Jumat, 10 Juni 2011

Persiapan Ramadhan

yuhuuu.... ngeri yaa judulnya Persiapan Ramadhan getooo.... *alay.com :D
postingan kali ini adalah oleh-oleh dari mentoring mingguanku. kebetulan tadi kita bahas megenai persiapan Ramadhan, ya jadilah postingan ini yang dibuat. hehe..
apa saja sih persiapan Ramadhan yang harus kita persiapkan itu?? secara, Ramadhan kan tamu istimewa gitu loh.. keistimewaannya tidak terdapat di bulan-bulan lainnya, karena memang hanya bulan Ramadhan lah tempatnya segala macam keistimewaan. seperti pahala berkali-kali lipat, bonus Allah bertebaran, pintu ampunan Allah terbuka selebar-lebarnya, bulan turunnya Al Quran, dll. bayangin deh, dengan hanya bersuka cita menyambut datangnya Ramadhan pun kita akan diberi rewards oleh Allah (tapi suka cita yang positif tentunya), apalagi lain-lainnya ya. waaah.... masa sih kita just so so saja menghadapinya. lebar ceuk urang Sunda tea mah alias sayang banget bila dilewatkan. 
naah ini dia niiih yang kudu kita persiapkan....
1. perbanyak doa
tekadkan dalam diri kita setiap tahunnya bahwa 'Ramadhan kali ini harus jadi yang terbaik diantara Ramadhan-Ramadhan sebelumnya!!' kalimat itu berfungsi agar menjadi cambuk dan motivasi bagi kita. dengan begitu kita akan mati-matian menciptakan Ramadhan terindah setiap tahunnya.
2. persiapan mental
kenapa kok mental kita harus dipersiapkan juga? jawabannya adalah agar kita terbiasa. agar kita tidak merasa bahwa Ramadhan itu adalah penjara. hhoo.. maksudnya gini loh... yang asalnya kita bisa makan sepuasnya, hura-hura, maen gak kenal waktu, dll, biasanya pas Ramadhan tiba itu malah merasa 'ih gak enak yaa gara-gara Ramadhan aku jadi gak bisa ngerujak di siang hari bareng teman-teman lagi, gak bisa kongkow -kongkow di siang bolong juga. huhuu' ---- nah jangan sampai seperti itu. makanya mental juga harus dipersiapkan loohh... salah satu contoh persiapan mentalnya itu bisa dengan cara puasa pada bulan Sya'ban seperti yang dicontohkan oleh Rasulallah. tapi berat juga ya kalau kita mengikuti apa yang Rasul contohkan. secara, sebulan Sya'ban penuh puasanya. nanti jadi dua bulan donk sama Ramadhan tuh. hehee... tenang duluu... kan masih banyak puasa-puasa yang lain. yakin deh kalau puasa yang ini mah gak akan terlalu keberatan. malah bagus juga loh buat anak kos yang kirimannya macet atau buat yang kelebihan berat badan alias pengen diet. hehe *kidding guys.. seperti puasa Senin-Kamis, puasa Daud, puasa tengah bulan, dll.
3. persiapan ruhiyah atawa spiritual
persiapan yang satu ini bisa dengan latihan tilawah. kenapa harus latihan segala? kan saya sudah pintar ngaji? hhoo... bukan gitu looh.. tapi kalau cuma sekedar pintar saja tapi gak istiqomah ngajinya mah ya sama saja bohong besar. kita latihan itu agar terbiasa. awalnya dipaksa dengan latihan, lama-lama mah kan bakalan terbiasa. jadi supaya pas Ramadhan itu gak terlalu ngos-ngosan kalau harus tilawah sejuz/hari, kan sudah latihan dulu sebelumnya... iya tho? ;)) cara latihan yang mudahnya itu bisa dengan awalnya membiasakan tilawah seperempat juz/hari, minggu berikutnya nambah jadi setengah juz, minggu berikutnya lagi nambah lagi jadi satu juz/hari. nah, jadi kan pas Ramadhan tiba kita gak terlalu kerepotan kayak dikejar-kejar rentenir. hehee...
ada juga dengan memperbanyak dzikir. dzikir ini kan ibadah yang paling mudah dilakukan ya gak? kita bisa dzikir dimana saja dan kapan saja, belum wudlu atau sudah juga sah-sah saja. mantap kan... eh iya tau gak? dzikir itu bisa jadi lintasan pikiran loh. kita bisa lihat bedanya antara orang yang ahli dzikir dengan orang yang pelit dzikir. kalau dia kaget, apa yang diucapkan? kalau dia kagum, apa yang dia ucapkan? kalau dia terkena musibah, apa yang dia ucapkan?
contoh : X: gilee boo... cakep bener tu cowok! Y: subhanallah.... ikhwan itu soleh, tampan lagi..
hehehe... yang X di atas mah sangat sering terjadi padaku dan teman-temanku. makanya dijadiin contoh :D *jangan ditiru yaa... itu contoh jelek.
ucapan refleks, latah itu kan gak bisa direncanakan sebelumnya ya.. kalau ada orang mengucap latah yang baik (masya Allah, innalillahii, subhanallah, dll) berarti orang itu memang ahli dzikir. makanya yang terucap dari mulutnya ya kata-kata dzikir mulu. itulah dzikir sebagai lintasan pikiran.
muhasabah: sob, Rasul saja yang dosanya pasti diampuni Allah, dzikir setiap harinya itu 70 kali. bagaimana dengan kita? masih mau menyombongkan diri kah??
4. persiapan fikriyah/pengetahuan
agar kita gak salah kaprah tentang suatu ilmu, terutama ilmu tentang fikihnya puasa (karena kita sedang bahas Ramadhan), kita harus membekali diri dengan pengetahuan yang buanyaaak. masih suka bingung kan tuh ya gimana hukumnya sikat gigi kalau puasa, batas akhir makan sahur itu sebenarnya kapan, dll. makanya cari... belajar.... baca.... daripada luntang-lantung gak jelas, mending ke perpustakaan deh baca-baca fikih puasa, atau ke toko buku hunting bukunya, atau gak browsing saja deh yang instan. halal kok :D
5. persiapan fisik & harta
fisik mah sudah jelas mengerti lah yaa... supaya gak 5L (lelah, letih, lesu, lemas, lunglai) pas puasa harus gimana... salah satu caranya adalah dengan berolahraga rutin dan mengonsumsi vitamin. nah sekarang bagaimana dengan harta. kenapa harus dipersiapkan juga?
gini deeh... pada bulan Ramadhan ini kan banyak sekali ibadah-ibadah yang sayang bila terlewatkan. dan tak jarang ibadah-ibadah itu juga butuh harta alias do it (baca: duit). seperti infak, memberi makan orang yang berpuasa (terutama buat cewek yang berhalangan puasa tetapi tetap ingin mendapatkan pahala puasa), zakat, buka puasa, makan sahur, dll. itu semuanya kan butuh harta. iya kan... iya kan?? gak usah munafik deehh... hhoo... so, persiapkan hartamu dari sekarang ya! nabung, nabuuuuung woooy!!! ingat, orang Islam itu harus kaya! ;))
6. rencanakan peningkatan prestasi ibadah
bisa dengan cara buat list ibadah, atau apapun lah suka-suka, yang penting ibadahnya jadi. hehe..
Ramadhan ini kan merupakan bulan ibadah, bulan taubat, dan bulan evaluasi. makanya ayoo kita berlomba-lomba untuk bisa memanfaatkan semuanyaa.. limited edition loh.. cuma ada di bulan Ramadhan. ;)
perlu diingat: istiqomah itu lebih baik! daripada pas Ramadhan getol tapi setelahnya kendor ;D 
jangan sampai ketika kita berpuasa di bulan Ramadhan kita hanya dapat haus dan laparnya saja, tapi dapatkan segala keistimewaanya!! 

sekedar notes: yang jauh dari kita adalah masa lalu. yang dekat dengan kita adalah kematian. orang yang cerdas adalah orang yang mempersiapkan diri untuk kematian.

by. si Famysa wanita solehah ^^ 

6 komentar:

  1. hiyaaat ... saya mau mempersiapkan diri untuk ramadan yang lebih baik, amien. ingatkan gw kawan ^^

    BalasHapus
  2. hayuu kita sama-sama berusaha! tempuurr!!

    BalasHapus
  3. ga terasa ya sebentar lagi ramadhan

    BalasHapus
  4. iya bener,,, ga kerasa banget . .

    BalasHapus
  5. wah dah dekat neh, marhaban ya romadhan ... ayo semangat persiapan ...

    BalasHapus
  6. semangaaaaat pake 45!! hhe :D

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend