Sabtu, 26 Januari 2013

I Love 'Batik' and I Proud To 'Berbatik'

seperti aku yang tak bisa hidup tanpa cinta,,
,,seperti aku yang selalu berdampingan dengan warna pink
seperti aku yang setiap saat bernafas,,
,,seperti aku yang selalu haus akan ilmu

semua perumpamaan hidup adalah arti batik untukku... 
(Famysa)

batik dapat bercerita... batik dapat menyampaikan pesan hidup... batik dapat memperkaya seni dan budaya... dan tentunya dengan berbatik, aku dapat mempercatik diri :)

dulu.. ketika masih duduk di bangku SMP, aku sempat antipati pada batik. dulu aku beranggapan dengan berbatik akan membuatku terlihat kolot. sampai-sampai seragam sekolah batik untuk hari Rabu dan Kamis pun tidak pernah kupakai. aku lebih memilih tetap memakai seragam putih-biru walaupun dengan konsekuensi mendapat hukuman dari guru piket jika ketahuan tidak berbatik
beranjak ke bangku SMA, aku malah bersyukur karena di SMAku tidak ada seragam batik. yang ada hanya seragam putih-abu dan pramuka. selama SMA pun, aku tidak bisa menemukan memori ketika aku memakai batik. mungkin karena saking tidak pernah memakai batik kali ya. boro-boro memakai sih, sekedar mempunyainya saja tidak. paling-paling hanya ada rok batik kebesaran yang kemudian digunakan untuk bawahan mukena. ada juga rok putih dengan sedikit corak batik warisan dari bibiku. rok itu pun jarang dipakai. kalau pun aku memakai batik, itu hanya untuk tidur. karena dulu semua batikku adalah baju tidur.
hmm... sepertinya dulu adalah pengalaman suramku dengan sugesti buruk tentang batiki'm so sorry for did it, my batik...

sekarang, semua sugesti buruk dalam diriku tentang batik sepertinya menjadi terbalik. mungkin aku mendapat kutukan dari para roh batik. sekarang aku menjadi teramat cintaaaa pada batik. saking cintanya, facebook pribadiku sampai kujadikan toko online batik, aku jadi kolektor batik, lalu aku sering berfoto dengan batik dan memajangnya di semua jejaring sosialku. 
kini bagiku setiap hari adalah hari batik dan hari untuk berbatik. bukan hanya pada tanggal 2 Oktober, atau bukan hanya pada bulan Oktober saja batik memenuhi hari-hariku. tetapi setiap hari. setiap hari di sekitarku selaluuu ada batik. tas laptop batik, rok mukena batik, kotak obat batik, baju-baju batik, setumpuk kain batik, dan semuaa hal tentang batik. sampai-sampai waktu ada temanku yang pergi ke Malaysia, oleh-oleh yang kuminta padanya adalah kain batik Malaysia. seolah kini yang berada di otakku hanyalah batikbatik dan batiiiiik lagi. benar-benar mendapat kutukan dari para roh batik ini mah. hehe :D

kecintaanku pada batik berawal dari isu bahwa batik akan direbut oleh negara tetangga kita. entah kenapa setelah mendengar isu itu, hatiku jadi tergerak untuk melihat-lihat beragamnya batik Indonesia. hingga Kota Batik di Pekalongan pun kudatangi untuk sekedar melihat-lihat koleksi batiknya. hingga semua kain batik yang ada di rumah kujadikan pakaian. mamahku saja sampai berkata seperti ini, "hayoo... masa semua kain batik mau dijadiin baju. nanti mana dong yang buat samping dan sarung?" hahaha... maklum deh, aku sedang kasmaran dengan batik :D

mungkin aku adalah satu diantara sekian banyak orang dengan tipikal orang Indonesia banget. ketika ada orang lain yang akan merebut kepunyaan kita, baru lah kita berkoar-koar menyuarakan bahwa itu adalah milik kita. padahal pada kenyataannya sesuatu yang menjadi kepunyaan kita tersebut tidak terlalu kita lestarikan. bahkan cenderung diabaikan. seolah kita menelantarkan bayi yang telah kita lahirkan sendiri. kita tidak menjaga dan merawatnya. lalu mengapa ketika bayi itu akan dipungut oleh orang lain yang menjanjikan kesejahteraan bayi kita, kita justru menolaknya dan membunyikan genderang perang pada orang tersebut??
alangkah lucunya memang. dan mungkin begitu lah aku. baru tergerak mencintai batik ketika mendengar kabar buruk tentang keberadaan batik Indonesia. namun... terlambat masih bisa dikatakan lebih baik daripada tidak sama sekali bukan? sebelum aku menutup mata, sebelum tubuh ini diratakan dengan tanah, kurasa aku masih bisa berperan banyak untuk melestarikan batik Indonesia. 

aku adalah Warga Negara Indonesia. aku sadar bahwa aku belum bisa berbuat banyak untuk Indonesia. maka setidaknya dengan mencintai batik dan melestarikannya dengan berbatik, aku bisa sedikit berkontribusi positif untuk Indonesia. toh sekarang setelah aku membuka hati dan mata terhadap batik, ternyata batik dapat mempercantik diriku. semua motif batik Indonesia itu cantik. semua batik Indonesia mengandung makna yang agung.

...kini aku bermimpi... kelak aku akan mempunyai butik batik dengan label dan koleksi rancangan sendiri... aamiiin...

demi lestarinya batik Indonesia, mari kita hilangkan kebiasaan berkoar setelah akan direbut oleh orang lain. mari kita bersama-sama melestarikan batik Indonesia. dan wujudkan kecintaan kita pada batik dengan berbatik! berbangga hati lah karena kita Warga Negara Indonesia yang memiliki koleksi batik tercantik sedunia :) lets say 'i love batik and i proud to berbatik'! 
me with my batiks
post ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Aku Berbatik yang diselenggarakan oleh berbatik
yuuk teman-teman juga ikutan kontesnya selagi masih ada waktu (sampai tanggal 31 Januari 2013)!

by. si Famysa, love batik so much :*

6 komentar:

  1. datang melawat dari keluarga BE... salam kenal.. saya dari malaysia..

    BalasHapus
  2. @mom Lid: aamiin... makasih tante :)

    @aien: lam kenal juga.. :)

    BalasHapus
  3. semoga menang ya mbak, dikontes ini. hehe

    BalasHapus

hatur nuhun kana kasumpingannana :) mangga bilih aya kalepatan atanapi aya nu bade dicarioskeun sok di dieu tempatna..

Mijn Vriend