Jumat, 13 April 2012

See You At The Top (again)

lagi. Senin malam kemarin aku berkesempatan bertemu Bong Chandra, namun kali ini bertemu di tempat berbeda dalam acara yang berbeda pula.
langsung saja ini dia oleh-olehnya... mari kita simak bersama!

belilah masa depan dengan harga sekarang
contohnya jika kita membeli sepetak tanah sekarang, kelak beberapa tahun ke depan harga sepetak tanah itu akan melonjak tinggi. singkatnya kita jadi bisa menabung dari tanah yang kita punya tersebut. tidak dapat kita pungkiri juga, tanah merupakan investasi yang menguntungkan. setiap orang pasti menginginkan untuk memiliki tanah sendiri, entah itu untuk dibangun rumah, dibangun tempat usaha, dll. apalagi jika mengingat setiap harinya jumlah manusia yang lahir lebih banyak dibanding manusia yang meninggal. semakin banyaknya jumlah penduduk tersebut dapat menjadikan harga tanah setiap tahunnya selalu naik. karena tanah semakin langka sedangkan manusia yang menginginkannya akan semakin banyak, maka belilah masa depan anda dengan harga sekarang! sebelum esok menyesal kenapa sekarang/dulu tidak membelinya.

alasan, kendaraan, cara
ilustrasinya seperti ini. ketika misalnya anda diminta oleh seseorang untuk diet mengurangi berat badan 20kg dalam satu hari, kemudian anda ditanya sanggup atau tidak, pastinya anda akan menjawab impossible! dan menolak permintaan itu. tetapi ketika dibalik permintaan diet itu ada iming-iming hadiah uang 100juta, villa mewah, mobil mewah, dan kehidupan prestis, pastinya anda akan langsung menyanggupinya dan seketika otak anda pun berpikir keras bagaimana caranya untuk bisa melaksanakannya. mungkin salah satu kalimat yang akan terlontar dari mulut anda adalah, "oke, saya sanggup. kan bisa sedot lemak".
apa yang bisa anda simpulkan dari ilustrasi di atas? yaitu ketika seseorang telah menemukan alasan untuk sukses, maka ia akan bersusah payah untuk menggapainya dan tidak akan mudah menyerah. anda tahu bahwa anda akan sukses, makanya anda tidak mudah angkat tangan dan mengibarkan bendera putih.
ada dua macam alasan. pertama, alasan untuk pribadi. kedua, alasan untuk orang lain. ketika kita hanya menemukan alasan sukses untuk pribadi saja, tentunya hanya sedikit jatah sukses yang akan kita terima. namun jika kita telah menemukan alasan sukses untuk orang lain juga, tentunya jatah sukses kita akan lebih banyak karena kita memikirkan orang lain.
untuk mencapai sukses, kita harus memiliki kendaraan yang bisa mengantarkan kita pada kesuksesan. kendaraan tersebut bisa berupa berbagai macam bentuk. seperti alat transportasi, komputer, alat dan bahan jahit, dll. yang perlu diingat adalah, mempunyai kendaraan saja tidaklah cukup. setelah mempunyai kendaraan, kita juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya. percuma saja kan jika mempunyai komputer tetapi tidak bisa menggunakannya, percuma saja mempunyai motor atau mobil tetapi tidak bisa mengendarainya. kendaraan yang kita punya akan menjadi tidak berguna ketika kita tidak mengetahui cara penggunaannya.

cobalah untuk menang, bukan untuk sekedar tahu atau tidak kalah
belajarlah untuk jadi yang terbaik dimana saja. jangan cepat puas berada di nomor 2, tetapi jadilah nomor 1! bersyukur yang benar bukan berarti pasrah. bersyukur yang benar bukan mencari alasan untuk berhenti bekerja keras. menderitalah menjadi nomor 2, karena setiap orang diciptakan untuk menjadi yang terbaik!
jenuh hanya ada di kepala kita. jenuh cuma perspeksi kita. jenuh sama dengan malas! karena saat kita ingin menang, Tuhan tidak akan memberi jalan yang nyaman. untuk menjadi yang terbaik itu menyakitkan. jangan sampai ketika Tuhan belum selesai bekerja, tetapi kita sudah telalu banyak komplen. kita harus sabar dalam menjalani sakit dalam ujian.

siap-siap tamu datang
sedikit egois untuk banyak empati
sudah pernah dibahas sebelumnya di sini. silahkan dibaca untuk merefresh pengetahuan.
kita perlu mempersiapkan kapasitas untuk tamu, bukan justru menyalahkan ruangannya yang mungkin terlalu sempit. 
uang tidak pernah hilang, tetapi hanya berpindah. uang tidak menyukai kerumuman, tetapi menyukai yang ekslusif. maka jadilah sebagai kaum minoritas, bukan menjadi kaum mayoritas. uang akan pergi untuk kembali. uang memang tidak akan dibawa mati. tetapi setidaknya ketiak kita mati kita tidak meninggalkan hutang. uang memang sering dijadikan momok dalam bentuk perebutan warisan. namun lihatlah... bukannya perebutan itu terjadi karena warisan yang kita berikan hanya sedikit bahkan tidak ada. coba saja jika warisannya banyak dan mencukupi untuk dibagikan secara adil, maka perebutan itu tidak akan pernah terjadi. 
belajarlah untuk menjadi penerima dan pemberi yang baik!

proposal surga
proposal surga ini dapat berupa doa, usaha, mimpi, dan nazar.
dunia akan memberikan kejutan pada kita jika kita memberi kejutan pada dunia. 
tugas kita bukan mengaudit orang lain, tetapi untuk menyiapkan proposal.
tidak perlu sungkan memberitahukan kebaikan kita pada orang lain, bukan berarti sombong, namun tak lain agar orang lain dapat mengikuti berbuat baik seperti yang kita lakukan. bukankah guru/dosen juga seperti itu?

masih ada yang perlu didiskusikan? mari kita diskusi di kolom komentar! :)

para ladies, jangan lupa ikutan Jejak Si Miaw :-) #1 Giveaway ;)

by. si Famysa, candidate success woman

23 komentar:

  1. Makasih ya oleh2nya.. Bermanfaat banget nih..
    Sukses terus ya syifa :)

    BalasHapus
  2. dua jempol buat kamu kak , nice post

    BalasHapus
  3. warisan banyak pun juga sering konflik tuh hihi.
    Anyway nice share :)

    BalasHapus
  4. @Azwan: :)

    @mba Una: hhee iya sih.. tapi seenggaknya kalo warisannya banyak gag akan abis tujuh turunan, gitu kali maksudnya Mr. Bong. :D

    BalasHapus
  5. wah... artikel yang sangat menarik dan bermanfaat nih, thanks for share ya Syifa... :)

    BalasHapus
  6. hi syifa! aku ikutan ya :)
    bannernya beserta link sudah kupasang di blog'ku, foto, link blog dan FB sudah aku kirim via email namaku_indikecil@yahoo.com. FB kamu juga sudah di add ya :)
    aku follow blog kamu via twitter dengan ID "indi sugar babbitt". cek deh di list followers kamu, fotonya lagi nopang dagu, hahaha *gak penting*
    hmm, apa lagi ya? semua syarat sudah, kan? ;)

    ps: kalau di FB sih sebenarnya kita sudah temenan di 'toko kecil indi', ya? hihihi :p

    BalasHapus
  7. iya kak :D kak ndi banyak fbnya sih. hihihi
    fotonya segera aku upload kak ^^

    BalasHapus
  8. Syifa kalau ikutan GAnya fotonya cukup di email saja boleh gak?

    BalasHapus
  9. emang di email kok tante :) diupload ke fb buat nentuin juara favorit. gpp laah barangkali dapet dobel hadiah :D

    BalasHapus
  10. mantap sekali tulisannya

    BalasHapus
  11. artikel nya menarik:) thanks for sharing ya dear♥

    BalasHapus
  12. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
  13. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    BalasHapus
  14. keren review materinya.

    saya pernah ikut acara kaya gini tapi dari tung desem waringin.. keren juga kaya bong chandra.

    BalasHapus
  15. aku malah belum tau tung dasem waringin..

    BalasHapus
  16. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  17. siip deh insya Alloh kapan2 aku mampir :)

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend