Selasa, 04 September 2012

Libur Lebaran: Batu Kapur

lagi rajin nih.. pagi-pagi begini sudah nongkrong di depan si PinkQ mau menuliskan cerita jalan-jalan yang satu ini :) siap membaca, cems? kalau sudah siap, yuk mari lanjuuuut! ;)

Sabtu, 25 Agustus 2012 lalu, aku dan kawan-kawan SMP yang terdiri dari IbankWellyKokomEuis, dan Anis pergi berpiknik ke Batu Kapur. bukan ke Batu Kapur saja sih.. selanjutnya pergi kemana kami? masih rahasia doong... tunggu di postingan berikutnya oke :D 
rencana awalnya kami harus sudah berkumpul dan berangkat pukul 9 pagi. tapi kebiasaan orang Indonesianya muncul deh, jamnya jadi sangat lentur, ngaret satu jam! padahal aku rela kebut-kebutan menembus jalanan desa yang rusak untuk menjemput Kokom, aku juga sampai melupakan solat dhuha. tentu saja alasannya karena tidak mau melanggar jam yang telah disepakati kemarin. eehh pas sudah sampai rumahku lagi, jemputan mobilnya belum juga datang. hapus make-up lagi deh, solat dhuha dulu selagi sempat.
jarum jam sudah menunjuk ke angka 10. aku dan Kokom masih setia menanti sambil Kokom make-upan lagi. ketika aku sedang memakai sepatu dan Kokom masih bergulat dengan kerudungnya, Ibank datang memanggil kami. jemputan sudah datang! horeee.... akhirnya datang juga :D buru-buru aku pamit pada mamah dan langsung pergi. eh si mamah malah bilang gini, "dih kok gak pake bedak, Neng? pake doong... bedak kan melindungi kulit wajah dari sinar UV. gak dandan juga ya bedak-bedak teuing mah pake atuh..." kan ada Ibank, Mamih... jadi malu kan. ketahuan deh kalau aku malas dandan --" sambil terus berjalan ke arah mobil aku berkata setengah teriak, "iya, iya nanti pake kok, di mobil, Mah..." sungguh bedak itu sesuatu deh -__-
sesampainya di mobil, aku langsung bedakan. si Ibanknya juga jadi ikut-ikutan nyuruh aku bedakan deh. ngoook --" yang lainnya ribut bercanda saling menyalahkan salah satu dari kami yang diduga sebagai biang kerok keterlambatan jam berangkat.
pamer kacamata baru. hehe.. mau?? beli sini ke aku, 15ribuan doang :D
untuk menuju Batu Kapur dari arah Utara Subang tersedia 2 pilihan jalan. yaitu via Dawuan-Kalijati (Barat) atau Cijambe (Selatan). mungkin 2 piihan jalan ini berlaku juga untuk pengunjung yang datang dari arah Timur Subang. sedangkan untuk pengunjung yang datang dari arah Selatan Subang tinggal pilih via Cijambe, dan dari arah Barat Subang tinggal pilih via Dawuan-Kalijati saja supaya tidak usah berputar-putar dulu, kecuali kalau ingin buang-buang BBM ya mangga. :P 
kemarin kami memilih jalan via Cijambe karena Welly si sopir katanya ingin lewat Tonggoh saja (Tonggoh: sebutan untuk daerah adem di Subang bagian Selatan). ya sudah kami si penumpang sih yo manut wae, sing penting selamat sampai tujuan :D alasan lainnya mengapa kami memilih via Cijambe karena ingin menghindari jalan rusak seperti via Dawuan-Kalijati. tapiii... setelah kami menempuh jalan via Cijambe, nasib baik memang belum menghampiri jalan menuju Batu Kapur, baik via Dawuan-Kalijati maupun via Cijambe. kami tetap harus melalui jalanan jelek nan kecil. biarpun begitu, kami tetap semangat doong... tujuannya kan buat piknik. bawa enjoy saja :D
sudah yaa cerita tentang jalannya. tentang jalan mah pokoknya sesuatu deh. bikin penumpang alias kami semua menggeliat-geliat. hihihi...
sesampainya di tempat tujuan, kami memarkir mobil di dekat loket masuk Batu Kapur. tiket parkirnya Rp 5.000,00/mobil. dari tempat parkir, kami harus berjalan sedikit ke loket masuk. dan eng, ing, eng... ternyata di dalam area Batu Kapur, di belakang loket masuk juga ada tempat parkir. kalau parkir di situ jadi tidak usah jalan lagi ke loket masuk. yaah... diantara kami tidak ada yang tahu sih. aku saja yang pernah ke Batu Kapur 9 tahun yang lalu juga lupa :D ya sudah lah.. daripada repot parkir mobil lagi dan bayar parkir double, kami pun melanjutkan perjalanan.
harga tiket masuk (HTM) Batu Kapur adalah Rp 8.000,00. tidak ada keterangan harga 8 ribu itu harga hari libur. berarti mungkin setiap harinya memang segitu, 8 ribu saja. tapi menurut informasi yang kudapat dari website pemda Subang sih, HTM Batu Kapur itu Rp 2.000,00. entah lah.. websitenya tidak update kali. *oopss...
ada yang lucu dengan tiket masuk. kemarin kami meminta diskon pada petugasnya, nego 50 ribu untuk 7 tiket. lalu petugasnya menerima uang kami dan memberi kami 6 lembar tiket. petugasnya bilang begini, "udah nih 6 tiket aja. masuk aja langsung..". padahal kami kan 7 orang (7 itu plus sopir pendamping Welly). ya sudah kami masuk deh dengan langkah perlahan maju jalan. lama-lama, kami akhirnya menyadari satu hal. pantas saja tadi disuruh langsung masuk dengan tiket hanya 6 lembar, petugas pemeriksa tiketnya juga tidak ada. tiket kami utuh. tidak disobek atau pun diambil. 'boleh tuh kapan-kapan ke Batu Kapur lagi tanpa beli tiket atau bawa saja tiket yang ini', pikir kami. hihihi
eh, oopss... hampir saja lupa. si aku belum memperkenalkan Batu Kapurnya ya. hehe.. sorry :D
Batu Kapur adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Batu Kapur terletak di Desa Curug Agung Kecamatan Sagalaherang. sesuai dengan nama desanya, di Batu Kapur ada curug yang dinamai Curug Agung. tetapi karena tempat wisatanya bernama Batu Kapur, curugnya juga jadi ikut disebut Batu Kapur deh. selain curug, di Batu Kapur juga ada kolam air panas yang berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit dan gatal-gatal. ada juga sungai berbatu yang cantik jelita, biasanya banyak yang berfoto atau bermain air di sungai tersebut.
begitu masuk ke area Batu Kapur, kami langsung mencari tempat yang enak untuk makan bekal kami. bingung-bingung menentukan mau makan di mana, akhirnya kami menemukan bangunan seperti rumah makan bekas yang sudah tidak terawat dan berpenghuni. langsung saja gelar tikar di sana deh. lumayan adem bo... kami makan dulu, ngerujak dulu, dan solat dzuhur dulu. baru lah setelah solat dzuhur petualangan kami yang sesungguhnya dimulai.
oh ya, ada yang lucu lagi dengan tiket dan petugasnya. setelah selesai makan, Welly mempunyai ide untuk menaruh dulu semua perlengkapan makan yang sudah tidak dibutuhkan ke mobil. maksudnya supaya tidak usah repot-repot dibawa-bawa ke kolam dan ke curug. lalu Welly dan Ibank pun pergi ke mobil. nah kalau mau ke mobil kan berarti harus ke luar area Batu Kapur. -masih ingat kan cerita parkiran mobil di atas? kalau masih lupa baca lagi di atas deh-. hehe.. Welly dan Ibank izin ke luar dulu pada petugas untuk menyimpan barang-barang ke mobil, lalu nanti masuk lagi. hihihi... ada ya tempat wisata yang penjagaan loket masuknya selonggar itu :D
sebelum berangkat, bahkan dari H-1 sebelum hari piknik ini, si Welly sepertinya sms kami semua untuk membawa baju ganti deh. iya gak, Wel? tapi ketika sudah di Batu Kapur dan berjumpa dengan kolam, sepertinya Welly juga yang enggan untuk menceburkan diri. :D katanya sih malu, sudah gedee... takut dibilang kayak anak kecil kalau ikutan nyemplung dan renang bareng anak-anak yang sedang renang di sana. huu... padahal Kokom sudah bela-belain pinjam bajuku buat baju gantinya ya, Kom :D
dari kolam ada petunjuk arah untuk menuju ke curug. di petunjuk arah itu sih tertera ke curug kurang lebih 2 Km. tapi sepertinya kurang dari itu deh. bahkan yang aku rasakan sepertinya lebih jauh mendaki ke Curug Semirang. ya memang sih capek, tapi tidak terlalu melelahkan. istirahatnya juga tidak terlalu sering. tanpa asupan minum di pendakian pun jadi. ke curug di Batu Kapur sih insya Allah 15-20 menit juga sampai. keciiiilll :D *belaguu :O
sayangnya, sangat disayangkan... kondisi curug ini tidak lagi secantik ketika 9 tahun yang lalu aku mendatanginya. kalau kata Welly sih 'ini bukan air terjun, tapi air mancur.' ya memang begitu lah keadaannya.  mungkin karena sedang kemarau panjang juga, jadinya air curug pun berkurang. ditambah lagi kondisi sekitarnya pun kacau. sampah dimana-mana. sampai-sampai aku dan Kokom mempunyai ide nanti kita ke sini lagi, kita punguti botol-botol dan gelas-gelas air mineral yang berserakan, lalu kita jual ke tukang loak. sepertinya pundi-pundi rupiah yang akan aku dan Kokom dapatkan lumayan tuh. secara,, sampah sebanyak ituuu. wow banget deh. bagi anda yang berprofesi sebagai pemulung sampah yang membaca postingan ini, wajib dicoba tuh mulung di curug Batu Kapur. menggiurkan loh sampahnya --" -padahal malu ih cerita tentang Subang jelek-jelek gini. higs- 
harapanku, semoga ke depannya Batu Kapur bisa terawat dan terjaga kelestarian dengan maksimal. untuk para pengurus Batu Kapur, tolong Batu Kapurnya diperhatikan dong! untuk para pengunjung Batu Kapur, tolong banget ya jangan buang sampah sembarangan di sana lagi (dan dimana pun)! karena sampah juga punya tempatnya sendiri kok. biar bagaimana pun, Batu Kapur akan tetap menjadi salah satu daya tarik Kabupaten Subang, dan tarif yang dibayarkan pengunjung bisa menjadi pendapatan asli daerah Kabupaten Subang. so mari sama-sama kita jaga ya! ;)
postingan selanjutnya akan berkisah tentang kelanjutan piknik kami setelah dari Batu Kapur. akhirulkalam, see you later, all :) 

by. si Famysa, cinta alam

45 komentar:

  1. Seneng ya bisa berlibur bareng temen2 lama...
    Lagi rajin nulis nih ye... aku juga, pas lagi rajin gini blog utama malah sakit, ga bisa posting di sana, akhirnya posting di blog satunyah

    BalasHapus
  2. iya seneng banget dong tante :D
    loh, sakit apa blognya? periksain ke dokter dong :D

    BalasHapus
  3. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  4. wah aasyik ya bisa liburan apa lagi rame begitu. bagus tempatnya. salam kenal ya, di tunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  5. ASIK liburan.... kalo liat photo2nya... mirip banget sama si BOLANG hehehehe bcanda.... mampir balik SIS..!!!

    BalasHapus
  6. wah enak ya ke batu kapur. jadi pengen backpacker ke sana. tapi... tapi... tapi... ada yang mau mbayarin gak? :| #eh

    BalasHapus
  7. Pengeeeeen....
    kapan ya bisa jalan-jalan lagi ama temen-temen. pengen banget nih...

    BalasHapus
  8. wah ini sih reportase payah
    masa pemandangan alam yang jadi pokok bahasan malah gambarnya dikit
    hehe pisss...

    BalasHapus
  9. @outbond Malang: thanks motivasinya :)

    @Febry: tentunyaa :D
    siap berkunjung ke blogmu :)

    @ghielz: ehehe.. si bocang ilang kali ya :P
    aku mampir ke blogmu kok gag kebuka2 ya..

    @Ditsakus: ayoo aku bayarin deh tiket masuknya doang mah :D

    @Javas: ayo kapan dong? ajak-ajak aku. hehe

    @Rawins: kalo gambarnya banyak nanti dikira pamer gambar, bukan tulisan. hehe

    BalasHapus
  10. dibali ada tuh tempat mirip2 batu kapur :D

    BalasHapus
  11. ciieeh seru lah ya jalan2 dengan teman2 lama..

    andai pintu kemana saja doraemon beneran ada, aku langsung tancap ke batu kapur... :D

    eh sepertinya ini kunjungan pertama deh...slm kenal :)

    BalasHapus
  12. waahhh seru juga tuh kyknya ,,temoatnya bagus,,tapi syang, jauh bgt, mna bisa saya smpai kesana :(

    BalasHapus
  13. biar deh, gapapa r=parkirnya agak jauhan sekalian olahraga juga :)

    kenapa kayak gitu ya, padahal orangnya 7 tapi karcisnya cuma 6, baik hati ternyata penjaganya :P

    curug agung ya namanya, kalau di Kalimantan Selatan ada juga tempat wisata namanya Candi Agung..

    BalasHapus
  14. wahh ajib enak banget tuh sumpah , gue aja lebaran gak kemana mana:(

    BalasHapus
  15. gue lebaran selalu mudik tapi gak pernah ke tempat wisata :(
    apalagi sama temen2 lama tuh asseekkk XD

    BalasHapus
  16. waaah asik yaaah :))
    jalan2 sama temen2
    psti bakalan kangen suatu saaat nanti hehe

    tiketnya disimpen aja ... buat besok2 lagi
    kan gak ada yg nyobekin tiket :P

    BalasHapus
  17. jalan sekaligus reunian ya :)

    BalasHapus
  18. @Yoga: mau doong ke sanaa :D

    @Fian: lam kenal jugaa Fian :)
    pastinya seru banget doong :D doraemonnya disulap jadi nyata dulu harusnya. hehe

    @Iva: insya Alloh ada jalan kata Maher Zein mah. :)

    @Bayu: iya sih gpp.. heu
    wah kayak gimana tuh candi agung? posting dong. hehe
    gag tau lah tuh longgar banget penjagaannya --"

    @Alvino: insya Alloh taun lebaran taun depan mah kemana-mana dong ya :)

    @Bocah: aku juga baru kali ini jalan2 lebaran sama temen2. biasanya mah emang cuma mudik ke sana ke mari doang. asyik looh :D

    @Edotz: iya bener banget tuh, bakalan kangen.
    nah tuuh... kalo kamu mau ke sana pake tiketku aja. hihi

    @mom Lid: ayo ke sana dong tante biar makin tau :)

    @ahmad: iya doong :)

    @ke2nai: iya ke, nai. mau ikuut? :D

    BalasHapus
  19. wah, lokasinya bagus sekali ya, keren,...
    jadi pengen :)

    BalasHapus
  20. waktu gue masih tinggal di Bandung gue suka maen kesana , malah gue sama temen2 suka pada ga beli tiket .
    secara petugasnya jg kadang suka ga ada *jangan ditiru :)

    BalasHapus
  21. @Riki: iya.. ayo ke sana doong :)

    @heni: tuh kan.. longgar banget kaan --"

    BalasHapus
  22. liburan'a bikin iri deh,aku sih liburan kagak kemana2 soalnya musti hemat soalnya hidup dengan biaya sendiri di Jakarta itu rasanya berat apa lagi sambil kuliah :(
    tp liburan yg aku sering alami adalah paling ke angkringan kalau ada waktu & ada sisa uang sederhana tp mengasyikan :D

    BalasHapus
  23. semangaaat! :D
    angkringan juga gag kalah asyik looh. bisa kumpul sama temen2 juga di angkringan kan. sayang di subang mah gag ada angkringan :)

    BalasHapus
  24. duh asyiknya yang jalan2 teruuuus...... fotonya keren dan bikin pengen kesana deh Syif!

    BalasHapus
  25. ayo..ayoo ke sana tantee :D asik looh..

    BalasHapus
  26. seruuuu!!!
    photo2nya keren2... jadi ngiri :( hiks hiks hiks

    BalasHapus
  27. wah, nice trip ya. semoga kondisi curug bisa membaik. amen... :)

    BalasHapus
  28. @Masjid Bimantara: makasih :) kalo ngiri ikutin aja. hehe

    @kak Indi: iya kak :D aamiin :)

    BalasHapus
  29. Sepertinya pemandangannya bagus sekali tuh,,,,apalagi bisa berlibur bersama teman2 dekat pasti seru sekali,,

    BalasHapus
  30. iya.. tapi sayang air curugnya dikit. seru doong :)

    BalasHapus
  31. Kalo kesana lagi kita bawa karung aja.. :)

    BalasHapus
  32. seems you had a SUPER GREAT FUN with your friends and your boy :P
    cheers!
    ruby and rosa

    BalasHapus
  33. mantappp..
    ternyata liburan itu juga bisa bikin seru ya mbak
    hahaha
    ya asal orang yang di cintainya selalu ada disamping
    jiiiaaaahhhhahahaha
    salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  34. ahihii ada2 aja..
    iya doong :D
    lam kenal juga :)

    BalasHapus
  35. kunjungan perdana sob :) sambil baca2

    blog km sudah saya follow.
    visit, koment, n follow back y dblogq :)

    BalasHapus
  36. @In'am: okee :)

    @Commonwealth: makasiih :)

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend