 3 cewek Undip (aku, Mbak Dian, Mbak Irsha) VS 3 cowok UGM (Mas Agung, Mas Doma, Mas Hafid). "kalau lihat rak ini pasti inget sama Syifa, ini kan idenya Syifa", kata Mas Doma. ngerumpi di jam istirahat. nyicipin kosmetiknya Mbak Dian, hahahaa :D *ngakak banget di momen ini. becandain Mas Agung yang galau menjomblo *peacee, Mas :P. sabotase meja kerjanya Mas Hafid dan Mbak Dian karena mau ngeprint. gangguin Bu Heni, Mbak Irsha, Mbak Dian, Mas Agung, Mas Doma, ketika aku tidak mengerti atau tidak bisa mengerjakan sesuatu. main petak umpet sama SPK featuring Mas Agung *hahaa... curi-curi ngobrol sama Mas Agung di tengah kerjaan. ngobrolin diet. ngbrolin apaaa aja ngalor-ngidul...
semuanya bakal selalu bikin aku kangeeeeeennn.......................... :* :* :* 
laporan magang. masih punya hutang; belum mengumpulkan ke BPBD. hehehe :P
semua tentang RR akan selalu tersimpan rapi dalam memoriku... semoga di kemudian hari aku dipertemukan kembali dengan keluarga besar RR... aku rindu kalian... aku rindu keluargaku di RR... terima kasih semuanya... terima kasih sudah mengajari dan membimbingku dengan sabar... terima kasih atas kebersamaan dan pengalaman yang kalian berikan... semoga aku dimaafkan atas segala kelalaianku selama magang... Syifa sayang RR :') ~Bu Heni, Pak Aziz, Mbak Dian, Mbak Irsha, Mas Agung, Mas Hafid, Mas Doma, Pak Aji, Bu Is, Pak Mandala, Pak Tarno~

by. si Famysa, sayang RR :*

12 komentar:

  1. Terbayar lunas yah? Selamat.... ^^

    BalasHapus
  2. Magang itu susah-susah gampang yah, awalnya gak tahu karakter isi kantor, jadi aja tegang, pas sudah lama kelamaan mulai deh pada akrab... Pengalaman dulu 2009 di Jakatra Pusat. Aduuuw, panas!

    BalasHapus
  3. Magangnya sudah selesai.... welcome back to blogospere ya...

    BalasHapus
  4. @Qefy: waah udah lama berlalu yaa...
    iya memang begitu... dan rasanya waktu udah akrab tapi harus berpisah ituu... higs

    @tante Susi: iya tantee... makasih yaa :)

    BalasHapus
  5. wah makan siangnya ayam kremes kesukaan alvin :)

    BalasHapus
  6. @mom Lid: enyak looh alviin. nyem nyeem :D

    @kang Andy: apa hayooo? :D

    BalasHapus
  7. Begitulah dunia kerja, penuh kesemrawutan yang tak terduga..

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend